20 July 2018

6 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

manfaat kacang tanah, kacang tanah untuk kesehatan, kandungan kacang tanah,kacang tanah

Halodoc, Jakarta – Kacang tanah sering dikaitkan dengan berbagai manfaat mulai dari peningkatan fungsi kognitif sampai perlindungan terhadap ancaman Alzheimer. Lebih dari itu, menurut penelitian dari International Journal of Epidemiology, manfaat jangka panjang kacang tanah adalah memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit kronis seperti penyakit pernapasan, diabetes, dan kanker.

Walaupun begitu, kacang yang dimaksud disini bukan selai kacang melainkan kacang yang belum diolah. Justru selai kacang merupakan makanan yang tidak sehat karena sudah diberi tambahan lain yang menghilangkan kandungan gizinya dan menambah lemak tak sehatnya. Untuk mengetahui manfaat kacang tanah yang lebih mendalam, uraiannya ada di bawah ini.

  1. Mengandung Protein dan Serat

Kacang tanah meningkatkan rasa kenyang dan membantu mempertahankan penurunan berat badan karena kandungan protein dan serat yang terdapat di dalamnya. Bahkan, kacang tanah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan daging dan banyak orang menghindari kacang tanah karena dinilai dapat menimbulkan jerawat. Padahal, tidak ada studi yang membuktikan kalau kacang menyebabkan jerawat, yang menimbulkan jerawat adalah penumpukan lemak di lapisan epidermis kulit wajah. Kandungan serat pada kacang tanah juga jangan dianggap remeh, buat kamu yang susah buang air besar justru dengan mengonsumsi kacang tanah bisa melancarkan sembelit.

  1. Kaya Nutrisi yang Baik untuk Tubuh

Manfaat kacang tanah lainnya adalah dapat mengontrol kemunculan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, risiko mengidap penyakit kandung empedu dan kanker, bahkan dapat menurunkan tekanan darah. Sejatinya, kacang tanah kaya nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan, dan selenium.

  1. Anti Penuaan

Manfaat kacang tanah lainnya adalah sebagai makanan yang dapat menunda penuaan. Penelitian menunjukkan terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi di mana kandungan yang sama ditemukan pula pada anggur merah yang dapat melawan penuaan. Antiviral resveratrol ini dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu, resveratrol in juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit.

  1. Dapat Meningkatkan Kesuburan

Buat pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas. Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

  1. Meningkatkan Memori

Kacang tanah diyakini dapat meningkatkan memori. Ini disebabkan karena kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan. Selain itu, kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap buat kamu yang kerap mengalami gangguan tidur.

  1. Menurunkan Depresi

Depresi memiliki beberapa pemicu mulai dari faktor genetik, perubahan atau pun paparan lingkungan serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia di otak. Produksi serotonin memengaruhi kemunculan depresi dan kacang tanah mengandung triptofan asam amino yang diperlukan untuk pembentukan serotonin. Serotonin sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

Selain kacang tanah, ada beberapa jenis kacang-kacangan lain yang kaya manfaat. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat kacang tanah lainnya atau pertanyaan seputar diet nutrisi yang tepat untuk kondisi kesehatanmu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.