• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Alami Redakan Kaki Bengkak?

Adakah Cara Alami Redakan Kaki Bengkak?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu melihat pergelangan kaki atau betis kamu membengkak seakan itu bukanlah kakimu? Kondisi ini umum terjadi, terutama pada ibu hamil. Pembengkakan pada kaki membuat tidak tidak nyaman, dan terkadang hal ini membuat kamu tidak bisa bergerak bebas. 

Pembengkakan (edema) terjadi ketika tubuh menahan cairan, misalnya di kaki. Penyebabnya banyak, seperti akibat berdiri terlalu lama, menggunakan sepatu yang tidak pas, kehamilan, faktor gaya hidup, atau kondisi medis tertentu. Kondisi ini bukan situasi darurat. Nah, buat kamu yang kerap mengalami kaki bengkak, berikut ini terdapat cara untuk meredakan kaki bengkak yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga: Wajarkah Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak 

Meskipun kaki bengkak biasanya sembuh dengan sendirinya, ada pengobatan rumahan untuk mengurangi pembengkakan lebih cepat. Melansir Healthline, ini cara yang bisa kamu lakukan: 

  • Minum Air Putih. Meskipun terlihat berlawanan, tetapi dengan mendapatkan cairan yang cukup, maka dapat membantu mengurangi pembengkakan. Ketika tubuh kamu tidak cukup minum, ia akan menahan cairan yang dimilikinya, sehingga menyebabkan pembengkakan. Oleh karena itu, minumlah air putih secukupnya setiap hari. 
  • Gunakan Kaus Kaki Kompresi. Kaus kaki kompresi dapat ditemukan di toko obat atau bahkan dibeli secara online. Mulailah dengan kaus kaki kompresi antara 12 hingga 15 mm atau 15 hingga 20 mm merkuri. Mereka tersedia dalam berbagai bobot dan kompresi, jadi mungkin yang terbaik untuk memulai dengan kaus kaki yang lebih ringan. 
  • Rendam dengan Garam Epsom. Garam Epsom (magnesium sulfat) tidak hanya membantu mengatasi nyeri otot, tetapi juga mengurangi pembengkakan dan peradangan. Garam Epsom mengeluarkan racun dan meningkatkan relaksasi. Lakukanlah perendaman selama sekitar 15 hingga 20 menit
  • Tinggikan Kaki, Lebih Tinggi dari Jantung. Letakkan kaki di bantal, atau benda-benda seperti buku telepon, ketika kamu tidur. Jika kamu ingin mengurangi pembengkakan kaki saat hamil, coba angkat kaki beberapa kali sehari juga. Lakukan sekitar 20 menit setiap kalinya, bisa di atas sandaran kursi atau tempat lain yang lebih tinggi.  Selain itu, pastikan kamu tidak berdiri dalam waktu yang lama. 

Baca juga: Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

  • Bergerak. Apabila kamu duduk atau berdiri di satu area untuk waktu yang lama seperti di tempat kerja, ini dapat menyebabkan kaki bengkak. Cobalah untuk bergerak sedikit setiap jam. 
  • Konsumsi Suplemen Magnesium. Saat tubuh menahan air, ini bisa jadi karena tubuh tengah kekurangan magnesium. Mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium bisa membantu meredakan bengkak.  Nah, makanan kaya magnesium yang bisa dikonsumsi lebih rutin saat kaki bengkak, di antaranya kacang almond, tahu, kacang mete, bayam, coklat hitam, brokoli, dan alpukat. Konsumsi 200 hingga 400 miligram magnesium setiap hari membantu mengurangi pembengkakan. Tetapi sebelum kamu konsumsi suplemen apa pun, tanyakan kepada dokter. Kamu bisa chat dengan dokter di Halodoc, Sebab, suplemen magnesium tidak selalu cocok untuk semua orang, terutama jika kamu memiliki penyakit ginjal atau jantung.
  • Mengurangi Garam. Mengurangi asupan natrium dalam garam juga akan membantu mengurangi pembengkakan di tubuh. Pilihlah makanan favorit kamu versi rendah garam, dan cobalah untuk tidak menambahkan garam ke dalam makanan.
  • Pijat Kaki. Memijat kaki juga baik untuk kaki bengkak dan membuatnya menjadi lebih rileks. Pijat atau mintalah seseorang memijat kaki kamu ke arah jantung dengan tekanan yang agak keras. Cara ini membantu memindahkan cairan keluar dari area kaki dan mengurangi pembengkakan.
  • Konsumsi Makanan Tinggi Kalium. Kekurangan kalium juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan retensi air. Untuk itu, perhatikanlah makanan yang kamu konsumsi. Pastikan mereka mengandung kalium. Makanan kaya kalium yang bisa kamu coba, seperti ubi jalar, pisang, ikan salmon, jus jeruk, susu rendah lemak, soda, dan daging ayam. 

Baca juga: 4 Penyakit yang Sebabkan Kaki Bengkak

Namun, jika cara di atas tetap tidak bisa mengatasi kaki bengkak, segera periksakan diri ke rumah sakit. Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Swollen Feet.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Best Fixes for Pain and Swelling in Your Feet and Ankles.