Apakah Gonore Bisa Disembuhkan Total?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
apakah gonore bisa disembuhkan total

Halodoc, Jakarta – Saat buang air kecil, keluar nanah dari alat kelamin? Jangan panik dulu, hal itu adalah gejala dari gonore atau lebih dikenal orang awam sebagai kencing nanah. Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik pria maupun wanita. Lalu, bagaimana bila kamu terkena gonore? Apakah pengidap gonore bisa sembuh secara total? Cari tahu jawabannya di sini.

Kenali Penyakit Gonore Lebih Jauh

Salah satu bakteri penyebab gonore yaitu gonococcus paling sering ditemukan di cairan Mr P atau Miss V dari orang yang terinfeksi. Itulah sebabnya berhubungan intim dengan pengidap, baik secara oral maupun anal, menggunakan mainan seks yang sudah terkontaminasi atau tidak dilapisi kondom baru setiap digunakan, serta tidak berhubungan intim dengan menggunakan kondom, bisa menyebabkan kamu tertular penyakit gonore.

Ibu hamil yang mengidap gonore juga berpotensi menularkan penyakit tersebut pada bayinya saat proses kelahiran. Bakteri gonore dapat menjangkiti mata bayi, sehingga bayi berisiko mengalami kebutaan permanen. Sedangkan pada orang dewasa, bakteri gonore dapat menyerang dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan.

Namun, bakteri gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia, sehingga penyakit ini tidak bisa menular melalui dudukan toilet, berbagi peralatan makan atau handuk, ciuman, ataupun di kolam renang.

Baca juga: Inilah 4 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Hubungan Intim

Gejala Gonore

Gonore kadang-kadang tidak menimbulkan gejala yang berarti, sehingga banyak pengidap yang tanpa sadar menularkan penyakit tersebut kepada pasangan mereka. Namun, gejala gonore pada pria lebih mudah dikenali dibandingkan pada wanita. Hal ini karena pada tahap awal, gonore biasanya hanya menimbulkan gejala yang sangat ringan pada wanita, sehingga sering dianggap hanya infeksi saluran kemih atau infeksi Miss V biasa. Namun, bila tidak segera diobati, infeksi bakteri ini akan menjalar ke organ panggul wanita dan menyebabkan perdarahan pada Miss V, sakit perut bagian bawah, demam, dan nyeri saat melakukan hubungan intim.  

Gejala gonore pada pria dan wanita kurang lebih sama, yaitu terasa nyeri atau perih saat buang air kecil dan keluar cairan kental, seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari alat kelamin. Itulah mengapa penyakit ini dikenal juga dengan sebutan “kencing nanah”.

Baca juga: Sakit saat Buang Air Kecil, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Apakah Gonore Bisa Sembuh Secara Total?

Kabar baiknya, gonore bisa sembuh total. Asalkan kamu rajin melakukan perawatan dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Untuk mengobati gonore, dokter biasanya akan memberikan suntikan antibiotik sebanyak satu kali dan satu tablet antibiotik pada pengidap. Kira-kira satu sampai dua minggu setelah pengobatan awal ini, pengidap perlu kembali lagi mengunjungi dokter untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bahwa bakteri gonore sudah benar-benar hilang.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini biasanya akan segera membaik dalam waktu beberapa hari setelah melakukan pengobatan yang efektif. Namun, untuk mencegah penularan gonore pada orang lain, pengidap dianjurkan untuk tidak berhubungan intim dulu untuk sementara sampai perawatan selesai dan pemeriksaan ulang terbukti negatif.

Kamu berisiko terkena penyakit gonore kembali bila tidak melakukan hubungan yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara mencegah penyakit gonore yang paling efektif adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan dan selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim.

Baca juga: Jangan Ganti-Ganti Pasangan, 5 Alasan Hubungan Intim Sehat Itu Perlu

Jadi, bila kamu mengalami gejala-gejala gonore, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin. Semakin cepat gonore diobati, semakin besar potensi gonore untuk sembuh. Kamu juga bisa bertanya-tanya seputar masalah kesehatan seksual dengan dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Enggak perlu malu, kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.