Enak Dibuat Jus, Ketahui 7 Manfaat Alpukat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Enak Dibuat Jus, Ketahui 7 Manfaat Alpukat

Halodoc, Jakarta - Alpukat adalah salah satu buah yang terkenal akan manfaatnya. Buah yang mempunyai biji di tengah dagingnya tersebut dapat tumbuh dengan baik di cuaca dan tanah di Indonesia. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya.

Alpukat dapat diolah menjadi jus yang nikmat. Kamu hanya perlu mengambil daging alpukat tersebut dan mencampurnya dengan susu kental manis atau gula. Kamu dapat mengocoknya dengan tangan atau menggunakan blender supaya lebih halus merata.

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat yang Perlu Diketahui

Manfaat Alpukat untuk Tubuh

Alpukat adalah buah yang dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat alpukat pada tubuh terletak pada nutrisi alami, vitamin, dan mineral. Selain itu, buah tersebut mengandung asam lemak tidak jenuh dalam jumlah yang banyak. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Alpukat juga mengandung nutrisi yang berbeda dari buah lainnya. Buah tersebut mengandung banyak serat dan kaya akan vitamin, seperti vitamin B, K, E, C, kalium, dan tembaga. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat yang dapat kamu rasakan pada tubuh:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat alpukat yang dapat kamu terima adalah kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Kandungan dalam alpukat dapat mengontrol darah dan tekanan darah, serta meredam inflamasi.

  1. Baik untuk Penglihatan

Manfaat lain dari alpukat adalah memperbaiki penglihatan kamu. Buah tersebut mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat memberi perlindungan antioksidan, serta meminimalisir kerusakan pada mata. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh pada alpukat dapat menurunkan risiko degenerasi makula.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat alpukat yang lain bagi tubuh adalah mencegah osteoporosis. Sekitar 25 persen kandungan dari alpukat mengandung vitamin K yang baik untuk tulang kamu. Vitamin K dianggap kurang penting dibandingkan dengan kalsium dan vitamin D bagi kesehatan tulang. Padahal, vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium dari tubuh.

Baca juga: Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Alpukat untuk Diet

  1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan juga menjadi salah satu manfaat alpukat yang dapat kamu rasakan. Pasalnya, seseorang yang mengonsumsi alpukat akan merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama berjam-jam. Alpukat juga kaya akan serat yang baik untuk penurunan berat badan.

  1. Kanker

Manfaat dari alpukat terhadap saluran pencernaan adalah mencegah terjadinya kanker pada bagian tersebut. Asupan folat dari alpukat dapat melindungi usus besar, lambung, dan pankreas dari kanker. Pasalnya folat dapat melindungi mutasi yang terjadi pada pembelahan sel.

  1. Mengurangi Radang Sendi

Artritis adalah masalah yang umum terjadi karena penurunan kemampuan sendi. Alpukat dapat bermanfaat untuk menekan gejala pada pengidap artritis. Disebutkan bahwa suplemen yang mengandung buah ini dapat mengurangi gejala radang sendi, terutama lutut dan pinggul.

  1. Detoksifikasi Alami

Kandungan serat pada alpukat dapat berguna sebagai detoksifikasi alami. Manfaat alpukat ini dapat meningkatkan pergerakan usus secara teratur. Hal tersebut penting untuk ekskresi racun melalui empedu dan feses. Selain itu, serat dalam makanan juga dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

Baca juga: Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

Itulah beberapa manfaat dari alpukat pada tubuh kamu. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk sering mengonsumsi buah tersebut, supaya tubuh tetap sehat. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait dengan buah tersebut, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu. Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play!