• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

4 Tips Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal? Baik pria maupun wanita pasti ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal. Manfaat yang dirasakan memang banyak, seperti terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, bentuk tubuh ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita.

Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Kelebihan berat badan yang dialami setiap orang juga berbeda. Ada orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan pada seluruh badannya, namun ada beberapa orang yang merasa kelebihan berat badan pada beberapa bagian tubuh tertentu saja, misalnya pada bagian bokong, perut maupun lengan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan faktor genetik. Nah, kebanyakan wanita mengalami penyimpanan lemak yang berlebih pada bagian paha, lengan, dan bokong.

Tanpa Olahraga, Begini Cara Mengecilkan Lengan

Lengan yang terlihat besar dapat membuat wanita merasa tidak percaya diri. Sebenarnya, ada berbagai macam olahraga yang membantu untuk mendapatkan ukuran lengan yang ideal, seperti push-up, lompat tali atau mengangkat barbel.

Jika kamu tidak sempat melakukan olahraga tersebut, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan lengan tanpa olahraga, seperti:

  1. Gerakan Memutar Tangan

Latihan sederhana lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak pada lengan bagian atas adalah memutar pergelangan tangan sebanyak 50 kali. Caranya, buka kaki selebar bahu, lalu angkat dua tangan lurus ke depan.

Gerakkan pergelangan tangan searah dengan jarum jam. Meskipun terlihat sederhana, cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga ini ampuh membakar lemak secara efektif, lho!

Namun, bagi kamu yang memiliki masalah pada pergelangan tangan, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dulu jika ingin melakukan gerakan ini.

Baca juga: Tips-Tips Penting Bagi yang Ingin Sauna

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Dilansir dari Healthline, mencukupi kebutuhan air putih selama satu hari nyatanya dapat membantu kamu mengurangi lemak pada bagian lengan atas. Beberapa penelitian mengatakan, mengonsumsi cukup air putih membuat kamu merasa kenyang sehingga dapat mengurangi porsi makan.

Tidak hanya air putih, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan jenis cairan yang lain. Namun, perhatikan pengonsumsian minuman yang mengandung pemanis buatan dan gula, seperti minuman bersoda atau jus buah. Pilih jus buah yang dibuat tanpa menggunakan gula berlebih atau pemanis buatan.

  1. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Tidak hanya olahraga, kamu dapat mengurangi lemak pada bagian lengan atas dengan mengatur waktu istirahat atau tidur. Dibandingkan dengan membuat menu diet setiap harinya, menurut situs halaman Healthline, memenuhi kebutuhan tidur dan istirahat lebih optimal hasilnya dibandingkan melakukan diet ketat untuk menghilangkan lemak pada lengan atas.

  1. Kontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makan adalah kunci ketika kamu ingin menurunkan berat badan yang ideal. Tidak hanya itu, perhatikan menu makan yang kamu konsumsi. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan cepat saji dan perbanyak konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit

Nah, jika kamu memerlukan saran lebih detail dari dokter gizi untuk membantu mengatasi lengan bergelambir, tidak usah ragu untuk menggunakan pilihan komunikasi lewat chat, video call, dan voice call dari aplikasi Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Is It Possible to Target Fat Loss to Specific Body Parts?
Healthline. Diakses pada 2019. The 9 Best Ways to Lose Arm Fat
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2019. Healthy Eating for a Healthy Weight