23 May 2018

6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Halodoc, Jakarta – Menurut American Journal of Obstetrics and Gynecology dari Harvard University menyebutkan ada hubungan antara makanan yang dimakan oleh wanita dan peluangnya untuk hamil. Hal yang sama juga terjadi pada pria, sebab ada makanan tertentu yang bila dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan.

Kalau kamu dan pasangan ingin segera punya momongan, ada baiknya mulai dari sekarang kalian memperhatikan asupan makanan untuk meningkatkan kesuburan. Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

  1. Salmon

Salmon mengandung Omega 3 yang terbukti dapat memperlancar aliran darah ke organ reproduksi. Omega 3 juga dapat meningkat lendir serviks, membantu mengatur kinerja hormon dalam tubuh, dan sistem ovulasi. Selain dari salmon, makanan lain yang mengandung Omega 3 dan dapat meningkatkan kesuburan adalah walnut, biji chia, biji rami, dan kenari yang terbukti bisa meningkatkan kualitas sperma.

  1. Bayam

Sudah bukan rahasia lagi kalau bayam mengandung folat dan Vitamin B yang dapat meningkatkan konsistensi ovulasi. Folat merupakan unsur penting dalam pembelahan sel dan pembentukan plasenta, sehingga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas dan meminimalisir kelainan pada sperma. (Baca juga: Waspadai 5 Penyakit Kelamin yang Sering Menyerang Wanita Ini!)

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Mengonsumsi kacang hijau dapat membantu menstabilkan sistem kerja reproduksi wanita dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga imunitas terjaga dan berpengaruh pada kesiapan ovulasi. Selain itu, zat besi pada kacang hijau dapat meningkatkan sel darah merah, termasuk membantu memperlancar aliran darah yang salah satunya adalah ke dinding rahim. Sehingga, dinding rahim lebih kuat serta mengurangi peradangan di daerah panggul.

  1. Cokelat Hitam

Buat kamu penggemar cokelat hitam, kabar baiknya camilan favoritmu ini ternyata termasuk makanan untuk meningkatkan kesuburan. Pasalnya, cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan serta memperlancar mikrosirkulasi di ovarium. Cokelat hitam juga meningkatkan jumlah sperma dan motilitas atau kemampuan sperma berenang serta volume air mani.

  1. Tiram

Selain rasanya yang lezat, tiram juga makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Tiram mengandung beragam mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, dan kalium. Selain meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, mengonsumsi tiram juga bisa menjaga stamina dapat menambah kepadatan tulang. (Baca juga: 6 Tips Menahan Keinginan untuk Berhubungan Intim)

  1. Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma, selain juga membantu menjaga imunitas tubuh. Beberapa rekomendasi buah yang meningkatkan kesuburan adalah jeruk, apel, pisang, dan tomat. Kamu bisa mengonsumsi langsung atau menjadikannya jus dengan manfaat yang sama. (Baca juga: Kondom juga Bisa Kedaluwarsa)

Kalau tadi adalah makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, ternyata ada jenis makanan juga yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi kalau kamu dan pasangan sedang dalam program memiliki anak, salah satunya adalah kopi. Ada baiknya kamu mengurangi asupan kopi 100-200 gram sehari atau setara dengan 1-2 gelas. Kemudian, hindari juga minuman beralkohol, makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti putih, pasta, dan gula yang dapat menghambat kerja hormon bila dimakan berlebihan. Makanan cepat saji dan makanan yang kemungkinan besar mengandung merkuri seperti tenggiri, kembung, sarden, hiu, dan tuna steak.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai makanan untuk meningkatkan kesuburan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.