26 March 2018

6 Hal yang Perlu Wanita Lakukan Setelah Bercinta

6 Hal yang Perlu Wanita Lakukan Setelah Bercinta

Halodoc, Jakarta – Enggak bisa dipungkiri, berhubungan intim dengan suami memang nikmat dan menyenangkan. Wajar jika setelah sesi panas itu selesai, kamu pun masih ingin memeluk dan bermesraan dengan suami. Atau jika hubungan intim dilakukan pada malam hari, kamu mungkin tidak ingin melakukan apa-apa lagi dan lebih memilih tidur nyenyak. Tapi, setelah melakukan kegiatan ini sebaiknya kamu segera bangkit dari tempat tidur dan lakukan 6 hal berikut agar kesehatan daerah intim tetap terjaga.

  1. Buang Air Kecil Bila Benar-benar Ingin

Kamu mungkin pernah mendengar, buang air kecil setelah berhubungan intim bisa membantu mencegah infeksi saluran kencing (Urinary Tract Infection), karena air yang digunakan untuk membasuh Miss V bisa menghilangkan bakteri yang mungkin masuk ke arah uretra saat berhubungan intim. Namun, nyatanya hal tersebut masih perlu dibuktikan oleh penelitian lebih lanjut. Jadi, jangan memaksakan diri untuk buang air kecil setelah berhubungan intim. Pergilah ke kamar mandi, hanya jika kamu benar-benar harus buang air kecil.

  1. Bersihkan Miss V

Hal yang satu ini wajib untuk segera dilakukan setelah berhubungan intim untuk menjaga kesehatan Miss V kamu. Pasalnya, saat berhubungan intim, Miss V mungkin saja terpapar berbagai jenis bakteri, kuman, dan kotoran yang berasal dari pelumas, mainan seks atau mulut. Jadi, membersihkan Miss V sangat penting untuk mencegah infeksi bakteri atau jamur semakin berkembang. Untuk membersihkan Miss V, kamu dianjurkan menggunakan handuk hangat yang lembut untuk menyeka vulva dengan sabun tanpa kandungan pewangi dan air. Kamu enggak perlu membersihkan bagian dalam Miss V karena bagian tersebut secara ajaib sudah bisa membersihkan internalnya sendiri. (Baca juga: Inilah 6 Cara yang Tepat Jaga Kebersihan Miss V)

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Seks tidak ada bedanya dengan olahraga yang bisa membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Itulah mengapa setelah melakukan hubungan intim yang cukup panas, tenggorokan mungkin akan terasa kering. Jadi, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, minumlah segelas air putih setelah berhubungan intim. Minum air putih juga bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah kram atau kesemutan setelah berhubungan.

  1. Ganti Pakaian Dalam

Agar menjaga tubuh tetap bersih dan kering, ada baiknya kamu tetap tidak mengenakan pakaian setelah selesai bercinta. Kalau kamu ingin mengenakan celana, pakailah celana baru yang masih bersih, dan berbahan katun yang longgar. Hindari menggunakan pakaian berbahan nylon yang super ketat.

  1. Makan Camilan Sehat

Kalau kamu merasa lapar setelah bercinta, jangan mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Tapi, konsumsi camilan sehat yang kaya akan probiotik, seperti yogurt, kimchi, dan kombucha, yang bisa membantu memberikan bakteri baik dalam Miss V kamu. Camilan yang punya rasa enak ini juga bisa mengurangi risiko kamu terinfeksi jamur.

  1. Bermesraan

Nah, setelah melakukan kelima hal di atas, baru kamu bisa kembali bermesraan dengan suami. Daripada bermain handphone, langsung tidur atau menonton televisi, sebaiknya lanjutkan momen romantis kamu bersama suami dengan bercumbu, berpelukan atau ngobrol ringan. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, bermesraan sehabis bercinta bisa melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan nyaman dengan pasangan.

Nah, itulah 6 hal yang perlu kamu lakukan setelah bercinta. Kalau kamu punya masalah dengan kehidupan seksual, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami dan minta rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.