Ini 5 Pilihan Obat Sakit Dada yang Efektif Redakan Nyeri

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Januari 2024

“Sakit di area dada terkadang bisa menyesakkan dan membuat kesulitan bernapas. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu Panadol, Polysilane, Lanpracid, Episan Suspensi, dan Symbicort.”

Ini 5 Pilihan Obat Sakit Dada yang Efektif Redakan NyeriIni 5 Pilihan Obat Sakit Dada yang Efektif Redakan Nyeri

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Nyeri dada adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di area dada. Nyerinya bisa menyebar ke area lain di tubuh bagian atas, termasuk ke lengan, leher, atau rahang. 

Nyeri dada bisa terasa tajam atau tumpul, terkadang juga menimbulkan rasa sesak atau pegal. Kamu bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi obat sakit dada di bawah ini untuk mengatasinya!

Pilihan Obat Sakit Dada untuk Atasi Nyeri

Sakit dada memicu sesak napas, sakit perut, berkeringat, pusing, dan ketidaknyamanan di perut, bahu, lengan, rahang, leher, serta punggung.

Beberapa rekomendasi obat untuk mengatasinya, yaitu:

1. Panadol 500 mg 10 Kaplet

Rekomendasi obat sakit dada di apotek yang pertama adalah Panadol. Obat ini mengandung paracetamol yang mampu meringankan rasa sakit yang menjadi pemicu sakit atau nyeri di area dada.

Panadol bekerja dengan di area pusat pengatur suhu otak (hipotalamus) untuk menurunkan suhu tubuh dan menghambat sintesis prostaglandin. Pada akhirnya, nyeri ringan hingga sedang dapat teratasi.

Setiap kaplet Panadol mengandung 500 mg paracetamol yang bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Namun, sebaiknya konsumsi sesudah makan jika kamu memiliki masalah pada pencernaan.

Rentang harga: Rp12.700 – Rp14.000 per strip.

Dapatkan Panadol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Polysilane 8 Tablet

Rekomendasi obat sakit dada selanjutnya adalah Polysilane 8 Tablet. Obat ini efektif membantu mengatasi sakit dada akibat asam lambung, perut kembung, gangguan pencernaan, dan rasa tidak nyaman di perut.

Polysilane mengandung bahan aktif silikon dioksida, yang bekerja dengan cara meredakan gejala asam lambung. Obat ini mampu meredakan sakit dada akibat asam lambung dengan mengurangi gas di perut.

Aturan pakainya sebelum makan saat perut kosong. Konsumsi dengan cara dikunyah 3-4 kali sehari 1-2 tablet untuk dewasa dan 2 tablet per hari untuk anak-anak di atas 4 tahun.

Rentang harga: Rp10.600 per strip.

Dapatkan Polysilane 8 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Ketahui juga rekomendasi obat sakit dada yang terjadi karena naiknya asam lambung dalam artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh di Apotek.

3. Lanpracid 30 mg 10 Kapsul

Lanpracid 30 mg 10 Kapsul adalah obat sakit dada yang mengandung zat aktif berupa lansoprazole.

Lansoprazole merupakan obat golongan proton pump inhibitor untuk mengatasi gejala tukak duodenum dan tukak lambung ringan.

Lanpracid mengandung 30 mg lansoprazole yang bisa diminum pagi hari sebelum makan.

Dosis penggunaan sesuai dengan gangguan kesehatan yang mendasari dan intensitas keparahan gejalanya.

Rentang harga: Rp152.300 per strip.

Dapatkan Lanpracid 30 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Episan Suspensi 100 ml

Episan Suspensi 100 ml adalah obat yang mengandung sukralfat. Sukralfat bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada tukak untuk melindunginya dari asam, garam empedu, dan enzim pencernaan yang bisa memperparah luka. 

Penggunaan obat harus sesuai dengan petunjuk dan rekomendasi dokter. Umumnya sebanyak 2 sendok takar 4 kali sehari. Minum saat lambung kosong, yakni 1 jam sebelum makan dan sebelum tidur.

Rentang harga: Rp72.000 per botol.

Dapatkan Episan Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Symbicort 80 mcg/4.5 mcg

Symbicort 80 mcg/4.5 mcg adalah obat sakit dada golongan inhalasi kortikosteroid (ICS). Obat ini bekerja dengan menekan inflamasi pada saluran pernapasan. 

Sedangkan, formoterol merupakan golongan long-acting beta agonist (LABA).

Formoterol membantu pembukaan dan relaksasi dari otot pada saluran pernapasan, sehingga mempermudah pernapasan. 

Per dosis semprot atau inhalasi mengandung 80 mg budesonide dan 4.5 mcg formoterol fumarate. Cara menggunakannya dengan disemprotkan ke dalam mulut sambil dihirup.

Rentang harga: Rp386.900 – Rp524.800 per 2 box.

Dapatkan Symbicort 80 mcg/4.5 mcg 60 Dosis 2 Box (1 Turbuhaler/Box) – Obat Rutin di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit dada yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi gejala nyeri. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Chest Pain.
Healthline. Diakses pada 2024. What Are the Causes of Chest Pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan