Manfaat Alpukat sebagai Masker Alami Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Alpukat sebagai Masker Alami Wajah

Halodoc, Jakarta – Alpukat kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan lainnya, serta vitamin A, B, K, dan E, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran kulit. Ada juga banyak mineral bermanfaat dan senyawa organik dalam alpukat yang dapat diaktifkan dengan menggunakan masker wajah alpukat.

Namun, sebelum kamu membuat masker wajah alpukat sendiri di rumah, penting untuk memahami cara mengolah dengan benar agar mendapatkan manfaat maksimal. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Alpukat sebagai Masker Wajah

Ada banyak cara untuk membuat masker wajah alpukat. Beberapa bahan tambahannya adalah madu, telur, oatmeal, minyak zaitun, aprikot, pisang, dan yogurt. Komponen tambahan ini dapat membantu meremajakan wajah, mengurangi stres oksidatif dan mengantarkan antioksidan ke bagian wajah yang paling membutuhkannya.

Baca juga: Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

Berikut ini resepnya:

Bahan:

  • 1 alpukat;

  • 1 butir telur;

  • 1/2 sendok makan jus lemon; dan

  • 1 sendok makan madu.

Tahapannya:

  • Langkah 1 - Keluarkan daging alpukat berukuran sedang.

  • Langkah 2 - Hancurkan alpukat sampai semua gumpalannya halus.

  • Langkah 3 - Campurkan telur, jus lemon, dan madu.

  • Langkah 4 - Aduk sampai konsistensi merata.

  • Langkah 5 - Bersihkan wajah secara menyeluruh dan keringkan sebelum mengoleskan masker.

  • Langkah 6 - Oleskan campuran ini ke wajah dan tutupi area kulit sebanyak mungkin.

  • Langkah 7 - Diamkan selama selama 15–20 menit.

  • Langkah 8 - Bilas wajah dengan lembut menggunakan air hangat dan hindari menggosok kulit terlalu keras.

Manfaat Super Alpukat

Begitu banyak manfaat dari alpukat yang bisa kamu peroleh selain memakannya. Nutrisi padat dari daging alpukat bisa menjadi sumber yang sangat baik dari lebih dari dua puluh vitamin dan mineral, termasuk vitamin B, C, E dan K, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, kalium, lutein, beta-karoten, asam lemak omega-3 dan antioksidan sebagai anti-penuaan. 

Karena kandungan lemak, vitamin, dan antioksidannya yang tinggi inilah, menggunakan alpukat sebagai masker wajah dapat membuat kulit tampak lebih lembut dan terlihat lebih muda, karena benar-benar menghaluskan dan menghaluskan kulit.

Baca juga: Enak Dibuat Jus, Ketahui 7 Manfaat Alpukat

Sebenarnya manfaat tambahan bisa kamu peroleh tergantung pada bahan apa yang kamu kombinasikan dalam masker wajah alpukat. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk melembapkan kulit kering. 

Bila kamu menggunakan madu dalam bahan masker, kulit bisa jadi terlumasi dan mencegah timbulnya bercak-bercak kulit kering. Asam lemak omega-3 dalam alpukat juga dapat membantu mengunci kelembapan dan meningkatkan warna wajah merona alami.

Kamu punya masalah dengan jerawat atau kondisi radang kulit lainnya? Sifat alpukat yang menenangkan dan anti-inflamasi sangat pas untuk orang dengan masalah jerawat di wajah. Alpukat kaya akan vitamin A, B, K dan E, sehingga penggunaan masker wajah berbahan alpukat dapat dengan cepat mengurangi gejala psoriasis, eksim, rosacea, dan jerawat setelah hanya beberapa aplikasi. 

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Krim Malam

Hobi makan alpukat juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik yang merupakan sekelompok gejala pemicu penyakit jantung dan diabetes. Orang yang mengonsumsi alpukat secara teratur juga memiliki berat badan lebih stabil dan kadar kolesterol HDL lebih tinggi.

Punya pertanyaan seputar kesehatan serta manfaat alpukat lainnya, bisa tanyakan langsung ke ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). 12 Proven Health Benefits of Avocado
Huffpost (Diakses pada 2019). The Amazing Benefits of Avocado for Skin & Hair
Stylecraze (Diakses pada 2019). 10 Easy and Effective Homemade Avocado Face Masks