• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Tidak Boleh Olahraga setelah Begadang

Ini Alasan Tidak Boleh Olahraga setelah Begadang

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat pekerjaan sedang bertumpuk dan harus diselesaikan segera, maka kamu harus tidak tidur semalaman untuk menyelesaikannya. Namun, saat semua selesai dan pagi tiba, ternyata rasa kantuk tidak kunjung datang. Hal tersebut mungkin membuat kamu berpikir untuk berolahraga agar tubuh lebih bugar dan setelahnya rasa kantuk dapat timbul, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Padahal, seseorang yang berolahraga setelah begadang semalaman dapat menimbulkan beberapa gangguan berbahaya. Di saat seharusnya olahraga yang dilakukan dapat menyehatkan tubuh, kondisi tersebut malah dapat berbalik dan merugikan tubuh. Namun, apakah alasan olahraga mampu menimbulkan sesuatu yang berbahaya jika dilakukan setelah begadang?

Baca juga: Lakukan Olahraga Ini Setelah Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Dampak Buruk dari Olahraga setelah Begadang

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ASCM, disebutkan bahwa pola tidur dapat memengaruhi kegiatan aktif pada seseorang. Saat kamu berolahraga setelah begadang, terbukti tubuh akan lebih cepat lelah dan harus mengerahkan lebih banyak energi pada latihan yang sama dibandingkan mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Maka dari itu, para atlet harus mendapatkan tidur yang cukup agar performanya tidak menurun.

Hal ini terjadi akibat kandungan glikogen, yaitu energi yang tersimpan di otot, sehingga mampu memengaruhi kekuatan saat berolahraga. Saat glikogen mulai menipis, tubuh akan mulai merasa lelah. Namun, jika seseorang melakukan olahraga setelah begadang, otot menjadi lelah bahkan sebelum simpanan glikogen benar-benar habis. Maka dari itu, tubuh terasa lebih lemas saat melakukan kegiatan menyehatkan tubuh tersebut.

Kekurangan tidur juga dapat membuat fungsi kognitif pada tubuh menurun drastis. Hal ini membuat seseorang lebih sulit untuk mengambil keputusan dan ingatan menjadi terganggu. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh saat melakukan olahraga setelah begadang:

  1. Risiko Cedera yang Meningkat

Salah satu hal yang dapat terjadi akibat olahraga setelah begadang adalah risiko untuk mengalami cedera dapat meningkat. Hal tersebut disebabkan reaksi dari tubuh lebih lambat dan kemampuan untuk menilai sesuatu terganggu karena rasa lelah. Maka dari itu, lebih baik untuk mengistirahatkan tubuh dan melatih kebugaran tubuh saat tubuh sudah bugar. Saat beristirahat, tubuh akan kembali ke performa puncaknya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hal yang sebaiknya dilakukan setelah begadang semalaman tetapi ingin berolahraga, dokter dari Halodoc mempunyai jawabannya. Dengan mendapatkan langsung jawaban dari profesional, kamu tidak perlu ragu lagi. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Habis Begadang tapi Harus Masuk Pagi? Siasati dengan 6 Cara Ini

  1. Efek Kurang Tidur yang Bertumpuk

Jika waktu yang seharusnya untuk beristirahat dihabiskan dengan berolahraga, kondisi lelah akan memotong waktu tidur kamu pada malam berikutnya. Hal tersebut menimbulkan rasa tidak semangat karena kurang tidur memengaruhi kinerja, fungsi kognitif, dan waktu reaksi yang dihasilkan tubuh. Artinya, kamu hanya melakukan latihan yang kurang produktif hingga waktu tidur kembali normal.

  1. Perbaikan Jaringan yang Terganggu

Saat kamu begadang semalaman, kadar kortisol pada tubuh menjadi tinggi. Dampak buruknya adalah mengganggu perbaikan dan pertumbuhan jaringan. Selain itu, hormon pertumbuhan anabolik dilepaskan oleh tubuh, terutama ketika sudah memasuki tidur yang lebih dalam. Ketika kekurangan tidur, perbaikan tubuh menjadi terganggu. Maka dari itu, ada baiknya mengatur ulang jadwal tidur sebelum kembali rutin berolahraga.

Itulah beberapa alasan yang harus kamu ketahui saat akan berolahraga setelah begadang. Seperti pepatah bilang, kamu dapat begadang hanya jika memang benar-benar dibutuhkan. Jika memaksakan diri untuk tetap berolahraga meski belum tidur semalaman, risiko untuk terserang penyakit berbahaya dapat meningkat.

Baca juga: Sering Begadang, Fungsi Otak Bisa Menurun

Jika mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, kamu bisa bertanya pada dokter di Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah kamu lakukan kapan dan di mana saja. Praktis kan? Ayo, segera download aplikasinya di App Store atau Google Play!

Referensi:
Cathe. Diakses pada 2020. Should You Exercise When You’re Tired or Sleep-Deprived?
Sleep Phones. Diakses pada 2020. How Sleep Affects Your Workout: Working Out on No Sleep.