05 October 2018

Alami 8 Tanda Ini, Waspada Terkena Borderline Personality Disorder

alami 8 tanda ini, waspada terkena borderline personality disorder

Halodoc, Jakarta -  Menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi suatu hal yang cukup penting untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari. Kesehatan mental pun perlu kamu jaga agar kamu terhindar dari beberapa penyakit atau gangguan mental. Salah satunya adalah Borderline Personality Disorder atau yang dikenal juga dengan masalah kepribadian ambang.

Borderline Personality Disorder merupakan salah satu gangguan mental yang cukup serius ditandai dengan adanya perubahan suasana hati, mood, dan perasaan yang tidak menentu. Borderline Personality Disorder sering terjadi pada wanita, tapi tidak menutup kemungkinan pria pun bisa mengalami gangguan mental ini. Biasanya, gangguan mental ini terjadi saat seseorang memasuki usia belasan hingga awal 20 tahun.

Meskipun tidak mudah membedakan gejala awal gangguan mental Borderline Personality Disorder dengan gangguan mental yang lain, tetapi gejala awalnya bisa ditandai sebagai berikut.

1. Takut Ditinggalkan

Pengidap gangguan mental ini nyatanya memiliki ketakutan ditinggalkan oleh orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ketakutan serius ditinggalkan atau diabaikan oleh kelompoknya. Terkadang saat merasa ditinggalkan, mereka memiliki perilaku yang sangat ekstrim, seperti panik, depresi, marah, ataupun memiliki perilaku yang berada di luar batas kewajaran.

2. Tidak Dapat Menjaga Hubungan Baik

Pengidap tidak bisa menjaga hubungan baik dengan keluarga maupun lingkungannya. Biasanya, pengidap kerap membuat masalah dengan mengidealisasikan seseorang kemudian bisa saja marah secara tiba-tiba pada orang tersebut.

3. Perubahan Suasana Hati

Emosi mereka sangat cepat berubah. Perasaan dan gambaran diri juga bisa ikut berubah sesuai dengan suasana hati yang dirasakan oleh pengidap. Terkadang pengidap gangguan mental ini terlihat tidak bisa menghargai dirinya sendiri dan juga orang lain.

4. Impulsif

Pengidap memiliki perilaku yang sangat impulsif dan terkadang sangat berbahaya. Pengidap tidak akan berpikir dua kali untuk menghamburkan uang, berhubungan intim yang tidak aman, penyalahgunaan obat-obatan, berjudi, ataupun menghentikan kegiatan positif secara tiba-tiba.

5. Depresi

Pengidap gangguan mental juga bisa mengalami depresi yang cukup berat, bahkan muncul keinginan untuk bunuh diri dan menyakiti diri sendiri.

6. Cepat Bosan

Biasanya pengidap gangguan ini juga akan mudah merasakan bosan pada suatu keadaan dan merasa hampa atau kosong meskipun berada dalam keramaian.

7. Tidak Mampu Mengenal Diri Sendiri

Karena emosi yang sering berubah dan begitu kuat, terkadang pengidap gangguan mental ini tidak mampu mengenali dirinya sendiri. Mereka akan kesulitan mengendalikan emosi dan menemukan apa yang diinginkan. Ini diakibatkan dari perubahan suasana hati dan emosi yang tidak menentu.

8. Selalu Curiga pada Orang Lain

Pengidap Borderline Personality Disorder akan sulit untuk percaya pada orang lain. Perasaan curiga akan selalu muncul pada setiap orang, bahkan terkadang mengarah pada paranoia. Ketika mereka emosi, mereka tidak bisa melihat fakta yang sesungguhnya. Dengan begitu, kecurigaan terhadap orang lain selalu muncul.

Tidak ada salahnya berkonsultasi kepada dokter jika kamu mengalami beberapa gejala di atas. Mengetahui lebih awal suatu penyakit atau gangguan kesehatan nyatanya akan lebih mudah ditangani oleh medis. Kabar baiknya, penyakit Borderline Personality Disorder adalah salah satu gangguan mental yang dapat diobati dan dikendalikan dengan baik. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc, untuk bertanya langsung kepada dokter mengenai kesehatan melalui fitur Voice/Video Call atau Chat. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: