• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Beberapa tahun belakangan ini kesehatan mental mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, kesehatan mental bukanlah suatu gangguan yang dapat dilihat tandanya secara jelas. Banyak gangguan mental yang dapat terjadi pada orang yang terlihat sehat, seperti perasaan gelisah, depresi, dan sebagainya.

Memang, faktor mental banyak memengaruhi seseorang meskipun tidak terlihat secara fisik. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental agar dapat memastikan kelangsungan hidup. Berikut adalah pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan mental yang dapat kamu lakukan!

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangat berhubungan erat dengan kelangsungan psikologis untuk keberlangsungan hidupmu. Hal ini juga dapat berhubungan dengan cara kamu mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Memang, umumnya seseorang yang mengalami gangguan pada kesehatan mental akan mencari dukungan dari psikolog.

Walau begitu, beberapa kebiasaan juga dapat kamu lakukan agar mental kamu lebih sehat, sehingga semua masalah yang mungkin timbul dapat dicegah. Pencegahan dini juga dilakukan agar penyakit mental yang terjadi tidak berkembang menjadi lebih parah. Maka dari itu, berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental:

  1. Tekankan Suatu yang Positif pada Diri Sendiri

Salah satu yang dapat kamu lakukan sebagai cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menekankan sesuatu yang positif pada diri sendiri. Sesuatu yang kamu tanamkan pada pikiran kamu akan berdampak kuat pada perasaan yang timbul. Maka dari itu, dengan terus-menerus memikirkan hal yang positif, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik, terutama dari segi kesehatan mental.

  1. Berolahraga secara Teratur

Kamu juga dapat melakukan olahraga secara teratur yang merupakan cara menjaga kesehatan mental. Hal tersebut karena olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur setiap orang, sehingga membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan produksi endorfin pada tubuh sehingga suasana hati lebih baik. Cobalah untuk berolahraga 30 menit setiap harinya untuk mental yang lebih baik.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

  1. Perbanyak Teman agar Tidak Kesepian

Salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan mental adalah rasa kesepian dan merasa terisolasi, sehingga berkembang menjadi rasa cemas dan tertekan. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan mental yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbanyak teman agar rasa sepi tersebut hilang karena selalu ada teman yang ingin menemani.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal cara menjaga kesehatan mental, psikolog dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Menyehatkan

Dengan memastikan asupan yang masuk ke tubuh kamu selalu sehat dan nikmat, maka kamu juga dapat mempunyai kesehatan mental yang lebih baik. Hal tersebut karena otak, yang merupakan faktor memengaruhi mental, menjadi lebih sehat. Karbohidrat yang masuk dapat meningkatkan serotonin sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Protein juga dapat meningkatkan norepinefrin, dopamin, serta tirosin.

  1. Beristirahat Sejenak

Umumnya, gangguan pada kesehatan mental dapat terjadi disebabkan oleh perasaan stres yang bertumpuk. Maka dari itu, kamu dapat menjadi lebih baik setelah beristirahat sejenak dari beberapa hal yang menimbulkan tekanan tersebut. Setelah perasaan stres tersebut hilang, kamu akan menjadi lebih baik dan siap untuk menyelesaikan semua beban yang ada.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Setelah kamu mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan mental, ada baiknya kamu lakukan sesegera mungkin. Dengan langkah positif ini, kamu dapat mempertahankan kesehatan emosi agar menjadi lebih baik. Jangan tunggu hingga kesehatan mental kamu menjadi taruhannya karena gangguan yang semakin kritis.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. 9 Ways You Can Improve Your Mental Health Today
Success. Diakses pada 2019. How to Improve Your Mental Health: 9 Keys to Your Well-Being