• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Ajarkan Anak Usia 5 Tahun Belajar Membaca

4 Tips Ajarkan Anak Usia 5 Tahun Belajar Membaca

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Orangtua adalah guru pertama bagi anak. Hal tersebut membuat orangtua memiliki kewajiban penting untuk mendidiknya dari rumah, sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan pintar. Meski belajar dari rumah terlihat mudah, tetapi terkadang hal tersebut menjadi sangat sulit jika dihadapkan dengan karakter anak yang terlalu hiperaktif, sehingga tidak dapat berkoordinasi dengan baik.

Untuk mengatasinya, ibu perlu mengetahui metode belajar yang optimal untuk Si Kecil. Selain memahami karakter anak, ibu juga perlu membuat suasana belajar menjadi nyaman, sehingga anak selalu menantikan momen tersebut. Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak membaca dengan langkah yang sederhana tetapi menyenangkan? Berikut ini trik khusus untuk mengajarkan anak membaca, agar ia senang saat momen membaca berlangsung:

Baca juga: Cara Melindungi Anak dari Konflik Perceraian

1. Ajari Cara Mengeja dengan Natural

Belajar membaca dapat dilakukan sesantai mungkin, di mana pun dan kapan pun. Bahkan saat ibu dan anak berjalan-jalan ke mall, menonton televisi, atau sekedar berjalan-jalan di lingkungan rumah. Contohnya, jika ibu melihat rambut di pinggir jalan bertuliskan “STOP”, ibu bisa mengajarkannya mengeja huruf s-t-o-p sembari menunjuk papan. Ibu bisa mengajarkan kata yang sederhana dan mudah dipahami. Tentunya dengan cara yang menyenangkan ya, bu.

2. Jadikan Membaca sebagai Kegiatan Menyenangkan

Sudah hal umum diketahui jika anak-anak hanya bisa fokus dalam waktu yang singkat. Nah, agar anak memiliki fokus yang lebih lama, ibu bisa menjadikan waktu belajar membaca sebagai permainan yang menyenangkan. Saat Si Kecil meminta untuk dibelikan camilan, coba untuk mengajarkan mengeja dan membaca nama camilan pada kemasan.

3. Melibatkan Anak saat Membaca Cerita

Jika ibu sudah pernah membacakan suatu buku cerita dan ingin membacakan ulang untuk Si Kecil, coba libatkan anak. Ibu bisa menanyakan apa yang akan terjadi di cerita selanjutnya. Melibatkannya dalam cerita membuat anak melihat hubungan antara kata yang diucapkan dan tertulis dalam buku cerita.

Baca juga: Ajak Anak Hiking, Waspadai Tanda Hipotermia

4. Jadikan Membaca sebagai Aktivitas Rutin

Sebelum mengajarkan anak untuk membaca, ibu perlu menanamkan rasa cinta terhadap buku terlebih dulu. Untuk menumbuhkan rasa cintanya, ibu perlu membiasakannya sejak dini. Ibu bisa memberinya contoh dengan sering membaca buku, dan jangan menggunakan gadget depan anak. Jika dilakukan, bisa jadi anak lebih tertarik melihat gadget daripada buku.

Baca juga: Bisakah Anak Mulai Sekolah Mengalami Gangguan Kecemasan?

Itulah beberapa langkah mengajarkan anak membaca. Jika anak mengalami gangguan membaca, atau belum bisa membaca saat usianya sudah cukup, bisa jadi anak memiliki keterlambatan perkembangan seperti anak lainnya. Mengenai hal ini, ibu tidak perlu khawatir berlebihan, ya. Silahkan periksakan Si Kecil ke rumah sakit terdekat untuk bertemu dengan dokter spesialis anak guna menemukan penyebab mengapa anak kesulitan dalam membaca. Jika diatasi dengan cepat dan langkah yang tepat, Si Kecil akan terhindar dari masalah berarti.

Referensi:
Readingrockets.org. Diakses pada 2021. 11 Ways Parents Can Help Their Children Read.
Healthline. Diakses pada 2021. Can You Teach Your Toddler to Read?
Readingeggs.com.au. Diakses pada 2021. How to Teach Kids to Read: 10 Simple Steps to Try at Home.