• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Apa yang kamu makan dapat berkonstribusi pada cara tubuhmu bekerja, termasuk dalam hal kesuburan. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology dari Harvard University, pun menyebut bahwa ada kaitan antara makanan yang dikonsumsi wanita dan peluangnya untuk hamil. Bagi wanita, salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan adalah asam folat.

Asupan asam folat tambahan, terutama pada dosis yang lebih tinggi daripada yang direkomendasikan untuk pencegahan cacat tabung saraf, telah secara konsisten terkait dengan risiko keguguran yang lebih rendah dan keberhasilan yang lebih besar dalam pengobatan infertilitas. Selain asam folat, nutrisi lain yang juga penting dipenuhi untuk mendongkrak kesuburan adalah asam lemak omega-3. Meskipun masih belum diketahui sejauh makan kontaminasi sumber makanan bersama (seperti ikan dengan tingkat racun lingkungan yang tinggi), dapat mengurangi manfaat ini.

Baca juga: Inilah 10 Faktor Kesuburan Pada Wanita

Namun, kesuburan bukan hanya soal wanita. Ada juga makanan tertentu yang jika dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Oleh karena itu, jika kamu dan pasangan ingin segera punya momongan, berikut beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang terbukti dapat memperlancar aliran darah ke organ reproduksi. Nutrisi tersebut juga dapat meningkat lendir serviks, membantu mengatur kinerja hormon dalam tubuh dan sistem ovulasi. Namun selain dari salmon, makanan lain yang juga mengandung omega-3 dan dapat meningkatkan kesuburan adalah walnut, biji chia, biji rami, dan kenari yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang dapat meningkatkan konsistensi ovulasi. Perlu diketahui bahwa asam folat merupakan salah satu unsur penting dalam pembelahan sel dan pembentukan plasenta, serta meningkatkan kualitas dan meminimalisir kelainan pada sperma bagi pria.

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui

3. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Mengonsumsi kacang ini dapat membantu stabilkan sistem kerja reproduksi wanita dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga imunitas terjaga. Hal ini kemudian dapat berpengaruh pada kesiapan ovulasi.

Selain itu, zat besi yang terkandung dalam kacang hijau juga dapat meningkatkan sel darah merah, termasuk membantu memperlancar aliran darah yang salah satunya adalah ke dinding rahim. Hasilnya, dinding rahim akan jadi lebih kuat dan peradangan di daerah panggul dapat berkurang.

4. Cokelat Hitam

Jika kamu termasuk penggemar cokelat hitam, kabar baiknya camilan favoritmu ini ternyata termasuk makanan untuk meningkatkan kesuburan, lho. Hal ini karena cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan serta memperlancar mikrosirkulasi di ovarium. Tak hanya itu, cokelat hitam juga meningkatkan jumlah sperma dan motilitas atau kemampuan sperma berenang serta volume air mani.

Baca juga: 6 Kebiasaan Ini Buat Kesuburan Pria Menurun

5. Tiram

Selain rasanya yang lezat, tiram juga merupakan makanan untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini karena tiram mengandung beragam mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, dan kalium. Selain meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, mengonsumsi tiram juga bisa menjaga stamina dapat menambah kepadatan tulang.

6. Buah-Buahan Sumber Vitamin C

Selain bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga ternyata dapat meningkatkan kualitas sperma, lho. Oleh karena itu, buah-buahan sumber vitamin C masuk ke dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Beberapa rekomendasi buah kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kesuburan adalah jeruk, apel, pisang, dan tomat.

Itulah beberapa makanan yang dapat bantu tingkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Perlu diketahui bahwa banyak-banyak mengonsumsi makanan tersebut saja tidaklah cukup. Kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi seimbang lainnya, berolahraga teratur, dan rutin cek kesehatan. Agar lebih mudah, lakukan pemeriksaan kesehatan lewat aplikasi Halodoc saja. Cukup download aplikasinya, pilih jenis pemeriksaan yang diinginkan, dan petugas labnya yang akan datang.

 

Referensi:
American Journal of Obstetric and Gynecology. Diakses pada 2020. Diet and fertility: a review.
Parents. Diakses pada 2020. The Fertility Diet: What to Eat When Trying to Get Pregnant.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Foods That Make You Fertile.