• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Alergi Bisa Sebabkan Sinusitis?

Apakah Alergi Bisa Sebabkan Sinusitis?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan kondisi pilek yang disertai dengan munculnya ingus berwarna kehijauan dan nyeri pada area wajah. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari sinusitis. Sinusitis menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang area dinding sinus sehingga menyebabkan inflamasi atau peradangan.

Baca juga: Alami Alergi Obat, Inilah yang Terjadi pada Tubuh

Ada banyak faktor yang menyebabkan sinusitis, salah satunya alergi. Sinusitis dan alergi memang menjadi kondisi yang saling berkaitan satu sama lain. Ketahui alasan alergi dapat menyebabkan sinusitis dan juga penanganan mandiri yang tepat untuk dilakukan.

Alergi Dapat Sebabkan Sinusitis

Alergi adalah salah satu reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap suatu objek yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Ketika seseorang terpapar alergen, ada beberapa reaksi yang akan dialami tubuh, seperti gatal, sesak napas, hingga pilek.

Ketika alergi tidak ditangani dengan baik, tentunya kondisi ini memengaruhi rongga sinus. Kondisi ini akan meningkatkan risiko peradangan pada rongga sinus. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, ketika rongga sinus mengalami peradangan dan penuh dengan cairan, maka bakteri lebih mudah berkembang dalam rongga sinus. Hal ini yang menyebabkan pengidap alergi alami sakit kepala dan munculnya ingus yang berwarna hijau kekuningan.

Tidak hanya muncul ingus yang berwarna hijau kekuningan, ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang ketika mengalami sinusitis yang disebabkan oleh alergi. Dilansir dari Australasian Society of Clinical Immunology and Allergy, pengidap sinusitis yang disebabkan oleh alergi mengalami penurunan fungsi penciuman, memiliki bau napas yang tidak sedap, mengalami kelelahan, sakit kepala, kondisi tidak nyaman pada gigi, dan gangguan tidur.

Tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar kamu terhindar dari alergi. Pencegahannya disesuaikan dengan alergi yang kamu alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari alergi, yaitu:

  1. Menggunakan masker saat akan beraktivitas di luar ruangan;

  2. Rutin membersihkan rumah;

  3. Membiarkan udara masuk dalam rumah agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik;

  4. Jaga kebersihan hewan peliharaan maupun kandang hewan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Alergi, Waspadai Gejala-Gejalanya

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi alergi. Namun, jika kamu mengalami gejala sinusitis yang disebabkan alergi tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar sinusitis yang dialami dapat segera kamu atasi dengan baik.

Penanganan Mandiri pada Sinusitis

Umumnya, menghindari penyebab alergi menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasi sinusitis yang disebabkan oleh alergi. Jika sinusitis sudah terjadi, kamu bisa lakukan beberapa cara ini sebagai penanganan mandiri di rumah.

  • Menghirup Uap Panas

Kamu bisa gunakan uap yang berasal dari air panas. Gunakan handuk untuk menutupi kepala agar penguapan dapat dilakukan dengan optimal. Cara ini membantu kamu mencairkan lendir pada hidung agar mudah dikeluarkan dan tidak memenuhi rongga sinus.

  • Gunakan Nasal Spray

Kamu dapat menggunakan nasal spray untuk mengatasi sinusitis yang disebabkan oleh alergi. 

Baca juga: Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Itulah cara mandiri yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi sinusitis yang disebabkan alergi. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil mengatasi masalah, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Referensi:
Australasian Society of Clinical Immunology and Allergy. Diakses pada 2020. Sinusitis and Allergy
World Health Organization. Diakses pada 2020. Allergic Rhinitis and Sinusitis
Healthline. Diakses pada 2020. Do You Have Allergies or a Sinus Infection?
Cedars Sinai. Diakses pada 2020. Allergic Sinusitis