• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Agustus 2021
4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

“Polip hidung termasuk salah satu penyakit yang dapat membuat seseorang menjadi sulit untuk bernapas. Bahkan, ada beberapa masalah yang lebih besar saat gangguan ini terus dibiarkan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk cegah polip hidung sebelum terjadi.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sering mengalami pilek disertai hidung mampet dan mengorok saat tidur? Berhati-hatilah, bisa saja hal ini disebabkan oleh polip hidung. Untuk mengatasi semua gejala tersebut, penting untuk mengatasi polip yang terbentuk agar jalur pernapasan kembali normal. Hal yang lebih penting lagi, kamu bisa mencegah polip sebelum terjadi. Namun, bagaimana cara pencegahan yang efektif? Baca di sini!

Metode untuk Cegah Polip Hidung Sebelum Terjadi

Polip adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh. Jaringan yang tumbuh pada bagian tubuh dapat tumbuh secara berkelompok atau tunggal. Ternyata, gangguan ini bukan hanya terjadi pada usus, tetapi juga menyerang hidung yang kemudian disebut sebagai polip hidung.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Operasi Polip Hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan lunak yang tidak menyakitkan dan tidak bersifat kanker. Gejala yang dialami oleh pengidap polip hidung adalah hidung yang seperti mengalami sumbatan hingga menyebabkan kesulitan untuk bernapas, produksi lendir yang berlebihan dari hidung, penurunan indera penciuman, nyeri pada bagian wajah, rasa gatal di sekitar mata, gangguan penglihatan dan sleep apnea.

Sebelum kamu mengetahui beberapa cara yang ampuh cegah polip hidung, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan ini, antara lain:

1. Sinusitis Alergi Jamur. Kondisi ini disebabkan karena adanya alergi jamur yang penyebarannya melalui udara.

2. Asma. Seseorang yang mengalami asma berisiko mengalami polip hidung. Kondisi asma dapat menyebabkan inflamasi dan penyempitan pada saluran udara.

3. Rinitis Alergi. Alergi terhadap beberapa material seperti debu atau bulu binatang menjadi penyebab polip hidung. Polip hidung yang disebabkan kondisi ini menimbulkan gejala seperti pilek.

4. Fibrosis Kistik. Kondisi ketika tubuh mengalami kelainan genetika sehingga menghasilkan cairan kental dan berlebihan pada sistem pernapasan dan pencernaan.

Baca juga: Bahayakah Polip Hidung bagi Pernapasan

Awalnya, polip hidung memiliki bentuk yang kecil dan cenderung tidak membahayakan. Namun kamu perlu waspada saat polip pada hidung mengalami pertambahan ukuran seiring berjalannya waktu. Kondisi ini dapat mengganggu pernapasan jika dibiarkan. 

Ukuran polip yang terus tumbuh menjadi besar dapat membuat penyempitan pada hidung. Meskipun tidak berbahaya, tentu lebih baik tidak mengalaminya sejak awal daripada kelak perlu mengobatinya. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara untuk cegah polip hidung. Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat kamu lakukan:

1. Gunakan Pelembap Udara

Salah satu cara untuk cegah polip hidung adalah memastikan selalu menggunakan pelembap udara, terutama jika udara di lingkungan sekitarmu kering. Biasanya, alat ini digunakan selama musim dingin dan di iklim kering, sehingga saluran hidung tetap lembap. Hal ini mampu meningkatkan aliran lendir di sinus, sehingga segala penyebab polip hidung dapat teratasi.

2. Gunakan Semprotan Kortikosteroid

Semprotan kortikosteroid juga membantu untuk mencegah terjadinya polip hidung. Semprotan kortikosteroid mampu mengurangi peradangan terutama setelah operasi. Alat ini biasanya membutuhkan resep dari dokter dan perawatan khusus lainnya yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Polip Hidung

3. Menjaga Kebersihan Tangan

Jangan malas untuk menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan. Kamu bisa mencegah polip hidung dengan menjaga kebersihan tangan secara rutin menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Cara ini baik untuk menghindari infeksi dari bakteri dan virus yang dapat menjadi penyebab inflamasi saluran hidung dan sinus. Saat tangan sedang kotor, jangan biasakan untuk memegang wajah maupun hidung.

4. Hindari Penyebab Alergi Hidung

Mencegah alergi pada hidung bisa dilakukan untuk mencegah polip hidung. Hindari penyebab alergi hidung seperti debu, asap rokok, bulu binatang, atau asap kendaraan bermotor. Pastikan untuk menghindari segala hal yang dapat menjadi penyebab alergi dan iritasi pada hidung sebaik mungkin.

Nah, itulah cara untuk cegah polip hidung sebelum terjadi. Gangguan ini berisiko pada beberapa orang, seperti pengidap asma, rinitis alergi, fibrosis kistik, dan mengalami infeksi sinus berulang atau infeksi lainnya. Selain itu, penting untuk memeriksa kesehatan diri dengan melakukan pemeriksaan fisik setiap tahunnya.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang cara cegah polip hidung, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play untuk mendapatkan semua kemudahan dalam akses kesehatan. Unduh aplikasinya sekarang juga!



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Nasal polyps.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Nasal Polyps.