7 Makanan Sehat untuk Pengidap Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
7 Makanan Sehat untuk Pengidap Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Kadang dalam proses penyembuhan suatu penyakit, tidak hanya obat-obatan yang perlu dikonsumsi, tetapi ada juga sederet makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan. Begitu pula ketika terserang radang tenggorokan. Mau minum obat seperti apa, jika tidak memperhatikan asupan makanan, jangan mimpi deh untuk bisa sembuh cepat.

Kriteria utama makanan untuk radang tenggorokan adalah makanan sehat bernutrisi, bertekstur lembut dan mudah untuk ditelan. Makanan seperti ini akan membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan, sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung lebih singkat. Selain itu, makanan dan minuman hangat juga baik dikonsumsi untuk memberi rasa nyaman pada tenggorokan.

Baca juga: Minum Es Sebabkan Radang Tenggorokan, Benarkah?

Lalu, apa saja makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika terserang radang tenggorokan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sup Ayam

Sup ayam hangat bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi pengidap radang tenggorokan. Setidaknya ada 2 kriteria yang dipenuhi oleh panganan ini. Pertama, sup ayam hangat dan bertekstur cair, sehingga mudah ditelan dan memunculkan efek nyaman di tenggorokan yang sedang sakit.

Kedua, nutrisi pada sup ayam sangatlah bagus. Sup ini memiliki sifat mengurangi peradangan dan dapat membantu membersihkan saluran napas. Hasilnya, gejala sakit akibat radang tenggorokan pun akan berkurang.

2. Sayur-Sayuran

Kandungan serat dan nutrisi yang baik pada sayur-sayuran dapat membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Namun, perlu diingat untuk memasaknya dengan baik, seperti direbus atau dibuat menjadi berkuah.

3. Pisang

Tekstur lembut yang dimiliki buah pisang membuatnya mudah untuk ditelan, dan dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi untuk mengatasi radang tenggorokan.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Radang Amandel dan Radang Tenggorokan

4. Madu

Selain rasanya yang enak dan manis, madu mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Madu yang kaya antioksidan, memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan meredakan peradangan, juga dipercaya efektif untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Itulah sebabnya mengonsumsi madu akan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan pada radang tenggorokan.

5. Telur Orak-Arik

Kandungan protein pada telur sangat baik untuk menutrisi tubuh. Nah, biasanya telur yang diorak-arik akan terasa lebih lembut dan lunak. Ini dapat membantu mempermudah kamu untuk menelannya. Namun, sebaiknya buatlah telur orak-arik tanpa menggunakan minyak, karena makanan berminyak dapat memicu munculnya rasa gatal pada tenggorokan.

6. Kunyit dan Jahe

Tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang berguna untuk meredakan gejala flu, seperti radang tenggorokan. Kamu bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau menjadi campuran untuk membuat teh hangat.

7. Bawang Putih

Sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam bawang putih sangat baik untuk mengatasi gejala radang tenggorokan. Penggunaan bawang putih dalam makanan untuk radang tenggorokan sangat sederhana yakni dengan mengunyah atau menghisap baunya selama 15 menit.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Untuk menyamarkan rasa getirnya di mulut, kamu bisa mencampur bawang putih dengan madu atau minyak zaitun. Bisa juga dijadikan campuran untuk jus sayuran. Untuk mendapatkan khasiat terbaiknya, makanlah bawang putih secara mentah dan sesegera mungkin setelah dihancurkan.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan sehat untuk pengidap radang tenggorokan. Jika kamu memiliki radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!