• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minum Air Rebusan Daun Sirih Bisa Redakan Biduran?

Benarkah Minum Air Rebusan Daun Sirih Bisa Redakan Biduran?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Biduran ditandai dengan beberapa gejala, salah satunya muncul bentol yang disertai sensasi gatal. Umumnya, penyakit ini bersifat ringan dan akan sembuh setelah melakukan pengobatan mandiri di rumah. Namun, benarkah minum air rebusan daun sirih bisa menjadi cara pengobatan untuk biduran? 

Secara umum, daun sirih memang diketahui memiliki khasiat untuk meredakan rasa gatal. Seperti diketahui, gatal menjadi salah satu gejala dari biduran. Namun perlu diingat, penggunaan daun sirih untuk mengatasi penyakit masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kamu bisa saja menggunakan bahan alami untuk meredakan gatal pada biduran, tapi ada baiknya untuk tetap waspada. 

Baca juga: Biduran Bisa Menular? Cari Tahu Dulu Faktanya

Pengobatan untuk Mengatasi Biduran di Rumah 

Banyak bahan alami yang sering digunakan sebagai pengobatan alternatif, salah satunya daun sirih. Tumbuhan yang satu ini disebut memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah meredakan gatal. Penggunaan rebusan daun sirih mungkin bisa dijadikan pilihan untuk membantu meredakan rasa gatal pada biduran. Namun, sebaiknya tidak sembarangan dalam menggunakannya, apalagi meminumnya. 

Untuk meredakan gatal karena biduran, kamu bisa menumbuk atau menghaluskan beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Kemudian, letakkan daun sirih yang sudah dihaluskan pada area kulit yang terasa gatal. Jika pertolongan pertama ini tidak membantu atau malah memperparah biduran, hentikan penggunaannya dan segera cari bantuan medis untuk mengatasi biduran. 

Baca juga: Biduran, Alergi atau Penyakit?

Urtikaria alias biduran merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bilur alias bentol yang muncul di permukaan kulit. Ukuran bentol yang muncul bisa berbeda-beda dan berwarna merah atau putih yang disertai gatal bahkan nyeri. Bentol akibat biduran bisa muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kondisi ini jarang berbahaya, tapi pengobatan tetap perlu dilakukan.

Meski tidak berbahaya, rasa gatal, perih, hingga nyeri akibat biduran bisa sangat mengganggu dan menyiksa. Meski sangat mengganggu, sebaiknya hindari menggaruk permukaan kulit yang terasa gatal. Ada beberapa tips perawatan di rumah yang bisa diterapkan untuk membantu meredakan rasa gatal akibat biduran. 

Jika mengalami gejala gatal di kulit, disarankan untuk segera mandi dan membersihkan tubuh. Hal ini disebut bisa memberi rasa nyaman dan meredakan gatal. Selain mandi dengan air bersih, meredakan gatal biduran juga bisa dilakukan dengan mengompres kulit. Lakukan pengobatan ini dengan menggunakan kain yang sebelumnya sudah direndam dalam air dingin. Peras kain kemudian tempelkan pada kulit yang terasa gatal. 

Baca juga: Ini Alasan Gatal Biduran Enggak Boleh Digaruk

Mengatasi rasa tidak nyaman pada kulit yang biduran juga bisa dilakukan dengan membalurkan losion yang mengandung calamine. Produk ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan perih akibat biduran. Oleskan losion pada area kulit yang mengalami bentol. 

Jika biduran pada kulit tak kunjung menghilang atau bahkan semakin parah, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Kamu juga bisa mencoba berbicara dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Tanyakan seputar biduran pada kulit dan cara mengatasinya pada dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Hives.
WebMD. Diakses pada 2020. What Are Hives and Angioedema?
The Ayurveda Experience. Diakses pada 2020. Hives Causes, Symptoms + Ayurvedic Remedies For Hives, Allergies.
Journal of Fundamental and Applied Pharmaceutical Science. Diakses pada 2020. The Formulation of Lotion Preparations of Betel Leaf Extract (Piper betle).