5 Cara Efektif untuk Mencegah Terjadinya Stress Eating

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Agustus 2021
5 Cara Efektif untuk Mencegah Terjadinya Stress Eating5 Cara Efektif untuk Mencegah Terjadinya Stress Eating

“Stress eating adalah makan tidak terkontrol akibat emosi yang berlebihan. Ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Satu-satunya cara dengan mengontrol serta mengelola emosi negatif. Mengetahui penyebab stres serta menemukan pelampiasan lain selain makan dapat membantu menekan hasrat makan.”

Halodoc, Jakarta – Stress eating adalah makan sebagai cara untuk menekan atau menenangkan emosi negatif, seperti stres, kemarahan, ketakutan, kebosanan, kesedihan dan kesepian. Peristiwa besar dalam hidup atau kejadian menyebalkan yang terjadi sehari-hari dapat memicu emosi negatif yang mengarah pada stress eating. 

Stress eating tidak hanya bisa berdampak pada obesitas, melainkan juga kesehatan secara keseluruhan. Adakah cara efektif untuk mencegah terjadinya stress eating? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Berapa Berat Badan yang Dikategorikan Obesitas?

1. Ketahui Penyebab Stres

Mengetahui penyebab stres bisa mencegah terjadinya stress eating. Hal ini karena kamu jadi tahu tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan sering makan. Misalnya setiap kali kesal atau sedih kamu pasti lari ke makanan. Jadi, kenali emosimu dan coba untuk mengabaikan keinginan untuk makan.

2. Manajemen Stres

Ketimbang lari ke makan, kamu bisa mencoba pelampiasan lain. Misalnya dengan melakukan olahraga atau curhat dengan teman. Kalau curhat dengan teman tidak terlampiaskan atau seringnya malah diselingi makan, ada baiknya kamu melampiaskannya ke hal lain. Yoga atau mendengarkan musik sambil menari bisa jadi pelampiasan yang baik.

Baca juga: Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak

3. Camilan Sehat

Jika kamu merasa ingin mengunyah sesuatu, pilihlah camilan yang sehat, seperti buah segar, salad dengan dressing rendah lemak, kacang-kacangan atau popcorn tanpa mentega. Coba versi rendah kalori dari makanan favoritmu untuk melihat apakah ini dapat memuaskan keinginan stress eating-mu.

4. Minum Air

Mempertahankan hidrasi membantu kamu mencegah makan berlebihan yang berhubungan dengan stres. Faktanya, penelitian telah menemukan hubungan antara dehidrasi kronis dan peningkatan risiko obesitas. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati, perhatian, tingkat energi yang juga dapat memengaruhi kebiasaan makan. 

5. Menuliskan Kekesalan

Stress eating berkaitan dengan emosi, dan untuk mengendalikan supaya kamu tidak makan tanpa kontrol kamu harus mengeluarkan emosi tersebut. Cobalah menuliskan semua kekesalanmu. Tidak perlu terstruktur dan cermati emosimu serta alihkan ke hal lain.

Nah, kalau dengan melakukan langkah-langkah ini stress eating-mu tetap tidak dapat dikendalikan, cobalah untuk kontak Halodoc, dokter dan psikolog terbaik akan memberikan saran untukmu. Kamu juga bisa membeli obat lewat melalui aplikasi Halodoc!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Weight loss: Gain control of emotional eating
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Ways to Prevent Stress Eating When You’re Stuck at Home

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan