5 Manfaat Olahraga Bagi Fungsi Hati

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Manfaat Olahraga Bagi Fungsi Hati

Halodoc, Jakarta - Olahraga, salah satu aktivitas yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sayangnya, kegiatan ini sering kali lupa untuk dilakukan, dan baru disadari manfaatnya setelah tubuh terserang salah satu penyakit. Padahal, olahraga menjadi cara termudah untuk terapkan pola hidup sehat. Misalnya untuk mencegah kamu terserang penyakit yang berhubungan dengan hati.

Data dari WHO menunjukkan kanker hati menjadi penyebab tingginya angka kematian di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Tetapi, bukan berarti penyakit ini lantas tidak bisa disembuhkan. Banyak cara mencegah tubuh terserang gangguan kesehatan ini, salah satunya dengan berolahraga.

Apa Saja Manfaat Olahraga Terhadap Fungsi Hati?

Rutin olahraga bisa membuat kamu terhindar dari risiko penyakit hati. Pasalnya, tubuh lebih sehat dan bugar setelah berolahraga. Imunitas tubuh lebih mampu untuk mengatasi dan menangkal masuknya bakteri, virus, atau serangan penyakit lainnya. Lalu, apa manfaat lain menerapkan kebiasaan rajin berolahraga untuk fungsi hati?

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu jenis olahraga yang membantu meningkatkan fungsi hati adalah aerobik. Latihan ini berfokus pada sistem kardiovaskular dan bermanfaat untuk sirkulasi darah. Pasalnya, aerobik melibatkan gerakan otot besar dan berulang yang meningkatkan denyut jantung dan mengubah pola pernapasan. Pada akhirnya, jumlah oksigen yang masuk ke tubuh lebih banyak, begitu pula dengan transfer oksigen ke organ hati yang menjadi lebih cepat.

Baca juga: Yakin, Hati Masih Sehat? Coba Lakukan Tes Fungsi Hati Ini

  • Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot

Olahraga lain yang baik untuk fungsi hati adalah latihan beban. Jenis olahraga ini membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot secara keseluruhan. Ini penting untuk wanita, karena penyakit hati sering membuat tulang rentan terserang osteoporosis. Tidak hanya itu, latihan beban juga mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan massa tubuh tanpa lemak yang berdampak pada peningkatan metabolisme.

  • Memberikan Tambahan Energi pada Tubuh

Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, rutin berolahraga juga memberikan tubuh energi tambahan untuk aktivitas yang lebih optimal. Mayoritas pengidap kanker hati rentan mengalami kelelahan tubuh, gejala yang sering terjadi selain munculnya rasa nyeri. Tubuh yang terlalu lelah memungkinkan berdampak pada terganggunya sirkulasi dalam darah. Selain memberi energi tambahan, berolahraga juga melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Baca juga: Fungsi Hati Perlu Dijaga, Ini 8 Caranya

  • Mencegah Penumpukan Lemak pada Hati

Membangun massa otot tanpa lemak melalui aktivitas beban dapat menunda terjadinya pengecilan otot yang parah yang menjadi komplikasi serius pada pengidap penyakit hati tahap lanjut. Selain itu, latihan beban mencegah terjadinya penumpukan lemak pada organ hati yang menyebabkan terjadinya penyakit perlemakan hati.

  • Membangun Mental Lebih Sehat

Baik untuk tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan mental diri. Inilah manfaat lain jika kamu membiasakan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat ini secara rutin. Lalu, apa hubungannya dengan fungsi hati? Tentu saja ada, karena mental yang baik akan membuat sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan, sehingga kamu bisa melawan penyakit hati dengan lebih mudah.

Baca juga: Pentingnya Tes Fungsi Hati

Itu tadi manfaat olahraga terhadap fungsi hati yang perlu kamu ketahui. Tanyakan pada dokter apa saja jenis olahraga yang tepat untuk pengidap gangguan hati. Ingin bertanya lebih mudah tanpa harus ke klinik? Pakai saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di ponselmu melalui Play Store maupun App Store.