Alasan Anak Laki-Laki Lebih Dekat dengan Ibu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Anak Laki-Laki Lebih Dekat dengan Ibu

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar orang bilang kalau anak laki-laki biasanya lebih dekat dengan ibu sementara anak perempuan cenderung lebih dekat dengan ayah? Disadari atau tidak, stigma seperti ini memang ada dan sering berkembang di tengah masyarakat. Ada banyak faktor yang disebut bisa membuat anak cenderung menjadi lebih dekat pada salah satu orangtua. 

Pada dasarnya, entah anak laki-laki atau perempuan awalnya akan lebih dekat pada sang ibu. Sebab, sejak dilahirkan hingga berlangsungnya tumbuh kembang, ibulah yang menjadi sosok utama bagi anak. Ibu menjadi orang yang memenuhi kebutuhan ASI, makan, mengganti pakaian, menemani tidur, mandi, hingga menjadi orang yang paling tahu saat Si Kecil sakit. Lantas, apa yang membuat anak-anak semakin lama cenderung lebih dekat pada salah satu orangtua? 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Anak Laki-laki Membutuhkan Lebih Banyak Perhatian 

Disadari atau tidak, anak laki-laki nyatanya cenderung lebih dekat dengan ibu dibanding ayah. Meski tidak semua anak-anak pasti akan mengalami hal tersebut. Ada juga anak laki-laki ataupun perempuan yang bisa dekat dengan kedua orangtua. Masalah kedekatan anak dengan salah satu orangtua ini ternyata berkaitan dengan kondisi emosional dan afeksi. 

Anak laki-laki disebut lebih banyak membutuhkan perhatian dan senang dimanja, dan merasa bahwa hal itu bisa didapatkan dari sosok ibu. Anak laki-laki ataupun perempuan pada dasarnya membutuhkan rasa nyaman dan dukungan dari orangtua. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat anak laki-laki merasa lebih “diterima” oleh sang ibu dibanding ayah, misalnya saat sedang menangis. 

Sebenarnya menangis adalah hal yang wajar dan sangat boleh dilakukan manusia. Namun, selama ini sistem membentuk anak laki-laki agar tidak mudah menangis terutama untuk hal sepele. Dalam hal ini, sosok ayah dikenal lebih keras dan tak sedikit ayah yang marah saat anak laki-lakinya menangis. Alhasil, anak-anak memilih untuk lari ke ibunya dan mencari perlindungan. 

Baca juga: Hindari Mengatakan ini Saat Anak Laki-laki Menangis

Bukan tanpa alasan, sosok ibu dianggap cenderung lebih menenangkan dan memanjakan. Saat sedang menangis, misalnya karena melakukan kesalahan, anak merasa butuh perlindungan dan rasa nyaman bukan penghakiman atas kesalahan yang dilakukan. Semua hal tersebut ia rasa hanya bisa didapatkan dari sosok ibu. Selain itu, karena kesan yang kuat dan keras, anak laki-laki seringnya merasa takut dan segan untuk mendekati ayahnya. 

Meski begitu, anak laki-laki yang sejak kecil lebih dekat dengan ibu ternyata memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik, dibanding anak yang tidak dekat dengan ibunya. Sebab, anak-anak yang dekat dengan ibu jarang, bahkan hampir tidak pernah terlibat masalah dengan teman, berkelahi, atau penyalahgunaan narkoba. Alih-alih demikian, kelompok anak laki-laki yang dekat dengan ibu lebih sering memilih untuk berkomunikasi secara baik-baik saat ada masalah. 

Hal ini juga membuat anak yang dekat dengan ibu cenderung memiliki lebih banyak teman di sekolah. Bahkan, ada yang menyebut bahwa anak laki-laki yang dekat dengan ibu memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi dan kecemasan. Anak-anak yang dekat dengan ibu akan terlatih untuk mampu memahami perasaan orang lain, bisa menjaga diri sendiri, dan lebih mudah mengendalikan emosinya. Meski begitu, anak-anak tetap harus mendapat perhatian dan kasih sayang utuh dari kedua orangtuanya.

Baca juga:  5 Manfaat yang Didapatkan dari Traveling dengan Anak

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Boldsky. Diakses pada 2019. Why Are Sons So Attach to Their Mothers? 
Huffingtonpost. Diakses pada 2019. Mothers and Sons.