Ini 9 Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2024

“Vitamin B1 memiliki peran penting dalam pembentukan energi, yang pada akhirnya berdampak pada fungsi psikologis dan kognitif tubuh. Vitamin ini juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis, salah satunya penyakit jantung.”

Ini 9 Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Kesehatan TubuhIni 9 Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh membutuhkan berbagai jenis vitamin untuk menunjang kesehatan organ-organ di dalamnya, salah satunya vitamin B1 Vitamin ini atau disebut juga sebagai tiamin sangat baik untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. 

Vitamin ini penting untuk metabolisme glukosa, dan memainkan peran penting dalam fungsi saraf, otot, dan jantung. Vitamin B1 juga tergolong sebagai vitamin yang larut dalam air. Nah, kelebihan vitamin ini akan dibawa melalui aliran darah menjadi urine.

Mau tahu apa saja manfaat lainnya dari vitamin B1? Berikut ulasannya!

Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Tubuh

Ada berbagai manfaat vitamin B1 bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, antara lain: 

1. Meningkatkan produksi energi

Menurut jurnal ilmiah berjudul Vitamins and Minerals for Energy, Fatigue and Cognition: A Narrative Review of the Biochemical and Clinical Evidence yang dipublikasikan di MDPI Journal, vitamin dan mineral sangat penting bagi tubuh. Sebab, memainkan peran penting dalam berbagai jalur metabolisme dasar yang mendukung produksi energi. Salah satu vitamin yang berperan penting dalam produksi energi adalah vitamin B1. 

Secara khusus, keterlibatan vitamin B1 dalam metabolisme dapat menghasilkan energi, sintesis DNA, transportasi oksigen, dan fungsi saraf yang menjadikannya penting untuk fungsi otak dan otot. 

Hal-hal ini pada gilirannya berdampak pada proses kognitif dan psikologis, termasuk kelelahan mental dan fisik. Itulah sebabnya jika kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan gejala terkait penurunan kognitif dan gangguan psikologis. 

Mau tahu apa saja rekomendasi vitamin B yang bagus? Baca selengkapnya di artikel ini: “Berbagai Pilihan Suplemen Vitamin B yang Bagus

2. Mengurangi efek sepsis

Studi berjudul Thiamine for Septic Shock: Take Your Vitamins? dalam American Thoracic Society Journal mengatakan, sepsis merupakan penyebab utama kematian di rumah sakit. Tidak hanya penggunaan antibiotik yang tepat, pemberian tiamin atau vitamin B1 juga dapat mengatasi sepsis. 

Tiamin adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam pembangkitan energi dan regulasi transkripsi gen. Kekurangan asupan vitamin ini dapat menyebabkan gangguan metabolisme sel dan disfungsi organ.

Pemberian tiamin dapat mengurangi konsentrasi laktat pada pasien yang sakit kritis, dan bermanfaat bagi pasien dengan syok septik yang memiliki peningkatan risiko defisiensi tiamin. Seperti apa ciri-ciri orang yang kekurangan vitamin B? Waspada, Ini Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B.

3. Membantu melawan depresi

Mengonsumsi suplemen vitamin B1 bersama dengan antidepresan sangat efektif untuk mencegah dan meredakan efek depresi. Vitamin B1 dapat membantu meredakan gejala lebih cepat sambil menstabilkan suasana hati. Kekurangan vitamin B1 dapat menurunkan mood dan suasana hati.

Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian berjudul Adjuvant thiamine improved standard treatment in patients with major depressive disorder: results from a randomized, double-blind, and placebo-controlled clinical trial yang dipublikasikan di Springer Nature

Hasil penelitian tersebut menunjukkan sebanyak 51 pasien dengan kondisi depresi, mengalami peningkatan kesehatan yang stabil setelah menjalani 6 minggu pengobatan dengan tiamin.

4. Aman untuk pengidap diabetes

Jika kamu mengidap diabetes, kamu sebaiknya mengonsumsi lebih banyak tiamin. Para ahli menunjukkan, gula darah tinggi dan kadar insulin akan membaik setelah mengonsumsi vitamin B1 selama 6 minggu.

Vitamin ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung pada pengidap diabetes.

Ada berbagai obat diabetes yang efektif untuk menurunkan gula darah. Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

5. Mencegah risiko penyakit jantung

Vitamin B1 adalah penghasil asetilkolin. Ini adalah senyawa yang membantu tubuh menyampaikan pesan antara saraf dan otot.

Tanpa senyawa ini, jantung tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Kekurangan vitamin B1 adalah salah satu penyebab fungsi jantung tidak bekerja dengan baik.‌

6. Meningkatkan daya ingat

Mendapatkan cukup tiamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Karena efek positifnya pada fungsi otak, vitamin ini dikenal sebagai morale vitamin.

7. Menjaga sistem metabolisme tetap sehat 

Tubuh membutuhkan vitamin B1 untuk membuat ATP yang merupakan molekul pembawa energi utama tubuh. Ini membantu dalam konversi karbohidrat menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi pilihan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga metabolisme berjalan lancar. Ini juga membantu memecah protein dan lemak.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Vitamin B1 kadang-kadang disebut sebagai vitamin “anti-stres”. Alasannya karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stres. 

Selain itu, vitamin B1 dapat membantu menjaga tonus otot di sepanjang dinding saluran pencernaan, tempat sebagian besar sistem kekebalan tubuh berada. Kesehatan sistem pencernaan sangat penting untuk penyerapan vitamin B1. 

Saluran pencernaan yang sehat memungkinkan tubuh memperoleh nutrisi dari makanan dengan lebih baik, yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah kita sakit.

9. Melindungi otak 

Tiamin membantu menjembatani kesenjangan antara koneksi otak-tubuh. Ini dapat membantu melawan suatu bentuk kerusakan otak yang disebut Sindrom Cerebellar. 

Vitamin B1 juga membantu perkembangan selubung mielin, yaitu lapisan yang membungkus saraf untuk melindunginya dari kerusakan dan kematian. Tiamin juga terkenal dapat meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat. 

Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B1

Sumber alami vitamin B1 terkandung pada biji-bijian, daging, tuna, salmon, dan kacang-kacangan.  Selain itu, vitamin B1 dapat terkandung ke dalam sereal yang telah diperkaya dengan vitamin B1 dan juga 6 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin B.

Berikut adalah jenis makanan lain yang kaya akan vitamin B1:

  • Ikan.
  • Kacang lentil.
  • Kacang hijau.
  • Roti, mie, nasi.
  • Biji bunga matahari.
  • Yoghurt.
  • Tofu.
  • Asparagus.
  • Mussels.
  • Hati sapi.

Jenis makanan yang mengandung vitamin B1 lainnya bisa dibaca di artikel: “4 Makanan yang Mengandung Vitamin B1 yang Jarang Diketahui.”Itulah penjelasan tentang manfaat vitamin B1 bagi tubuh. Apabila kamu perlu konsultasi terkait asupan nutrisi, cobalah berkonsultasi ke dokter spesialis nutrisi. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2023. Vitamin B1.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Thiamine.
Healthline. Diakses pada 2023. What Does Vitamin B-1 Do?
Mount Sinai.org. Diakses pada 2023. Vitamin B1 (Thiamine).
WebMD. Diakses pada 2023.Health Benefits of Vitamin B1.
Rejuvii. Diakses pada 2023. 10 Amazing Benefits of Vitamin B1 Thiamine.
MDPI Journal. Diakses pada 2023. Vitamins and Minerals for Energy, Fatigue and Cognition: A Narrative Review of the Biochemical and Clinical Evidence.
American Thoracic Society Journal. Diakses pada 2023. Thiamine for Septic Shock: Take Your Vitamins?
Springer Nature. Diakses pada 2023. Adjuvant thiamine improved standard treatment in patients with major depressive disorder: results from a randomized, double-blind, and placebo-controlled clinical trial.
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2023. Thiamin – Vitamin B1.Medical News Today. Diakses pada 2023. Which foods are the best for vitamin B1?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan