Ini 5 Rekomendasi Serum yang Ampuh untuk Mencerahkan Wajah

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 September 2023

“Banyak produk kecantikan yang mampu membantu untuk mencerahkan kulit. Contohnya serum Avoskin Your Skin Bae Vitamin, hingga Somethinc 5% Niacinamide, hingga Illuminare Brightening.”

Ini 5 Rekomendasi Serum yang Ampuh untuk Mencerahkan WajahIni 5 Rekomendasi Serum yang Ampuh untuk Mencerahkan Wajah

DAFTAR ISI

Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah


Halodoc, Jakarta – Produk pencerah wajah, seperti serum, merupakan “senjata” wajib untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Serum yang mampu mencerahkan wajah, biasanya bekerja mengurangi pigmen bernama melanin di kulit. 

Serum pencerah kulit banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Contohnya seperti bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, atau perubahan warna kulit yang berhubungan dengan hormon. 

Lantas, apa saja sih serum untuk memutihkan wajah?

Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah

Ada berbagai rekomendasi serum untuk wajah kusam yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract Serum 30 ml

Avoskin Your Skin Bae Vitamin C menjadi salah satu serum yang bagus untuk wajah. Penggunaan serum ini secara rutin mampu mencerahkan kulit wajah sehingga terhindar dari kondisi kusam.

Serum ini mengandung vitamin C, niacinamide, dan mandarin orange extract yang bisa menghambat produksi melanin sehingga membantu mencerahkan kulit lebih optimal.

Rentang harga: Rp109.900-Rp154.300 per botol.

Dapatkan Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract Serum 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Scarlett Glowtening Serum 15 ml

Serum untuk mencerahkan wajah lainnya adalah Scarlett Glowtening. Serum ini mengandung Tranexamide Acid, Niacinamide, Aloe Vera Extract, Allantoin, Licorice Extract, Calendula Oil, Geranium Oil, Olive Oil

Cara penggunaannya cukup teteskan 2-3 serum pada telapak tangan. Kemudian, ratakan dan usapkan pada wajah. Pijat lembut hingga serum menyerap pada wajah.

Rentang harga: Rp60.500-Rp88.500 per botol.

Dapatkan Scarlett Glowtening Serum 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Clinelle WhitenUp Brightening Serum 20 ml

Clinelle WhitenUp Brigtening Serum menjadi salah satu serum yang bagus untuk mencerahkan wajah. Serum ini berfungsi untuk menyamarkan garis halus dan kerutan.

Uniknya, serum untuk mencerahkan wajah ini mudah menyerap pada kulit, sehingga tampak lebih berseri.

Rentang harga: Rp231.000-Rp366.700.

Dapatkan Clinelle WhitenUp Brightening Serum 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Illuminare Brightening Serum 30 g

Illuminare Brightening Serum merupakan serum untuk mencerahkan wajah yang mengandung berbagai kandungan, salah satunya alpha arbutin. Kandungan tersebut mampu menutrisi kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit.

Rentang harga: Rp119.700-Rp126.000 per botol.

Dapatkan Illuminare Brightening Serum 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Namun, sebelum menggunakan perawatan kulit, pastikan kamu mengetahui urutan basic skincare yang tepat melalui artikel ini “Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya”.

5. Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 20 ml

Somethinc 5% Niacinamide memiliki kandungan niacinamide dan sabi beet yang berguna untuk mencerahkan kulit sehingga tidak lagi kusam.  Kedua kandungan ini merupakan paduan kandungan aktif yang memiliki manfaat untuk memperbaiki tekstur kulit, menguatkan skin barrier, dan menyamarkan noda maupun flek hitam di wajah.

Memiliki tekstur yang ringan, serum ini dapat dengan mudah menyerap di dalam kulit dan aman untuk pemakaian sehari-hari. Cukup tuangkan serum ke telapak tangan dan baurkan secara merata ke area wajah.

Rentang harga: Rp119.700-Rp126.000 per botol.

Dapatkan Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 20 mldi Toko Kesehatan Halodoc.

Kandungan Serum yang Mampu Mencerahkan Wajah

Ada beberapa kandungan serum yang mampu mencerahkan wajah. Kandungan yang perlu kamu ketahui di antaranya:

1. Niacinamide

Niacinamide efektif mengubah kulit kusam, warna kulit tidak merata, jadi tampak cerah dan bercahaya.

Sebenarnya niacinamide adalah vitamin B3 dan merupakan salah satu kandungan perawatan kulit yang efektif untuk mengurangi kontras bintik hitam atau hiperpigmentasi.  

Selain mampu mencerahkan kulit wajah, niacinamide dapat mengecilkan tampilan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Selain itu, ia juga bisa menyamarkan garis-garis kerutan halus, sekaligus meratakan warna kulit.

2. Vitamin C

Kulit yang cerah membutuhkan vitamin C. Kandungan vitamin C dan turunannya (seperti asam askorbat, ascorbyl glukosida, ascorbyl palmitate), adalah antioksidan kuat yang menjaga kulit tampak cerah bercahaya. 

Vitamin C akan membuat warna kulit jadi merata, lembut, dan kenyal. Jika dikombinasikan dengan kolagen, maka kinerja vitamin C lebih maksimal hingga membuat kulit kencang dan kenyal.

Menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin C harus menjadi rutinitas kecantikan.

3. Retinol

Retinol bekerja untuk meningkatkan pergantian sel di lapisan atas kulit dan memicu regenerasi sel di lapisan dasar kulit wajah.

Setiap lapisan kulit diperbarui dan semakin dekat ke permukaan, kulit tampak lebih cerah dan bersih. Bekas luka atau jerawat pun akan semakin memudar.  

Retinol paling baik diaplikasikan di malam hari. Namun, hindari mengkombinasikan retinol dengan produk yang mengandung AHA, BHA, dan vitamin C. Pastikan juga untuk mengaplikasikan sunscreen di pagi harinya. 

Cari tahu manfaat serum wajah melalui artikel ini Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit.

4. Azelaic acid

Kandungan pencerah wajah ini berasal dari gandum, asam azelaic memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan tersebut efektif untuk mengatasi kemerahan dan warna kulit tidak merata yang disebabkan oleh jerawat, rosacea, dan melasma. 

Azelaic acid juga bersifat antibakteri dan membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Itulah sebabnya kandungan ini jadi bahan ideal dalam rutinitas perawatan kecantikan.

5. Alpha Arbutin

Alpha arbutin adalah bahan alami yang mengurangi produksi melanin (pigmentasi) kulit.

Kandungan ini efektif untuk memudarkan tampilan bintik hitam akibat sinar matahari dan berjerawat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengkombinasikannya dengan serum atau produk kecantikan yang mengandung vitamin C.

6. Licorice Extract 

Kandungan ini adalah bahan pencerah kulit yang umum dalam produk kecantikan. Licorice extract juga memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi produksi radikal bebas.

Ia juga menghambat melanin dan mencegah pigmentasi yang terjadi akibat sinar ultraviolet atau UVB.

Dapatkan produk-produk di atas dengan cepat dari mana saja dan kapan saja di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Ask The Scientists. Diakses pada 2024. The Best Brightening Skincare Ingredients for Glowing Skin
WebMD. Diakses pada 2024. Skin Lightening Treatments
Beautybay. Diakses pada 2021. 6 INGREDIENTS TO USE TO BRIGHTEN YOUR SKIN.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan