• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

7 Manfaat Berhubungan Intim yang Mengejutkan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa berhubungan seks baik bagi kesehatan tubuh? Hal tersebut benar adanya. Berhubungan intim tidak hanya mempererat hubungan dengan pasangan, kegiatan ini juga diklaim dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Posisi Hubungan Intim Saat Hamil Muda

1. Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Salah satu manfaat berhubungan intim adalah menjaga tubuh agar tetap sehat. Kegiatan yang satu ini tidak dapat disamakan dengan lari, karena lari membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Meski begitu, berhubungan seks dapat menjadi alternatif untuk berolahraga, karena dapat meningkatnya denyut jantung dan memancing otot-otot dalam tubuh agar lebih aktif.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Bagaimana bisa berhubungan seks meningkatkan sistem imunitas tubuh seseorang? Faktanya, hal tersebut menjadi salah satu manfaatnya. Saat berhubungan seks terjadi peningkatan imunoglobulin A, yaitu jenis antibodi yang berperan saat tubuh mengidap reaksi alergi.

Antibodi ini ditemukan pada selaput lendir tubuh yang melapisi saluran pernapasan, saluran pencernaan, air liur, dan air mata. Tingginya kadar antibodi ini akan membantu tubuh saat terjadi gangguan pada organ ginjal, usus, serta gangguan imunitas sendiri. 

3. Tidak Mudah Stres

Menjaga mood agar tetap positif dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas seksual dengan pasangan. Dengan mood yang baik, kamu tidak akan mudah mengalami stres, karena tingginya kadar hormon endorfin pada tubuh.

Baca juga: 5 Perubahan pada Tubuh Wanita Setelah Malam Pertama

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik belum tentu dimiliki oleh semua orang. Terlebih bagi mereka yang jarang melakukan hubungan seks. Faktanya, berhubungan seks mampu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, karena lepasnya hormon prolaktin yang membuat perasaan kamu lebih rileks. Karena hormon tersebut, seseorang lebih cepat tidur setelah melakukan hubungan seks.

5. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Tahukah kamu bahwa ejakulasi dapat membersihkan senyawa penyebab penyakit kanker dan mencegah penimbunan kalsium pemicu kanker prostat? Hal tersebut dapat terjadi ketika kamu mengalami ejakulasi sekurang-kurangnya 21 kali per bulan. Risiko yang lebih tinggi dapat terjadi jika kamu melakukan ejakulasi kurang dari 7 kali dalam sebulan.

6. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

Seiring pertambahan usia, wanita akan mengalami masalah kontrol kandung kemih. Hal tersebut menyebabkan urine mengalir tanpa terkendali. Manfaat berhubungan intim lainnya adalah membantu mengencangkan otot panggul bawah saat orgasme terjadi.

7. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Manfaat sepenuhnya dari berhubungan seks dapat kamu rasakan ketika dipadukan dengan gaya hidup sehat. Berhubungan seks dan gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa penyakit berikut ini:

  • Mengurangi risiko sakit maag dan angina.

  • Mengurangi risiko kanker prostat.

  • Mengurangi risiko gangguan buang air kecil.

Baca juga: 6 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Berhubungan Intim

Begitu banyak manfaat berhubungan intim yang dapat kamu peroleh. Namun, hal tersebut juga harus diimbangi dengan perilaku seks yang aman dan sehat. Selain itu, imbangi aktivitas seksual yang kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, olahraga secara teratur, berhenti merokok, dan segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc jika kamu memiliki masalah kesehatan, ya!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Is Sex Good for Your Health? A National Study on Partnered Sexuality and Cardiovascular Risk Among Older Men and Women.
NCBI. Diakses pada 2020. Energy Expenditure during Sexual Activity in Young Healthy 
WebMD. Diakses pada 2020. 10 Surprising Health Benefits of Sex.