02 November 2018

6 Ciri-Ciri Gejala Penyakit Jantung yang Jangan Diabaikan

6 Ciri-Ciri Gejala Penyakit Jantung yang Jangan Diabaikan

Halodoc, Jakarta - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Namun, masih tidak banyak orang yang mengetahui tentang gejala dari jantung koroner yang mungkin terjadi. Maka dari itu, banyak orang yang tiba-tiba terkena serangan jantung dan mengalami kematian mendadak.

Penyakit jantung terjadi karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang membuat aliran darah tersendat. Hal tersebut mengakibatkan otot-otot jantung kekurangan oksigen dan asupan nutrisi, sehingga otot-otot pada jantung tidak berfungsi dengan maksimal untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Ketika hal tersebut terjadi, maka beberapa masalah akan terjadi, seperti serangan jantung dan gagal jantung.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan ketika seseorang mengidap penyakit jantung. Jika dilakukan penanganan dini pada pengidap, kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar.

Berikut adalah ciri-ciri gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan, yaitu:

  1. Dada Terasa Tidak Nyaman

Dada terasa tidak nyaman adalah ciri-ciri gejala penyakit jantung. Ketika pembuluh darah artera mengalami sumbatan yang dapat menimbulkan serangan jantung, orang tersebut mungkin akan merasakan sakit dan sesak di bagian dada.

Selain itu, apabila dada terasa tertekan, bisa jadi jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang mengandung oksigen yang cukup. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit mikrovaskular koroner, yaitu penyakit jantung yang dapat memengaruhi pembuluh darah di dalam tubuh seseorang.

  1. Merasakan Mual, Mulas, atau Sakit Perut

Beberapa orang merasakan gejala seperti mual, mulas atau sakit perut adalah ciri-ciri gejala penyakit jantung. Beberapa lainnya mengalami muntah-muntah dan hal tersebut lebih umum terjadi pada wanita. Memang, perasaan mual, mulas, atau sakit perut tidak selalu berhubungan dengan sakit jantung, karena bisa saja terdapat masalah pencernaan. Namun, kamu harus mengetahui bahwa gejala-gejala tersebut dapat terjadi pada pengidap serangan jantung.

  1. Sesak Napas

Sesak napas juga dapat menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Apabila kamu merasakan sesak napas atau tubuh gemetar, mungkin saja dikarenakan jantung tidak berfungsi dengan baik. Ketika hal tersebut terjadi, jumlah oksigen yang masuk terbilang sedikit, sehingga dapat melemahkan jantung dalam waktu yang panjang.

  1. Pusing

Gejala penyakit jantung lainnya adalah kehilangan keseimbangan atau kepala terasa pusing hingga berkunang-kunang selama beberapa saat. Rasa pusing dan hilang keseimbangan tersebut biasanya terjadi berbarengan dengan rasa tidak nyaman di dada atau sesak napas. Apabila kamu merasakan hal tersebut, segeralah berdiskusi dengan dokter kamu.

  1. Mudah Lelah

Apabila kamu tiba-tiba merasakan lelah, mungkin saja itu adalah gejala penyakit jantung. Hal tersebut terjadi jika kamu melakukan sesuatu yang biasa dilakukan, tetapi kamu langsung merasa sangat lelah. Selain itu, kelelahan ekstrim yang tidak diketahui sebabnya juga dapat menjadi gejala dari penyakit jantung, terutama pada wanita. Jika hal tersebut terjadi, segeralah berdiskusi dengan dokter kamu.

  1. Mendengkur

Mendengkur saat tidur dapat menjadi hal yang normal apabila terjadi setelah lelah beraktivitas. Namun jika dengkuran tersebut bersuara sangat keras, lalu seperti orang tersedak, mungkin saja sedang mengalami sleep apnea. Kondisi tersebut merupakan salah satu ciri penyakit jantung.

Kondisi tersebut menyebabkan tekanan lebih besar pada jantung dan tidak dapat disepelekan. Apabila hal tersebut terjadi, segeralah temui dokter untuk berdiskusi apakah kamu berpotensi mengalami penyakit jantung.

Itulah 6 ciri-ciri gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan. Apabila kamu merasakan salah satu gejala tersebut, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: