03 September 2018

6 Vitamin untuk Tingkatkan Daya Ingat

Vitamin, daya ingat, vitamin untuk tingkatkan daya ingat

Halodoc, Jakarta – Penurunan daya ingat akibat bertambahnya usia adalah hal wajar. Salah satu penyakit yang identik dengan penurunan daya ingat adalah Alzheimer. Kondisi tersebut ditandai dengan hilangnya memori otak secara perlahan terhadap peristiwa baru, serta kesulitan untuk mempelajari informasi baru dan sulit fokus.

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir jika sesekali mengalami lupa. Misalnya, lupa nama seseorang maupun lupa posisi kunci. Belum tentu kejadian tersebut menjadi tanda adanya gangguan pada otak. Sebab bisa jadi, kejadian lupa disebabkan oleh faktor kelelahan atau kurang fokus.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Untuk mencegah menurunnya daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Berikut ini vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya ingat:

1. Vitamin E

Vitamin E bersifat antioksidan, sehingga bisa melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan. Itu mengapa vitamin E dipercaya bisa meningkatkan daya ingat pada lansia, termasuk menjaga sel-sel saraf otak dari kerusakan setelah serangan stroke. Namun, kamu perlu berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin E. Ini karena dosis berlebih vitamin E (lebih dari 1000 IU) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat.

2. Vitamin B6

Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi vitamin B6 per hari bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak dalam memproses informasi. Asupan ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi ikan tuna, telur, wortel, dan sayuran.

3. Vitamin B12

Sebuah studi menemukan bahwa asupan B12 bisa melindungi otak dari kerusakan saraf, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental. Ini karena vitamin B bisa merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak serta sumsum tulang belakang. Asupan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi daging sapi, kerang, dan ikan.

4. Vitamin B9

Vitamin ini dikenal sebagai asam folat, yaitu vitamin yang membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan suplai oksigen ke otak. Itu mengapa konsumsi vitamin B9 bisa membantu meningkatkan daya ingat, sebagai akibat dari lancarnya suplai oksigen ke otak. Asupan ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi biji-bijian dan buah-buahan seperti jeruk dan tomat.

5. Vitamin C

Vitamin C telah lama dikenal dengan sifat antioksidannya. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, termasuk meningkatkan daya ingat. Sebuah studi menyebut, vitamin C memiliki sifat protektif yang bisa melindungi otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat. Asupan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, seperti stroberi, dan jeruk.

6. Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa mengganggu kemampuan otak dalam menyerap informasi dan memproses memori. Bahkan, sebuah studi telah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi vitamin D dengan daya ingat. Asupan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan tuna, ikan salmon, telur, dan minyak ikan.

Itulah vitamin untuk meningkatkan daya ingat. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar cara meningkatkan daya ingat, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Atau, kalau kamu punya keluhan pada daya ingat, segeralah berbicara pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!