10 Jenis Anjing yang Memiliki Karakter Ramah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juni 2021

"Setiap jenis anjing memiliki sifat dan kecenderungan kepribadian yang berbeda. Jenis anjing tertentu ada yang lebih ramah dibanding jenis lainnya."

10 Jenis Anjing yang Memiliki Karakter Ramah10 Jenis Anjing yang Memiliki Karakter Ramah

Halodoc, Jakarta – Walaupun anjing dikenal sebagai peliharaan yang bersahabat, tetapi sebenarnya setiap jenis anjing memiliki sifat dan kecenderungan kepribadian yang berbeda. Jenis anjing tertentu ada yang lebih ramah dibanding jenis lainnya. 

Beberapa jenis anjing ada yang secara genetik senang bergaul dengan manusia terutama anak-anak, berkepribadian lembut dan santai. Apa sajakah jenis anjing dengan karakter ramah? Informasi lengkapnya bisa kamu baca di sini!

Baca juga: Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara

Berbagai Jenis Anjing dengan Karakter Ramah

1. Beagle

Beagle dikenal sebagai anjing dengan karakter ramah dan senang berkelompok dengan anjing lainnya. Selain ramah, Beagle juga sangat aktif seperti tidak kenal lelah dan tidak galak dengan orang asing. Kepribadian Beagle sangat ceria, sedikit usil, dan membuat orang yang memeliharanya nyaman berada di dekat si Beagle. 

2. Bearded Collie

Bearded Collie dikenal sebagai anjing yang penuh kasih sayang, lincah, dan senang bergaul dengan manusia. Bearded Collie juga tidak agresif dan gampang berteman dengan orang baru. 

3. Boston Terrier

Boston dikenal sebagai anjing yang menebarkan kebahagiaan, senang bersosialisasi, dan penuh energi. Mereka suka bermain dengan siapa saja, tetapi mereka juga suka berpelukan. Boston Terrier akan membiarkan orang asing membelai dan menciumnya, dan mereka senang berinteraksi dengan banyak orang. Boston Terrier juga dikenal sangat setia dan santai. 

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

4. Boxer

Walaupun bentuk badan Boxer besar dan terlihat sangat menakutkan, Boxer justru tidak segalak penampilannya. Boxer tipe anjing yang setia, aktif, dan senang bersosialisasi. Boxer suka beraktivitas dengan manusia dan senang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari manusia.

5. Cavalier King Charles Spaniel 

Jenis anjing Cavalier King Charles Spaniel dikenal sangat menuntut perhatian dan senang disayangi. Mereka suka dicintai oleh manusia dan senang dengan perhatian. Cavalier King Charles Spaniel sangat manis, suka diemong, bersemangat, dan menyenangkan. Ini adalah jenis anjing dengan karakter ramah, mudah dilatih, dan gampang beradaptasi. 

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi pada Anak Anjing

6. English Bulldog

Walaupun terlihat galak, sesungguhnya English Bulldog adalah anjing dengan karakter ramah. English Bulldog memiliki watak manis dan lembut yang natural. Mereka setia, dapat diandalkan, dan senang bersama keluarganya. Anjing ini juga suka berinteraksi dengan anak-anak.

7. Golden Retriever 

Golden Retriever dikenal sebagai anjing keluarga. Salah satu alasannya adalah karena Golden Retriever sangat ramah, setia, dan santai. Mereka senang berkumpul dengan keluarga dan senang mendapatkan perhatian. Anjing jenis ini sangat akrab dengan manusia.

8. Irish Setter

Irish Setter dikenal sebagai anjing yang penuh energi dan senang bersama orang-orang. Irish Setter adalah anjing yang menawan, riang, antusias, dan suka bersenang-senang. Selain itu kelebihan Irish Setter adalah sangat aktif dan waspada, sehingga sekaligus bisa memberikan perlindungan kepada pemiliknya. 

9. The Havanese 

Jenis anjing ini penuh kasih sayang kepada semua manusia, ke anjing lainnya dan juga kepada kucing. Walaupun sangat lovable kesemuanya, The Havanese akan menunjukkan rasa sayang yang lebih besar kepada pemiliknya. 

10. Labradoodle 

Labradoodle adalah jenis anjing hasil persilangan antara a Poodle dan Labrador Retriever. Pembiakan dua jenis anjing ini menghasilkan anjing Labradoodle yang cerdas dan mudah bergaul. Selain itu bulu-bulu Labradoodle juga tidak mudah rontok yang membuatnya semakin mudah untuk dipelihara.

Itulah sebagian jenis anjing dengan karakter ramah. Sebenarnya, keramahan anjing tidak hanya bergantung dari rasnya saja, tetapi juga dari cara kamu memelihara serta lingkungan tempat anjing tinggal. 

Kalau kamu butuh informasi mengenai kesehatan hewan peliharaan, kamu bisa menanyakan langsung ke dokter hewan lewat aplikasi Halodoc! Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Dogtime.com. Diakses pada 2021. 20 Super Friendly Dog Breeds.
Bustle. Diakses pada 2021. The 13 Friendliest Dog Breeds To Consider Adopting If You Like Cuddles.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan