• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan?

Apa Saja Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apa Saja Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan?

“Pengobatan herbal kian diminati oleh banyak orang. Salah satunya pemanfaatan daun bidara untuk mengatasi berbagai masalah. Khasiat daun bidara yang banyak dipercaya di antaranya untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, mengendalikan diabetes, hingga sebagai obat antikanker. Namun, masih diperlukan banyak penelitian untuk khasiat daun bidara tersebut.”

Halodoc, Jakarta – Daun bidara atau Ziziphus mauritiana berasal dari pohon kecil. Buahnya digunakan untuk membuat obat herbal, begitu juga daun bidara yang juga berkhasiat. Khasiat daun bidara yaitu untuk meningkatkan kekuatan otot dan berat badan, mencegah penyakit hati, dan sebagai obat penenang. 

Daun bidara juga digunakan untuk berbagai kondisi kulit. Contohnya kulit kering dan gatal, luka, dan bisul. Khasiat daun bidara juga bisa mengatasi masalah pencernaan, kurang nafsu makan, dan diare. Daun bidara juga sering digunakan sebagai resep masakan.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Khasiat Daun Bidara yang Bisa Dimanfaatkan

Meskipun penelitian tentang khasiat daun bidara untuk kesehatan masih terbatas, ada beberapa bukti bahwa ada beberapa manfaat kesehatan potensial. Berikut beberapa khasiat daun bidara yang sudah pernah diteliti:

  1. Mengobati Kecemasan

Menurut Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2000, daun bidara memiliki harapan untuk mengobati kecemasan. Dalam tes pada tikus, penulis studi mengamati bahwa senyawa yang diekstraksi dari daun bidara ada kemungkinan memiliki efek sedatif. Namun, manfaat ini pada manusia belum dikonfirmasi. 

  1. Mengendalikan Diabetes

Beberapa jenis daun bidara dapat membantu mengendalikan diabetes. Misalnya, sebuah studi berbasis tikus yang diterbitkan dalam Pharmaceutical Biology pada tahun 2010, menetapkan bahwa Ziziphus mauritiana dapat membantu mengelola diabetes dengan mengatur kadar gula darah. 

  1. Berpotensi sebagai Obat Antikanker

Sebuah laporan tahun 2015 yang terbit dalam Pharmacognosy Review meneliti potensi aktivitas anti-kanker dari buah bidara. Penulis penelitian menyimpulkan, bahwa senyawa bioaktif yang ada dalam buah (asam triterpen dan polisakarida) memiliki potensi melawan kanker pada berbagai lini sel kanker. Namun, masih diperlukan studi yang lebih banyak untuk menentukan apakah ada potensi yang sama pada manusia. 

  1. Penggunaan Lainnya

Khasiat daun bidara juga digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah kesehatan berikut:

  • Asma.
  • Diare.
  • Kelelahan.
  • Demam.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Peradangan.

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

Namun, perlu dicatat bahwa belum ada cukup bukti ilmiah yang mengkonfirmasi kemanjurannya untuk masalah kesehatan di atas. Dalam pengobatan alternatif, khasiat daun bidara dikatakan bisa meningkatkan kekuatan, merangsang nafsu makan, dan meningkatkan kesehatan hati. 

Ketika dioleskan langsung ke kulit, daun bidara juga dianggap dapat mempercepat penyembuhan luka, merawat kulit kering, meredakan kulit terbakar, dan mengurangi kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya. Selain itu, daun bidara terkadang juga digunakan dalam pengobatan insomnia, gejala menopause, dan masalah kesehatan lainnya. 

Adakah Kemungkinan Efek Sampingnya?

Karena kurangnya penelitian tentang khasiat daun bidara, informasi keamanan dalam penggunaannya juga masih sedikit. Keamanan suplemen daun bidara pada wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan orang yang memiliki kondisi medis tertentu, secara umum belum diketahui pasti. 

Ada kekhawatiran bahwa daun bidara dapat berinteraksi dengan obat-obatan termasuk obat diabetes, obat penenang, acetophenetidin (obat pereda nyeri dan penurun demam), dan obat-obatan yang diubah oleh hati. 

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Cegah Corona

Produk ekstrak daun bidara dalam bentuk cair dan kapsul mungkin banyak di jual. Kamu mungkin juga bisa membelinya secara online. Namun, pastikan untuk membaca label dengan cermat, karena beberapa produk mengandung bahan tambahan. 

Sebaiknya tanyakan langsung khasiat daun bidara pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum memulai pengobatan herbal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2021. What Is Ziziphus?

WebMD. Diakses pada 2021. Zizyphus

Hindawi. Diakses pada 2021. Potential Benefits of Jujube (Zizyphus Lotus L.) Bioactive Compounds for Nutrition and Health