Adakah Efek Samping yang Disebabkan Asam Mefenamat?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2021
Adakah Efek Samping yang Disebabkan Asam Mefenamat?Adakah Efek Samping yang Disebabkan Asam Mefenamat?

Halodoc, Jakarta - Asam mefenamat adalah salah satu obat yang biasanya diresepkan oleh dokter guna meredakan nyeri ringan hingga sedang, termasuk nyeri haid. Asam mefenamat termasuk dalam kelas obat yang disebut NSAID dan ia bekerja dengan menghentikan produksi zat yang menyebabkan rasa sakit, demam, dan pembengkakan oleh tubuh.

Asam mefenamat hadir dalam kapsul untuk diminum. Biasanya, obat ini diminum dengan makanan setiap 6 jam sesuai kebutuhan hingga 1 minggu. Sangat disarankan agar kamu mengikuti petunjuk pada label resep dengan hati-hati, atau menanyakannya pada dokter atau apoteker jika ada hal yang belum kamu pahami. Sebab kamu tidak boleh mengonsumsi lebih banyak atau lebih sedikit atau lebih sering daripada yang diresepkan oleh dokter. Jika tidak, efek samping bisa terjadi.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Konsumsi Pereda Nyeri 

Efek Samping Asam Mefenamat

Asam mefenamat akan membantu mengurangi pembengkakan dengan menurunkan kadar prostaglandin, zat mirip hormon yang biasanya menyebabkan peradangan. Ada efek samping paling umum yang terjadi dengan asam mefenamat meliputi:

  • Sakit perut.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Maag.
  • Sembelit.
  • Diare.
  • Ruam.
  • Pusing.
  • Tinnitus.

Efek samping ringan mungkin hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Namun ada beberapa efek samping serius yang harus segera diberikan pertolongan oleh dokter. 

Baca juga: Pentingnya Pilih Pereda Nyeri yang Aman untuk Lambung

Potensi Efek Samping Parah

Selain efek samping ringan di atas, ada juga beberapa efek samping parah yang bisa terjadi. Beberapa efek samping tersebut antara lain: 

Gangguan Jantung

Faktanya, asam mefenamat dapat meningkatkan risiko masalah jantung, termasuk serangan jantung, stroke, gagal jantung, atau pembekuan darah. Kondisi tersebut bisa berakibat fatal. Risiko juga dapat meningkat jika kamu sudah memiliki penyakit jantung atau telah minum obat dalam jangka waktu lama atau dalam dosis tinggi.

Kamu juga tidak boleh mengonsumsi asam mefenamat untuk mengobati nyeri sebelum menjalani operasi cangkok bypass koroner. Ini adalah operasi jantung yang dilakukan untuk meningkatkan aliran darah ke jantung. Mengonsumsi asam mefenamat sekitar waktu operasi akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Masalah Perut yang Berpotensi Fatal

Asam mefenamat dapat meningkatkan risiko masalah perut, seperti pendarahan, atau lubang kecil di lapisan perut atau usus (tukak lambung). Kondisi tersebut bisa berakibat fatal. Mereka dapat terjadi kapan saja dan tanpa tanda atau gejala peringatan. Jika obat ini dikonsumsi orang yang berusia 65 tahun atau lebih, ia mungkin memiliki peluang lebih besar untuk mengalami masalah perut yang parah.

Kerusakan Hati

Asam mefenamat dapat merusak hati. Dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk memantau hati dan memastikan obat ini aman. Namun, segera hubungi dokter segera jika melihat gejala kerusakan hati, seperti:

  • Mual.
  • Kelelahan.
  • Gatal.
  • Menguningnya kulit atau area putih mata.
  • Sakit di perut bagian atas.
  • Muncul gejala mirip flu, seperti demam, menggigil, dan nyeri tubuh.

Reaksi Kulit yang Berbahaya

Seseorang juga dapat mengalami efek samping pada kulit. Segera dapatkan bantuan medis darurat jika muncul gejala seperti:

  • Reaksi kulit yang parah.
  • Ruam yang merah, bengkak, mengelupas, atau melepuh.

Kondisi ini mungkin mengindikasikan kelainan kulit yang parah seperti dermatitis eksfoliatif, sindrom Stevens-Johnson, atau nekrolisis epidermal toksik, yang bisa berakibat fatal.

Selain itu, ibu hamil juga tidak boleh menggunakan asam mefenamat, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Sebab obat ini dapat menyebabkan pembuluh darah yang memasok nutrisi dan oksigen ke janin menutup terlalu dini.

Baca juga: 6 Langkah Sederhana untuk Meredakan Nyeri Haid

Meski memiliki efek samping, asam mefenamat tetap memiliki manfaat dan kadang lebih besar manfaat daripada efek sampingnya. Oleh karena itu, jika dokter meresepkan obat, segera tebus obat tersebut di toko kesehatan Halodoc. Dengan layanan antar, semua pesanan obat dan suplemen kamu akan dikirimkan ke rumah kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Mefenamic Acid.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Mefenamic Acid.
Medine Plus. Diakses pada 2021. Mefenamic Acid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan