26 September 2018

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Rasanya yang khas dan segar tentunya dapat memberikan cita rasa tersendiri. Apalagi jika kamu mencampurkan perasan air jeruk nipis pada makanan atau minuman kamu.

Dibalik rasanya yang sangat asam, nyatanya jeruk nipis memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik karena dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat jeruk nipis lainnya untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Menangkal Virus Penyebab Flu

Dalam sebuah jeruk nipis, terkandung 20 gram vitamin C atau sekitar 30 persen dari kebutuhan seseorang perharinya. Kandungan vitamin C nyatanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh seseorang. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, kamu akan terhindar dari penyakit termasuk virus flu.

2. Memperbaiki Pencernaan

Jeruk nipis nyatanya dapat membantu untuk memperbaiki pencernaan. Sifat asam pada jeruk nipis nyatanya dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis mampu merangsang sekresi pencernaan. Jadi, jika kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar, tidak ada salahnya mencampur makanan dengan perasan air jeruk nipis. Namun, jika kamu memiliki penyakit mag kamu perlu penyesuaian takaran.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh. Air jeruk nipis nyatanya dapat menghindari sel kanker tumbuh dan berkembang dalam tubuh kamu. Sifat antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan pertumbuhan sel sehat dalam tubuh dan daya tahan tubuh kamu.

4. Menutrisi Kulit

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis nyatanya mampu menutrisi kulit kamu agar tetap terjaga kesehatannya. Banyak manfaat dari jeruk nipis yang bisa kamu rasakan untuk kecantikan kamu. Vitamin C dalam jeruk nipis mampu meregenerasi kulit kamu sehingga kulit kamu akan terlihat lebih cerah. Jika kamu rutin menggunakan perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dengan madu untuk kulit kamu.

5. Membakar Lemak dalam Tubuh

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memberikan rasa asam jeruk nipis. Nyatanya zat asam yang terkandung di jeruk nipis dapat membuat lemak yang ada dalam tubuh kamu diubah menjadi energi. Maka, kamu akan mendapatkan berat badan yang ideal saat berolahraga mengonsumsi juga air jeruk nipis. Kamu bisa mencampur air jeruk nipis dengan madu untuk meningkatkan energi dan menjaga kesehatan.

6. Menghilangkan Kepenatan

Saat kamu merasa stres atau penat, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi perasan air jeruk nipis. Air jeruk nipis nyatanya dapat membantu kamu untuk memberikan penyegaran pikiran dan memulihkan kondisi psikis secara maksimal. Kamu pun dapat melanjutkan aktivitas dengan lebih baik.

Kamu bisa mencampur air jeruk nipis dengan beberapa bahan alami lainnya seperti madu. Tentu khasiatnya akan lebih banyak kamu rasakan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya ke dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu rasakan. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: