04 October 2018

7 Cara Meredakan Batuk Darah

 Batuk Darah,batuk

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami batuk darah? Batuk darah merupakan suatu bentuk gejala yang bisa timbul akibat sejumlah kondisi. Jika batuk darah dialami oleh kalangan usia muda yang memiliki riwayat kesehatan baik, biasanya itu bukan merupakan pertanda dari suatu penyakit serius. Namun, jika yang mengalaminya adalah orang-orang berusia lanjut atau diketahui memiliki kebiasaan merokok, ada kemungkinan bahwa batuk darah merupakan gejala dari suatu penyakit serius.

Ciri-ciri darah dalam kasus batuk darah bisa bermacam-macam, ada yang berwarna merah muda, merah terang, ada juga yang memiliki tekstur berbusa, atau bahkan bercampur dengan lendir. Batuk berdarah dapat terjadi karena sejumlah penyebab. Namun apa pun penyebabnya, kamu tetap bisa mencari cara mengobati batuk berdarah secara alami dan akan meredakan batuk berdarah secara ampuh tanpa efek samping berbahaya.

1. Menggunakan Madu

Madu yang asli dan murni akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Madu juga sangat berperan dalam kesembuhan penyakit batuk, baik itu batuk kering, basah, hingga berdarah. Sifat antibakterinya bisa kamu andalkan dan akan mempercepat pemulihan kondisi kamu. Kamu cukup mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.

2. Minum Air Putih

Begitu banyak manfaat air putih. Bahaya dehidrasi dapat mengincar orang-orang yang jarang minum air putih sehari-harinya. Apabila batuk berdarah ini disebabkan oleh gangguan kesehatan paru-paru, ini pertanda bahwa pada paru-paru kemungkin ada cairan lendir kental. Supaya cairan tersebut dapat lebih encer, minum banyak air putih adalah solusinya. Minumlah 8 -12 gelas air setiap harinya supaya tubuh senantiasa terhidrasi.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup akan dengan cepat memulihkan keadaan seseorang apapun penyakitnya. Batuk berdarah pun adalah suatu kondisi yang mengharuskan kamu banyak istirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup atau bahkan sedikit lebih banyak. Ketika tidur atau beristirahat, inilah waktunya tubuh memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang sedang terganggu.

4. Menghangatkan Badan

Batuk yang disertai darah bisa jadi berasal dari adanya infeksi pada paru-paru, seperti penyakit pneumonia. Jadi akan lebih baik jika kamu tetap menjaga kehangatan tubuh dan menjauhi suhu dingin. Sediakan selalu selimut, kaos kaki, maupun baju-baju tebal untuk membantu kamu tetap berada dalam keadaan hangat agar tidak mudah batuk-batuk lagi.

5. Mengonsumsi Jahe

Cara lain menghangatkan tubuh dari dalam yaitu dengan mengonsumsi jahe. Kamu bisa meminum jus atau sari jahe setengah sendok teh saja, yang kemudian bisa ditambahkan dengan sesendok teh madu murni. Campurkan kedua bahan ini, lalu kamu bisa meminumnya secara teratur 2-3 kali sehari.

6. Meminum Susu Hangat

Susu dengan kandungan kalsiumnya sering menjadi solusi bagi yang ingin memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Namun ternyata, segelas susu hangat juga dapat menjadi obat manjur bagi kamu yang mengalami masalah batuk berdarah. Konsumsilah susu sebanyak 2 kali dalam sehari, karena ini akan ampuh meredakan kekeringan serta iritasi pada saluran pernapasan dan tenggorokan kamu.

7. Tidak Merokok

Ini merupakan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan paru-paru dan batuk berdarah. Ketika kamu mengalami batuk berdarah, itu tandanya kamu harus berhenti merokok, atau batuk tersebut akan berkondisi lebih buruk. Tidak merokok atau menjauhi kebiasaan tersebut diketahui dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh pengidap batuk berdarah. Apalagi jika batuk darah terjadi karena adanya iritasi paru-paru. Maka dari itu, sebaiknya kamu berhenti merokok akan mengurangi iritasi tersebut.

Itulah yang perlu kamu lakukan untuk meredakan batuk berdarah. Namun, jika batuk berdarah semakin parah, segeralah berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Kamu akan mendapatkan saran terbaik dari dokter hanya dengan berkomunikasi via Chat atau Voice/Video Call melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: