6 Buah yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Buah yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Hobi mengonsumsi makanan cepat saji? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Kolesterol sendiri sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh ketika jumlahnya masih dalam batas normal sebagai penghasil sel-sel baik untuk tubuh. Namun jika jumlah kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Gaya hidup yang buruk bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit kolesterol. Jadi tidak ada salahnya untuk rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan dan menghindari penyakit kolesterol.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi seperti makanan yang mengandung serat, makanan kacang-kacangan, mengonsumsi ikan dan ayam serta jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan yang memang baik untuk pengidap kolesterol tinggi.

Baca juga: Daging Kambing vs Sapi, Mana yang Lebih Tinggi Kolesterol?

Berikut adalah buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi:

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Studi dalam Journal of Clinical Lipidology, seseorang yang mengonsumsi alpukat satu buah perhari dapat menunjukkan penurunan kadar kolesterol dalam tubuhnya.

2. Apel

Apel adalah salah satu buah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya jangan buang kulit apel ketika kamu mengonsumsi buah ini. Kulit apel mengandung pectin yang dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus. Biasanya, pectin mampu mengeluarkan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh melalui urine atau feses. Kandungan serat dalam apel juga cukup tinggi. Kamu bisa menjadikan apel sebagai camilan karena akan merasa kenyang lebih lama.

3. Pepaya

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu, buah pepaya juga bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini karena pepaya mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Junk Food Tingkatkan Risiko Tinggi Kolesterol pada Anak

4. Jeruk

Buah jeruk adalah jenis buah yang disukai hampir seluruh masyarakat. Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, jeruk membantu untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam darah karena kandungan pectin dalam jeruk. Konsumsi buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke pada wanita karena kandungan flavonoid dalam jeruk.

5. Pir

Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi, buah pir juga mengandung serat yang dapat membantu kamu untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. Jenis serat yang terdapat dalam pir dikenal sebagai pectin. Serat yang terdapat dalam pir lebih tinggi dibandingkan serat yang terkandung pada buah apel.

6. Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang memiliki kandungan pectin. Sehingga pengonsumsian buah anggur dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh kamu.

Selain menjaga pola makan dan konsumsi buah-buahan, mengurangi makanan berlemak dan rajin berolahraga juga membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi yang terdapat dalam tubuh. Tidak hanya menurunkan kolesterol, rutin olahraga juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menghindari kamu dari obesitas.

Kamu bisa melakukan pengecekan kadar kolesterol untuk mengantisipasi kolesterol tinggi dalam tubuh. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai pola makan bagi pengidap kolesterol. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit