5 Tips Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tips Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

Halodoc, Jakarta – Sebagai perempuan, memiliki lengan atas yang kurang proporsional tentu sangat mempengaruhi kepercayaan diri. Apalagi saat harus mengenakan kebaya atau pakaian tanpa lengan. Gelambir pada lengan atas akan membuat tubuh kamu tampak gemuk, walau mungkin bagian tubuh kamu yang lain cukup ideal. Lengan atas yang bergelambir biasanya disebabkan oleh banyak faktor, antara lain:

  • Genetik. Lihat anggota keluarga kamu, biasanya jika mereka memiliki lengan yang besar, kita pun akan bernasib sama. Gen yang sama biasanya juga menentukan tingkat kelenturan tubuh kita.
  • Jarang Dilatih. Apabila kamu jarang berolahaga dengan melatih otot trisep dan bisep, maka bukan hanya otot kendur yang diperoleh, tetapi juga tumpukan lemak pada jaringan di sekitar otot tersebut. Akhirnya lengan pun membesar karena gelambir.
  • Berat Badan Turun Drastis. Bila berat badan turun dalam jumlah yang cukup drastis, tumpukan lemak di seluruh bagian tubuh juga menipis, termasuk pada lengan. Lemak yang berkurang dapat menyebabkan kulit tampak lebih kendur dan bergelambir. Jika berat badan kita turun-naik, kekenduran kulit malah akan bertambah parah.

(Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki)

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir. Bentuk lengan ideal tetap bisa kamu dapatkan dengan berbagai upaya, sekalipun tanpa harus melakukan olahraga yang melelahkan. Lantas, seperti apa cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga? Berikut ini 5 tipsnya untuk kamu.

1.  Gerakan Memutar Tangan
Jika kamu tak kuat berolahraga, latihan sederhana lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak pada lengan bagian atas adalah memutar pergelangan tangan sebanyak 50 kali. Caranya, buka kaki selebar bahu, lalu angkat dua tangan lurus ke depan. Gerakkan pergelangan tangan searah dengan jarum jam. Meski terlihat sederhana, cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga ini ampuh membakar lemak secara efektif, lho!

2.  Manfaatkan Plastic Wrap
Cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga selanjutnya yakni dengan memanfaatkan plastic wrap. Plastic wrap yang digunakan untuk membungkus lengan ini dipercaya mampu meluruhkan lemak bersamaan dengan keringat yang keluar. Pada percobaan pertama, kamu bahkan bisa langsung mengecilkan lengan hingga 0,5 inci.

3.  Sauna
Sauna menjadi salah satu cara mudah nan menyenangkan untuk membakar kalori pada semua bagian tubuh. Meskipun tidak banyak, namun setiap orang pasti menikmati setiap waktu bersantai sambil membakar sedikit kalori dari dalam tubuhnya. Kamu bisa mencoba cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga ini maksimal 20 menit dalam sehari.

(Baca juga: Tips-Tips Penting Bagi yang Ingin Sauna)

4.  Hindari Minuman Bersoda
Pilihan cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga adalah dengan menghindari dan membatasi minum minuman bersoda. Minuman jenis ini mengandung banyak gula yang membuat kamu mudah gemuk, tak terkecuali pada bagian lengan. Gantilah minuman tersebut dengan jus buah yang bisa membuat kamu lebih cepat kenyang.

5.  Konsumsi Pepaya
Khasiat pepaya untuk kesehatan tubuh memang tidak diragukan lagi. Secara tidak langsung, konsumsi pepaya juga baik untuk diet. Hal ini disebabkan oleh berlimpahnya kandungan serat pepaya yang ampuh melancarkan saluran pencernaan. Dengan demikian, tidak menambah timbunan lemak pada lengan.


Nah, jika kamu memerlukan saran lebih detil dari dokter gizi untuk membantu mengatasi lengan bergelambir, tak usah ragu untuk menggunakan berbagai pilihan metode komunikasi chat, video call dan voice call dari aplikasi Halodoc. Diskusi masalah kesehatan pun menjadi cepat, aman dan nyaman bersama Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!

(Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit)