19 September 2017

7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

Halodoc, Jakarta – Tak hanya menyenangkan, berhubungan intim atau seks, juga merupakan kegiatan yang menyehatkan bagi para pasangan suami dan istri. Jika kamu melakukan aktivitas seksual dengan aman dan teratur, maka sebenarnya aktivitas tersebut bisa mengurangi terkenanya serangan penyakit tertentu loh!

Berdasarkan penelitian, kaum pria yang melakukan hubungan intim ternyata bisa menurunkan risiko dari penyakit jantung dan tekanan darah, bahkan hingga 45 persen. Selain itu, beberapa manfaat lainnya untuk kesehatanmu dari melakukan hubungan intim dengan pasangan, dapat dilihat dari tujuh poin berikut ini:

1.  Membuat tubuh tetap fit
Walaupun tidak dapat menggantikan olahraga menggunakan treadmill, namun berhubungan intim dapat dijadikan alternatif untuk berolahraga karena akan membakar 5 kalori dalam tubuhmu. Selain itu, berhubungan intim pun membuat meningkatkan denyut jantung dan memancing otot-otot di tubuh.

2.  Meningkatkan sistem imun tubuh
Orang yang sering melakukan hubungan seksual, nyatanya dapat meningkatkan imun tubuh terhadap kuman dan virus. Berdasarkan penelitian, tingkat imunoglobin A pada orang yang pernah melakukan berhubungan intim, lebih tinggi daripada orang yang tidak pernah melakukannya.

3.  Tidak mudah stres
Menjaga mood agak tetap positif dan menghindarikan stres dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas seksual dengan pasangan. Hal tersebut dilakukan untuk melepaskan hormon endorfin pada tubuh sehingga membuat kamu dan pasangan menjadi lebih nyaman. Keintiman saat berhubungan intim juga dipercaya dapat meningkatkan harga diri pada seseorang lho!.

4.  Terhindar dari risiko penyakit jantung
Aktif dalam melakukan hubungan seksual dipercaya dapat menambah detak jantung ketika kamu mengalami tahap orgasme. Penelitian dari Queens University menyebutkan bahwa “pria yang melakukan hubungan intim sebanyak 3 kali dalam seminggu, akan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan bahkan berkurang hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukan hubungan intim.

5.  Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik
Berdasarkan penelitian dari psikiatri, Sheenie Ambardar, tahap orgasme membuat hormon prolaktin terlepas dari tubuh sehingga membuat perasaan kamu tetap rileks. Inilah yang menyebabkan seseorang lebih sering cepat tertidur setelah melakuakn hubungan seksual.

6.  Mengurangi risiko terkena kanker prostat
Sering melakukan ejakulasi dapat memberseihkan senyawa penyebab penyakit kanker dan bisa mencegah penimbunan kalsium yang dapat mengakibatkan kanker prostat. Seperti yang dilansir dari National Cancer Institute, “pria yang mengalami ejakulasi sekurang-kurangnya 21 kali per bulan, akan mempunyai risiko 33 persen lebih rendah untuk dapat terhindar dari kanker prostat jika dibandingkan dengan mereka yang melakukannya kurang dari 7 kali dalam sebulan”.

7.  Meningkatnya gairah seksual
Berdasarkan penelitian dari ahli klinis kebidanan dan ginekologi di Universitas Northwestern, “melakukan hubungan seksual secara teratur akan membuat gairah seks menjadi lebih tinggi”.  Khususnya pada wainta, melakukan hubungan intim dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, elastisitas dan cairan pelumas pada alat vital wanita, sehingga dapat membuat hubungan suami-istri pun menjadi lebih berkualitas.


Ingin tahu apa saja manfaat lainnya dari berhubungan intim bagi kesehatan kamu dan pasangan? Jangan ragu, untuk segera berdiskusi pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Kamu tinggal menghubungi dokter dengan pilihan metode seperti Voice/Video Call dan Chat di Halodoc menggunakan smartphone, kapan saja. Juga, kamu bisa membeli semua produk kesehatan untuk meningkatkan kualitas hubungan intim kamu yang bisa langsung diantar ke tempat tujuanmu. Ayo! Download Halodoc sekarang juga di App Store atau Play Store.