21 October 2018

6 Cara Membakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan

6 Cara Membakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang berpikir kegiatan membakar kalori tidak menyenangkan. Kamu harus lari di luar ruangan panas-panasan atau berolahraga di dalam ruangan yang membosankan. Faktanya, kegiatan membakar kalori tidak hanya melalui olahraga saja. Beberapa kegiatan yang dilakukan sehari-hari ternyata juga bisa membakar kalori kamu. Berikut ini beberapa cara membakar kalori yang bisa kamu dicoba sendiri di rumah:

1. Sering Tertawa

Salah satu cara membakar kalori yang pertama adalah dengan tertawa. Di dalam tubuh seseorang terdapat hormon stres, salah satunya kortisol. Senyawa ini berperan dalam menstimulasi seseorang untuk makan, menurunkan metabolisme setelah makan, serta menyimpan lemak. Ketika tertawa, pengaruh kortisol terhadap tubuh akan diminimalkan. Proses pembakaran kalori pun akan meningkat dengan seiring peningkatan frekuensi jantung saat tertawa mulai 10 – 20 persen. Dengan meningkatnya frekuensi jantung seseorang, metabolisme tubuh akan meningkat. Hal ini berarti tubuh akan membakar kalori setelah tertawa.

2. Minum Air Dingin

Salah satu cara membakar kalori berikutnya adalah dengan minum air dingin. Banyak orang menyangka bahwa minum air dingin dapat mendorong penumpukan lemak sehingga banyak yang melarang minum air dingin saat sedang diet penurunan berat badan. Namun faktanya, minum air dingin justru dapat membantu tubuh membakar kalori. Saat minum air dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas agar suhu tetap terjaga sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori.

3. Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara membakar kalori berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rhode Island, Amerika Serikat. Penelitian tersebut mendapati bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Namun, pastikan pastikan permen karet yang kamu pilih yang bebas gula.

4. Donor Darah

Salah satu cara membakar kalori berikutnya adalah dengan cara donor darah. Saat mendonorkan darah, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh akan meningkat. Setelah proses donor darah, tubuh membutuhkan energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah dan komponen darah lainnya untuk menggantikan darah yang hilang sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

5. Berbelanja

Salah satu cara membakar kalori berikutnya adalah dengan berbelanja. Saat berbelanja, kebanyakan wanita tidak sadar bahwa sebenarnya sedang berolahraga ringan. Coba hitung berapa langkah yang kamu hasilkan saat berbelanja? Setiap langkah ini tentu membakar kalori yang ada dalam tubuh, terlebih jika berjalan cepat dan menaiki tangga saat berbelanja. Ini merupakan salah satu cara membakar kalori yang menyenangkan terutama bagi wanita.

Itulah beberapa cara membakar kalori yang kamu langsung bisa dicoba di rumah. Ada baiknya kamu tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh kamu makin fit. Agar badan kamu tetap bugar ada baiknya kamu secara rutin mengecek kesehatan tubuh. Jika kamu punya pertanyaan lain seputar cara membakar kalori, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc via Chat, dan Voice/Video Call untuk bertanya dengan dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: