6 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
yang terjadi pada tubuh jika tidak berhubungan intim

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu tahu jika tidak berhubungan seks dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kesehatan? Berhubungan seks memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak semua orang bisa melakukan aktivitas yang satu ini karena banyak hal. Ketahui beberapa efek samping bagi kesehatan jika seseorang tidak melakukan hubungan seks dalam jangka waktu yang lama!

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

1. Mengalami Disfungsi Ereksi

Pria berusia 50-70 tahun yang tidak aktif secara seksual akan mengalami peningkatan mengidap disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi sendiri merupakan ketidakmampuan penis mempertahankan ereksi saat sedang berhubungan seksual. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah akibat jarang berhubungan seksual.

2. Risiko Mengalami Kanker Prostat Akan Meningkat

Pada pria yang mengalami ejakulasi dengan teratur saat berhubungan seks dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat pada saat tua nanti. Hal ini dikarenakan ejakulasi secara teratur saat berhubungan seks mampu membersihkan cairan yang diproduksi oleh kelenjar prostat, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker prostat.

3. Mengalami Kenaikan Tekanan Darah

Seseorang yang jarang melakukan hubungan seksual akan mengalami risiko lebih tinggi untuk mengidap tekanan darah tinggi. Pada seseorang yang rajin berhubungan seks, pembuluh darah akan melebar, dengan begitu pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dapat mencegah risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga: 3 Disfungsi Seksual yang Rentan Dialami Wanita

4. Risiko Mengalami Stres Akan Meningkat

Melakukan hubungan seksual secara rutin juga dapat mencegah terjadinya stres pada seseorang. Pasalnya, berhubungan seks dapat meningkatkan endorfin yang berguna untuk mengendalikan stres dan gangguan emosional. Selain itu, seseorang yang rutin melakukan hubungan seksual juga akan mempunyai kualitas tidur yang baik, sehingga terhindar dari stres. Jadi, saat sedang stres tidak ada salahnya untuk berhubungan seks agar beban pikiran sedikit berkurang. 

5. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Berhubungan seks dapat memicu keluarnya hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) yang berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang melakukan hubungan seks secara teratur, yaitu dua sampai tiga kali dalam seminggu akan memiliki kadar antibodi dalam tubuh yang lebih tinggi ketimbang seseorang yang tidak rutin melakukan hubungan seks.

6. Risiko Mengalami Penyakit Jantung Akan Meningkat

Mengapa hubungan seks dan orgasme bisa dikaitkan dengan kesehatan jantung? Hal ini dikarenakan hubungan seksual juga merupakan bentuk lain dari latihan olahraga, yang dapat melatih kekuatan dan keseimbangan otot-otot jantung. Hal ini dapat menurunkan risiko seseorang mengidap serangan jantung dan stroke.

Meski banyak manfaat yang dapat kamu nikmati ketika rutin melakukan hubungan seksual, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Selain itu, lakukan hubungan seks dengan cara yang aman guna mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Untuk mengetahui lebih banyak manfaat dari hubungan seks atau ingin memeriksakan masalah seksual yang kamu alami, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc.

Baca juga: 4 Fakta Medis di Balik Malam Pertama

Selain mendiskusikan masalah kesehatan yang kamu alami, dengan Halodoc kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu perlukan. Tanpa perlu keluar rumah pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Buka segera Google Play atau App Store yang ada di smartphone kamu, kemudian  download aplikasinya, ya!