4 Jenis Burung Pipit yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Mei 2021
4 Jenis Burung Pipit yang Perlu Diketahui4 Jenis Burung Pipit yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Selain anjing dan kucing, burung adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari di negara kita. Terdapat banyak jenis burung yang bisa kamu pelihara, mulai dari lovebird, kutilang, perkutut, merpati, hingga burung pipit.

Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai burung pipit. Burung ini banyak dipilih sebagai burung peliharaan karena keindahan bulunya. Warna burung pipit berwarna-warni dan memiliki kicauan yang merdu. Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara burung pipit, tak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis burung ini.

Nah, berikut beberapa jenis burung pipit yang bisa kamu pilih.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Dara

1.Zebra Finch

Zebra finch atau burung pipit zebra adalah salah satu jenis burung pipit yang menarik untuk dipelihara. Burung ini memiliki nama ilmiah taeniopygia guttata. Selain di indonesia, zebra finch juga umum ditemukan di Timor Leste dan Australia.

Burung pipit jenis ini juga cukup terkenal di kalangan penggemar burung mancanegara. Kini, zebra finch hampir bisa ditemukan di seluruh negara di dunia, setelah diintroduksi hingga ke Brazil, Amerika Serikat, Portugal, Puerto Rico, dll. 

2.Bondol hijau Binglis (Erythrura prasina)

Jenis burung pipit lainnya yang cukup digemari di Indonesia adalah bondol hijau atau Erythrura prasina. Selain dipelihara atau ditangkar, burung ini juga sering ditempatkan bersama burung finch lainnya dalam kandang aviary, karena penampilan dan warna bulunya yang cantik. Cara untuk membedakan bondol hijau jantan dan betina bisa dilihat dari penampilan dan warna bulunya. Burung jantan berwarna hijau pada tubuh bagian atas, dan kuning tua pada tubuh bagian bawah, serta perut berwarna merah cerah. Tunggir dan perpanjangan ekor juga berwarna merah. Sementara itu, burung betina memiliki kepala kehijauan dan ekor yang lebih pendek, bagian dada dan perut berwarna cokelat dengan bagian dada lebih muda atau lebih terang

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

3.Bondol haji (Lonchura maja)

Selain dua hal di atas, kamu juga bisa memilih burung pipit jenis Lonchura maja atau bondol haji. Pipit haji (emprit haji, dalam bahasa Jawa) merupakan burung pipit yang masuk ke dalam suku Estrildidae. Bondol haji ini terdapat di Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Burung ini memiliki tubuh sekitar 11 sentimeter, dengan warna dominan putih cokelat. Pada acara Indonesia Bird Con 2019, juri dari Eropa menobatkan bondol haji sebagai juara umum. Sejak itu, burung pipit ini mulai banyak digemari oleh masyarakat.  

 4,Strawberry finch

Strawberry finch atau amandava amandava merupakan salah satu jenis burung pipit yang cukup populer di Indonesia. Strawberry finch juga dikenal sebagai red avadavat. Strawberry finch dikenal dengan sebutan pipit benggala atau emprit geni. 

Cara untuk membedakan emprit geni jantan dan betina tidak sulit. Perbedaannya bisa dilihat dari penampilan dan warna bulunya. Burung jantan punya bulu berwarna merah padah, dengan bintik-bintik pada bagian dada, sayap, tunggir, dan sisi tubuhnya. 

Baca juga: Inilah Alasan Burung Kakatua Termasuk Hewan yang Dilindungi

Nah, itulah jenis burung pipit yang cukup populer di Indonesia. Bagaimana tertarik untuk memeliharanya? Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai jenis-jenis burung pipit lainnya, kamu dapat bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi keluhan kesehatan, menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan?

 

Referensi:
Royal Society for the Protection of Birds (RSPB). Diakses pada 2021. Finch
Kumparan.com. Diakses pada 2021. Berikut 9 Jenis Burung Finch atau Pipit yang Paling Digemari di Indonesia
Allaboutbirds.org. Diakses pada 2021. House Sparrow Identification

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan