• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Pilih Pereda Nyeri yang Aman untuk Lambung

Pentingnya Pilih Pereda Nyeri yang Aman untuk Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Obat pereda nyeri merupakan obat yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri haid, sakit gigi, sakit pinggang, atau nyeri-nyeri pada bagian tubuh lain. Obat pereda rasa nyeri sendiri terbagi menjadi beberapa golongan, yaitu paracetamol, ibuprofen, serta aspirin. Obat ini bekerja dengan menghalangi efek zat kimia tubuh yang menyebabkan rasa sakit.

Tak hanya mengatasi rasa nyeri, obat ini juga bekerja dengan mengurangi pembengkakan, sehingga rasa sakit pun berkurang. Obat pereda nyeri memang memiliki manfaat yang banyak, tapi perlu hati-hati dalam menggunakannya. Apalagi bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit lambung. Pengidap penyakit tersebut harus ekstra hati-hati dalam memilih obat. Jika tidak, alih-alih sembuh, pengidap justru semakin meronta karena rasa perih pada lambungnya.

Memilih obat untuk pengidap penyakit lambung memang bukan perkara mudah. Pasalnya, mereka akan sangat sensitif dengan zat-zat tertentu pada makanan, minuman, bahkan obat sekalipun. Jika salah memilih, produksi asam lambung akan langsung meningkat yang berakhir pada keluhan, akibat asam lambung yang dialami. Bagi pengidap asam lambung, ketahui tips aman memilih obat berikut ini.

Baca juga: Begini Cara Aman Minum Obat Saat Demam

 

Pengobatan Nyeri yang Aman untuk Lambung

Sebelum mengonsumsi, pengidap perlu mengetahui bahwa setiap produk obat pereda rasa nyeri memiliki “bahan aktif”, yaitu kandungan dalam obat yang dapat meredakan nyeri secara efektif. Bagi pengidap penyakit tertentu, terutama pengidap penyakit lambung, bijaklah dalam memilih dan menentukan obat. Pilih obat dengan kandungan bahan aktif yang sesuai untuk meredakan keluhan yang kamu alami, bukan memperparah.

Terkait dengan hal tersebut, salah satu obat yang direkomendasikan untuk pengidap sakit lambung adalah Panadol Extra. Panadol jenis ini dikenal dengan panadol merah yang mampu meredakan nyeri pada tubuh secara efektif, karena mengandung bahan aktif 500 miligram paracetamol dan 65 miligram kafein. Jangan langsung khawatir ketika membaca kandungan kafein di dalamnya, ya!

Kafein dalam obat ini aman dikonsumsi bagi pengidap penyakit lambung. Perlu diketahui, batas konsumsi aman kafein bagi pengidap penyakit lambung adalah sebanyak 100-200 miligram setiap harinya. Jadi, 65 miligram merupakan jumlah yang aman untuk dikonsumsi. Panadol akan ramah bagi lambung, jika dikonsumsi sesuai dosis dan anjuran pakai.

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

 

Kandungan dan Cara Pakai yang Tepat

Panadol Extra tak hanya mengandung paracetamol dan kafein yang aman dikonsumsi bagi pengidap penyakit lambung. Obat ini juga diolah tanpa kandungan gluten, laktosa, gula, atau ibuprofen.

Karena Panadol dijual bebas, perlu aturan pakai yang bijak agar obat ini bekerja secara efektif untuk tubuhmu. Aturan pakainya adalah 1 kaplet setiap kali minum dan obat ini dapat diminum sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Selain itu, konsumsi maksimal obat ini adalah sebanyak 8 kaplet dalam 24 jam. Untuk mendapatkannya, kamu enggak perlu repot keluar rumah, karena obat pereda rasa nyeri ini bisa kamu beli dengan mudah di aplikasi Halodoc!

Baca juga: Efek Samping Konsumsi Obat Antibiotik dalam Waktu Lama

 

Pilihan Makanan yang Tepat

Tak hanya obat, pengidap penyakit lambung memerlukan makanan pendukung untuk mencegah dan mengatasi timbulnya gejala. Berikut beberapa makanan yang disarankan bagi pengidap penyakit lambung:

  • Oatmeal. Makanan ini kaya serat dan mampu menyerap asam lambung, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.
  • Jahe. Kandungan anti inflamasi dalam jahe mampu mengatasi asam lambung dan masalah pada pencernaan.
  • Lidah buaya. Makanan ini dapat kamu konsumsi dalam bentuk minuman, atau dicampur dengan olahan makanan.
  • Sayuran hijau. Makanan jenis ini dapat menurunkan asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan.
  • Pisang. Kandungan pH di dalamnya membuat pisang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Tak hanya pisang, pengidap asam lambung juga dapat mengonsumsi pir, melon, atau apel.
  • Roti gandum. Selain mengandung serat tinggi, roti gandum mengandung banyak vitamin dan nutrisi baik yang mampu mempertahankan kesehatan lambung.

Tak hanya obat dan makanan yang mampu mencegah dan mengatasi asam lambung. Pengidap juga perlu memperhatikan kesehatannya dengan tidak merokok, mengonsumsi alkohol, dan terapkan pola hidup sehat.

Referensi:

Medline Plus. Diakses pada 2019. Pain Relievers.

WebMD. Diakses pada 2019. Choosing an OTC Pain Reliever: What to Consider.

Healthline. Diakses pada 2019. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.