Benarkah Daun Mint Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2021
Benarkah Daun Mint Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?Benarkah Daun Mint Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

“Daun mint adalah salah satu penyedap rasa yang banyak dikonsumsi karena rasa dan manfaatnya. Salah satunya adalah mampu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat daun mint untuk menurunkan berat badan yang maksimal, kamu dapat mengonsumsinya dengan memasukkannya pada menu diet harian.”

Halodoc, Jakarta – Daun mint adalah salah satu pelengkap untuk menyedapkan makanan atau minuman yang memang dipilih karena rasanya khas. Tanaman ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat daun mint, yaitu disebut mampu menurunkan berat badan. Namun, benarkah faktanya demikian? Bagaimana caranya daun mint bisa turunkan berat badan? 

Baca juga: Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan, Benarkah?

Cara Konsumsi Daun Mint untuk Menurunkan Berat Badan

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan tidak ada yang mudah. Salah satu caranya dengan menetapkan pola diet yang tepat sasaran.

Disebutkan daun mint yang dimasukkan pada pola diet dapat efektif untuk menurunkan berat badan dan dipercaya benar-benar aman karena berasal dari bahan alami.

Memang, faktanya adalah belum ada bukti ilmiah jika daun mint dapat menurunkan berat badan, tetapi daun ini dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang mendukung hal tersebut.

Contohnya, minyak yang terkandung pada daun ini dapat meringankan gejala dari sindrom iritasi usus besar dan mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Selain itu, semua produk mint dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar, memisahkan lemak dari makanan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Daun mint yang diolah menjadi teh juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan, yaitu mengurangi nafsu makan. Saat kamu merasa ingin ngemil, ada baiknya minum teh ini untuk menguranginya.

Ada beberapa olahan daun mint yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari, seperti:

1. Air Lemon dengan Daun Mint

Salah satu olahan dari daun mint yang nikmat untuk dikonsumsi jika dicampurkan dengan air lemon. Selain rasanya yang nikmat, minuman ini efektif untuk meningkatkan metabolisme, mencukupi kebutuhan vitamin tubuh, meningkatkan produksi empedu, memecah lemak dari makanan lebih efektif, hingga mengurangi kelebihan cairan pada tubuh. Tentu hal ini baik untuk menurunkan berat badan.

Untuk membuat air lemon dengan daun mint ini, kamu perlu menambahkan daun thyme. Ambil daun thyme dan daun mint segar atau kering masing-masing sebanyak 1 sendok makan.

Lalu, tambahkan dengan 1 cangkir air mendidih. Diamkan selama 5 menit dan tambahkan sedikit perasan lemon atau irisan lemon. Minum saat teh ini masih hangat agar terasa nikmat.

Baca juga: Daun Pandan Bantu Mengatasi Penyakit Asam Urat, Benarkah?

2. Daun Hijau dengan Mint

Kamu juga dapat mengonsumsi daun hijau yang dicampur dengan daun mint sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Teh ini dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa lapar, hingga menurunkan keinginan untuk makan yang manis-manis. Sangat cocok untuk kamu yang terbiasa ngemil manisan agar bobot tubuh tidak terus bertambah.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat lainnya dari daun mint pada kesehatan tubuh. Untuk berinteraksi dengan ahli medis, kamu bisa download aplikasi Halodoc pada smartphone yang kamu miliki. Unduh aplikasinya untuk menikmati semua kemudahan ini!

3. Susu dengan Daun Mint

Pencampuran susu dengan daun mint juga sangat baik untuk tubuh. Susu kaya akan protein yang baik untuk membangun tubuh. Sedangkan daun mint dapat menimbulkan efek relaksasi yang mampu mengurangi nafsu makan. Meski nafsu makan menurun, kepadatan tulang dan kebutuhan protein yang diperlukan tetap terjaga.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Itulah pembahasan mengenai daun mint yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jadi, kamu bisa memasukkan daun mint dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi setiap hari agar mendapatkan berat badan yang ideal. Tentu saja, masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun mint secara rutin.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Legit. Diakses pada 2021. How to use mint leaves for weight loss.
SF Gate. Diakses pada 2021. Health Benefits of Green Tea & Mint for Losing Weight.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan