• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anxiety Menyerang, Bagaimana Cara Meredakannya?

Anxiety Menyerang, Bagaimana Cara Meredakannya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Rasa cemas sebenarnya wajar dialami pada kondisi tertentu. Namun, bagi pengidap anxiety disorder atau gangguan kecemasan, rasa cemas, gelisah, dan pikiran negatif sering kali sulit dihilangkan. Kondisi tersebut bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. 

Bentuk anxiety atau gangguan kecemasan ada bermacam-macam. Mulai dari gangguan kecemasan menyeluruh, serangan panik, hingga fobia. Semuanya punya karakteristik yang berbeda-beda, serta membutuhkan terapi dan obat-obatan. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan anxiety atau gangguan kecemasan.

Baca juga: Gangguan Kecemasan Jadi Mimpi Buruk, Ini Penyebabnya

Tips Meredakan Anxiety

Selain dengan terapi dan obat-obatan, ada beberapa cara meredakan anxiety yang bisa kamu coba, ketika anxiety menyerang. Berikut tipsnya:

1.Menarik Napas Dalam-Dalam

Cobalah menarik napas dalam-dalam agar tubuh terasa rileks dan aktivitas saraf di otak yang menyebabkan rasa cemas berkurang. Caranya, tarik napas panjang selama 5 detik, lalu tahan 3 detik, dan lepaskan perlahan-lahan dalam hitungan 5 detik. Lakukan cara ini beberapa kali hingga lebih tenang. 

2.Fokuskan Pikiran pada Aktivitas yang Dijalani

Saat anxiety menyerang, fokus pikiran akan terganggu. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut dan akhirnya menguasai pikiranmu. Usahakan untuk kembali fokus pada hal yang sedang dilakukan. Misalnya, jika sudah berencana membersihkan rumah, atau bertemu dengan teman-teman, tetaplah jalani rencana tersebut. Berdiam diri hanya akan membuat kecemasan memburuk.

Baca juga: Punya Kecemasan Sosial? Coba Siasati dengan Ini

3.Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Dalam hal ini maksudnya adalah menarik diri sejenak dari berbagai hal yang membuat cemas, untuk menenangkan diri. Misalnya, matikan ponsel, lalu lakukan meditasi, mandi air hangat, atau mendapatkan pijatan, agar pikiran kembali rileks dan anxiety mereda. Barulah setelah lebih tenang, kamu bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa.

4.Menerapkan Metode 3-3-3

Ada suatu metode yang bisa dicoba untuk meredakan anxiety, yaitu metode 3-3-3. Caranya, lihat ke lingkungan sekitarmu dan sebutkan tiga benda. Lalu, sebutkan tiga suara yang terdengar saat itu.

Kemudian, sebut tiga bagian tubuh, sambil menggerak-gerakkannya dengan santai. Metode ini membantu meredakan anxiety dan mengalihkan pikiran negatif yang membuat kamu cemas. 

5.Makan dan Minum yang Cukup

Jangan sampai lupa jadwal makan saat anxiety menyerang. Sebab, kadar gula darah yang rendah akibat terlambat makan dapat membuat kecemasan semakin memburuk.

Selain itu, pastikan juga untuk minum air putih yang cukup, karena dehidrasi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, dan tentunya memperburuk anxiety. 

Baca juga: 5 Tanda Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

6.Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol mungkin dapat memberikan efek rileks dalam jangka pendek. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, minuman ini justru dapat membuat gangguan cemas menjadi lebih berat. Jadi, sebaiknya kurangi dan kalau bisa hindari konsumsi minuman beralkohol.

Itulah tips meredakan anxiety yang bisa dicoba. Namun, efektivitas cara-cara tersebut belum tentu sama pada setiap orang dengan gangguan kecemasan. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah mengenali pencetus rasa cemas yang dialami, kemudian menentukan cara yang paling cocok untuk meredakannya.

Jika dirasa sulit, kamu sebaiknya minta bantuan ahli, seperti psikolog atau psikiater. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog tentang keluhan yang kamu alami, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
American Psychiatric Association. Diakses pada 2020. What Are Anxiety Disorders?
Psych Central. Diakses pada 2020. 9 Ways to Reduce Anxiety Right Here, Right Now.
National Institute of Mental Health. Diakses pada 2020. Anxiety Disorders.
Anxiety and Depression Association of America. Diakses pada 2020. Understanding the Facts of Anxiety Disorders and Depression is the First Step.
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Ways to Calm Your Anxiety.