06 June 2019

Alasan Kolesterol Tinggi Sebabkan Stroke

Kolesterol, Stroke

Halodoc, Jakarta - Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik ditambah dengan konsumsi makanan yang tidak sehat. Kolesterol memang penting bagi tubuh guna memproduksi vitamin D, sebagai pelindung sel, pembuat hormon tertentu, serta menjaga fungsi otak. Namun, jika kadar kolesterol ini berlebihan dalam tubuh, otomatis fungsi organ-organ dalam tubuh menjadi tidak optimal.

Baca juga: Bahaya Pengidap Obesitas yang Alami Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi ini disebut dengan Low-Density Lipoprotein (LDL). LDL ini akan membentuk lapisan pada dinding-dinding pembuluh darah. Dengan adanya lapisan ini, pembuluh darah menjadi sempit, sehingga sel-sel darah sulit mengalir ke seluruh tubuh. Nah, aliran darah yang terhambat ini lah yang menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya adalah stroke.  

Stroke Terjadi Karena Terganggunya Aliran Darah

Stroke merupakan penyakit yang terjadi ketika adanya penyumbatan pada pasokan darah yang mengalir menuju otak. Penyakit ini juga bisa terjadi karena pecahnya pembuluh darah. Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Penyakit Stroke

Gejala yang biasa dialami para pengidap stroke, yaitu:

  • Kehilangan kesadaran.

  • Sakit kepala tiba-tiba.

  • Kehilangan keseimbangan.

  • Pusing dan vertigo.

  • Mual dan muntah.

  • Buramnya penglihatan.

  • Disfagia, yaitu kesulitan ketika menelan.

  • Adanya masalah pada pendengaran.

Gejala pada pengidap stroke biasanya akan terjadi secara tiba-tiba dan menyerang pada satu sisi tubuh. Jika gejala yang terjadi tidak juga mereda selama 24-72 jam, maka gejala yang terjadi bisa saja akan bertambah parah. Untuk itu, segera diskusikan dengan dokter jika adanya gejala pada stroke.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Begini Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kadar kolesterol yang tinggi sudah sepatunya dipantau guna mengurangi risiko seseorang mengidap stroke. Nah, kamu bisa mengonsumsi beberapa bahan di bawah ini guna menurunkan kadar kolesterol tinggi kamu:

  • Air Jeruk Nipis

Kamu bisa mengonsumsi air jeruk nipis setiap pagi hari setelah bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur. Jeruk nipis mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Campurkan air jeruk nipis ini dengan segelas air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin, ya!

  • Jus anggur

Jus anggur mengandung antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol. Kedua zat ini menghasilkan fitonutrien yang berguna sebagai zat antimikroba. Buah anggur juga mengandung flavonoid, sama seperti jeruk nipis yang tentu saja bertindak sebagai antioksidan. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi jus anggur secara rutin sehari sekali.

  • Jambu Biji

Jambu biji mengandung antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, dan kalium. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memakannya langsung atau dengan di jus.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

  • Kulit Manggis

Kulit manggis dinilai ampuh menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat antikanker dan antioksidan.

Jika kamu sudah melakukan langkah awal pengobatan, tetapi kolesterol tinggi yang kamu alami belum juga menurun? Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!