28 November 2018

9 Cara untuk Merawat Gastritis

9 cara untuk merawat gastritis

Halodoc, Jakarta – Gastritis adalah penyakit lambung yang disebabkan karena dinding lambung mengalami peradangan. Itulah sebabnya gastritis sering disebut juga sebagai radang lambung. Kondisi ini tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan pengobatan tertentu. Namun dalam beberapa kasus, gastritis juga bisa menjadi gejala sakit asam lambung dan bisa meningkatkan risiko kanker perut. Jadi, sebelum gastritis berkembang menjadi kondisi yang berbahaya, ada baiknya kamu mengetahui cara merawat gastritis di sini.

Kenalan dengan Penyakit Gastritis

Pada dinding lambung atau lapisan mukosa lambung manusia terdapat kelenjar yang menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan yang bernama pepsin. Agar lapisan mukosa lambung tidak cepat rusak akibat asam lambung, dinding lambung dilapisi oleh lendir (mukus) yang tebal. Nah, pada kasus gastritis, mukus tersebut sudah rusak, sehingga dinding lambung mengalami peradangan.

Secara umum, gastritis dibagi menjadi dua jenis, yaitu gastritis akut dan kronis. Gastritis akut adalah peradangan pada lapisan lambung yang terjadi secara tiba-tiba, sedangkan gastritis kronis terjadi secara perlahan dan dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Gastritis kronis juga menimbulkan nyeri yang lebih ringan dibandingkan dengan gastritis akut, tapi munculnya lebih sering dan dapat terjadi dalam waktu yang lebih lama.

Penyakit ini sebaiknya jangan disepelekan. Oleh karena selain berisiko menyebabkan kanker perut, gastritis juga bisa menyebabkan pengikisan lapisan lambung atau yang dikenal dengan gastritis erosif. Akibatnya, lambung akan terluka dan mengalami perdarahan.

Gejala Gastritis

Tiap pengidap gastritis bisa mengalami gejala yang berbeda-beda. Malah kadangkala, gastritis tidak menimbulkan gejala apapun. Namun secara umum, gejala gastritis meliputi:

  • Nyeri dan ada sensasi panas di perut bagian ulu hati.

  • Perut kembung.

  • Mual.

  • Muntah.

  • Cegukan

  • Hilang napsu makan.

  • Cepat merasa kenyang saat makan.

  • Buang air besar dengan tinja berwarna hitam.

  • Muntah darah.

Gejala gastritis memang kurang lebih mirip dengan gejala sakit maag. Itulah mengapa orang awam sering mengira gastritis sama dengan penyakit maag. Padahal, kedua penyakit tersebut berbeda.

Cara Merawat Gastritis

Pengobatan yang diberikan oleh dokter biasanya disesuaikan dengan penyebab dan kondisi yang memicu terjadinya terjadinya gastritis. Namun untuk mengobati gastritis dan meredakan gejala-gejalanya, dokter dapat memberikan obat-obatan berikut:

  1. Obat antibiotik. Obat ini diresepkan untuk pengidap gastritis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, yaitu Helicobacter pylori.

  2. Obat anti-diare. Obat ini sangat membantu untuk mengatasi gejala diare yang dialami pengidap gastritis.

  3. Obat antasida. Obat ini sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap gastritis akut karena efektif meredakan gejala nyeri ulu hati secara cepat dengan cara menetralisir lambung.

  4. Obat penghambat histamin 2 (H2 blocker). Obat ini bekerja dengan cara menurunkan produksi asam di lambung, sehingga gejala gastritis yang muncul dapat mereda secara bertahap.

  5. Obat penghambat pompa proton (PPI). Sebenarnya obat ini punya fungsi yang sama dengan obat H2 blocker, yaitu menurunkan produksi asam lambung, tapi mekanisme kerjanya berbeda.

Selain mengonsumsi obat-obatan, pengidap gastritis juga perlu mengubah gaya hidup dan kebiasaan tidak sehat bila ingin cepat sembuh. Berikut gaya hidup sehat yang perlu dilakukan pengidap:

1. Mengatur Pola Makan

Pengidap perlu membuat pola dan jadwal makan yang teratur. Bila tidak nafsu makan atau merasa cepat kenyang, pengidap bisa menyiasatinya dengan makan sedikit-sedikit, tapi sering.

2. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Pengidap juga dianjurkan untuk menghindari makanan berminyak, asam, ataupun pedas yang bisa membuat gejala gastritis bertambah parah.

3. Kurangi Minuman Beralkohol

Alkohol juga merupakan minuman yang tidak baik untuk lambung yang sedang mengalami peradangan. Karena itu, pengidap gastritis dianjurkan untuk mengurangi, bahkan kalau bisa menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol.

4. Hindari Stres

Faktor lainnya yang juga bisa memicu timbulnya gastritis adalah stres. Karena itu, pengidap dianjurkan untuk mengendalikan tingkat stresnya agar bisa cepat sembuh.

Nah, itulah beberapa cara merawat gastritis yang bisa kamu lakukan biar cepat sembuh. Kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan di Halodoc, lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: