Alami Gusi Bengkak, Ini Dokter Gigi yang Siap Bantu Pengobatan

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 Januari 2024

“Siapa saja bisa mengalami gusi bengkak. Namun, jika kondisi semakin buruk meski sudah diberi obat, ada baiknya kamu segera menghubungi dokter gigi di Halodoc untuk mendapatkan penanganan.”

Alami Gusi Bengkak, Ini Dokter Gigi yang Siap Bantu PengobatanAlami Gusi Bengkak, Ini Dokter Gigi yang Siap Bantu Pengobatan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Gusi bengkak, atau gingiva yang meradang adalah kondisi di mana jaringan gusi mengalami pembengkakan atau peradangan.

Penyebabnya beragam, mulai dari penyakit gusi (periodontitis), gigi berlubang (karies), plak dan karang gigi, kebiasaan sikat gigi yang salah, perubahan hormonal, merokok, hingga defisiensi Vitamin C. 

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gusi bengkak, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai.

Perawatan bisa melibatkan pembersihan gigi profesional, penggunaan obat kumur antiseptik, atau pengobatan khusus tergantung pada penyebabnya.

Kapan Gusi Bengkak Perlu Diperiksakan ke Dokter?

Kondisi gusi bengkak perlu segera diperiksakan ke dokter gigi jika kamu mengalami gejala berikut:

  • Pembengkakan yang berlanjut atau meningkat: Jika pembengkakan pada gusi tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi.
  • Nyeri yang intens: Jika gusi bengkak disertai dengan rasa nyeri yang hebat, ini bisa menjadi tanda adanya infeksi atau masalah serius lainnya yang memerlukan perhatian medis.
  • Perdarahan di gusi: Jika gusi bengkak disertai dengan perdarahan saat menyikat gigi atau mengunyah makanan, ini bisa menjadi tanda masalah gusi yang perlu ditangani.
  • Bau mulut yang berlebihan: Gusi bengkak yang disertai dengan bau mulut yang tidak normal dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan mulut.
  • Kemerahan yang menetap: Jika gusi terlihat merah dan peradangan dalam jangka waktu yang lama, ini bisa menjadi tanda adanya penyakit gusi.
  • Gigi terasa longgar: Jika kamu merasa salah satu gigi terasa longgar, ini bisa menandakan kerusakan pada jaringan pendukung gigi yang disebabkan oleh masalah gusi.
  • Sulit menelan atau bernapas: Jika gusi bengkak mempengaruhi daerah tenggorokan dan menyebabkan kesulitan menelan atau bernapas, ini memerlukan perhatian medis segera.

Masalah gusi yang tidak diobati dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, termasuk infeksi gigi, kerusakan jaringan pendukung gigi, atau bahkan penyakit periodontal yang parah.

Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan kondisi gusi pada dokter gigi di Halodoc untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Sementara untuk pertolongan pertama mengatasi pembengkakan gusi, kamu bisa coba obat ini: Ini Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh dan Aman.

Rekomendasi Dokter Gigi di Halodoc

Berikut ini terdapat beberapa dokter gigi yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. drg. Mervi Chandra

Mervi Chandra adalah alumnus Kedokteran Gigi Universitas Trisakti pada 2015.

Ia kini membuka praktik di Taman Sari, Jakarta Barat dan masih menjadi anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun, drg. Mervi Chandra bisa memberikan konsultasi seputar masalah mulut dan gigi, termasuk gusi bengkak. 

Chat drg. Mervi Chandra mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc.

2. drg. Ari Murdiansyah M.M

Ari Murdiansyah M.M  adalah alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya 2014. 

Ia kini membuka praktik di Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan masih menjadi anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Dengan pengalaman selama 10 tahun, drg. Ari Murdiansyah M.M bisa memberikan konsultasi seputar masalah mulut dan gigi, seperti gusi bengkak dan penyakit gusi lainnya, perawatan gigi rutin, perawatan gigi anak, dan bedah mulut. 

Chat drg. Ari Murdiansyah M.M mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc. 

3. drg. Hizrita Kusumaswari MARS

Hizrita Kusumaswari MARS adalah alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti pada 2006.

Ia kini membuka praktik di Jakarta Barat dan masih menjadi anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Dengan pengalaman selama 18 tahun, drg. Hizrita Kusumaswari MARS bisa memberikan konsultasi seputar masalah mulut dan gigi, termasuk gusi bengkak, dan penyakit gusi lainnya, perawatan gigi rutin, perawatan gigi anak, dan perawatan gigi kompleks. 

Chat drg. Hizrita Kusumaswari MARS mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc. 

4. drg. Agnes Triani

Agnes Triani adalah alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya pada 2018.

Kini membuka praktik di Gorontalo dan masih menjadi anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Dengan pengalaman selama 6 tahun, drg. Agnes Triani bisa memberikan konsultasi seputar masalah mulut dan gigi, termasuk gusi bengkak. 

Chat drg. Agnes Triani mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2024. Swollen Gums: Possible Causes and Treatments.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to do about swollen gums.
Verywell Health. Diakses pada 2024. Swollen Gums.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan