07 January 2019

6 Makanan Diet yang Wajib Dikonsumsi

6 Makanan Diet yang Wajib Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta - Kamu perlu tahu, setiap makanan memiliki kalori yang tidak sama. Makanan yang berbeda melewati jalur metabolisme yang berbeda pula dalam tubuh. Dampaknya juga berlainan, terutama terhadap rasa lapar, hormon, dan jumlah kalori yang dihasilkan atau dibakar.

Jika kamu berencana melakukan diet di tahun yang baru ini sebagai salah satu resolusi, kamu perlu tahu jenis makanan yang paling banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan berbagai kandungan lainnya. Pasalnya, tidak pernah mudah menemukan makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat. Jadi, saat kamu berencana diet, pastikan kamu tahu makanan diet yang cocok untuk tipe diet yang kamu lakukan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  • Salmon

Ikan dengan kandungan lemak sehat seperti salmon memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk diet. Jenis makanan segar satu ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama dengan kalori yang tidak terlalu banyak. Ikan salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan asam omega-3 yang mengurangi peradangan dan mencegah obesitas serta penyakit yang berkaitan dengan metabolisme.

  • Kentang Rebus

Kentang menjadi sumber karbohidrat yang tidak terlalu digemari karena berbagai alasan. Namun, makanan ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kentang kaya kandungan potasium yang membantu mengontrol tekanan darah. Kentang juga tinggi serat, yang tentu saja membuat kamu kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan.

Baca juga: 4 Makanan Sehat yang Bikin Cepat Kenyang

  • Brokoli

Bagi sebagian orang, brokoli mungkin memiliki rasa yang kurang sedap. Namun, di balik segala hal yang membuatnya tidak disukai, brokoli mengandung nutrisi untuk mencegah kanker. Zat sulforaphane yang ada dalam sayuran hijau ini mampu menghancurkan sel kanker, seperti kanker darah dan melanoma. Tidak hanya itu, senyawa ini dapat memperlambat penyebaran kanker payudara.

  • Tuna

Tuna adalah makanan segar yang rendah kalori tetapi tinggi protein dan rendah lemak. Ikan ini sangat populer di kalangan para atlet dan binaraga, karena menjadi makanan yang baik untuk meningkatkan asupan protein dan menjaga kalori juga lemak. Agar kandungan proteinnya tetap terjaga, olah tuna dengan cara merebusnya, bukan menggorengnya.

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Mengganti Asupan Lemak Tubuh

  • Almond

Almond dipercaya punya manfaat untuk kesehatan jantung. Jenis kacang ini bisa digunakan sebagai campuran hidangan manis dan gurih. Almond adalah makanan prebiotik yang membantu mengatasi masalah lambung, seperti gangguan pencernaan, diare, dan meningkatkan penyerapan kalsium. Kacang ini kaya vitamin E, protein, dan magnesium.

  • Alpukat

Alpukat mungkin tinggi lemak, tetapi lemak yang dimiliki buah ini terbilang lemak baik yang menyehatkan jantung, yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung serat, vitamin E, dan vitamin B. Campuran salad dan alpukat tepat untuk menjadi untuk santap siang yang memberikan sumber energi untuk mendukung sisa harimu.

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah

Itu tadi beberapa makanan diet yang bisa kamu masukkan dalam menu harian. Jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan harian, ya. Pastikan daya tahan tubuh kamu tetap terjaga dengan mengonsumsi vitamin. Jika kamu tidak sempat membeli sendiri di apotek, kamu bisa menggunakan layanan Beli Obat dan aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc, pilih Beli Obat, masukkan vitamin yang kamu cari dan alamat tujuan. Mudah kan?