• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Sakit Dada Sebelah Kanan Bisa Jadi Tanda Hepatitis?

Benarkah Sakit Dada Sebelah Kanan Bisa Jadi Tanda Hepatitis?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Meski bukan menjadi tanda serangan jantung, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diwaspadai. Sebab, ada banyak indikasi masalah kesehatan serius dan mengancam nyawa, yang ditandai dengan gejala ini. Salah satu masalah kesehatan yang bisa jadi penyebab munculnya sakit dada sebelah kanan adalah hepatitis atau peradangan hati.

Hal ini karena letak organ hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada bagian kanan. Meski banyak gejala lain yang ditimbulkan hepatitis, pada kasus peradangan hati yang parah, bisa juga menyebabkan munculnya rasa sakit pada dada sebelah kanan. Jika kamu mengalami sakit dada sebelah kanan, disertai gejala hepatitis lain, seperti menguningnya kulit dan bola mata, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca juga: 7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Kondisi Kesehatan Lain Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan

Selain indikasi hepatitis, sakit dada sebelah kanan juga bisa menjadi tanda beberapa kondisi kesehatan berikut:

1. Gangguan Pernapasan

Masalah pada paru bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan. Misalnya, pneumonia atau infeksi jaringan paru, dan pleuritis atau radang selaput paru. Ada juga pneumothorax, yaitu kondisi paru yang kempis oleh karena cedera, sehingga tekanan udara di dalam paru-paru dan pernapasan terganggu. Selain itu, emboli paru atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat dada sebelah kanan terasa nyeri.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan gejala sakit dada sebelah kanan. Misalnya, penyakit asam lambung, yang bisa menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan. Radang pankreas juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kanan bawah, terutama saat berbaring. Selain itu, penyakit tukak lambung juga berpotensi membuat sakit dada sebelah kanan.

Baca juga: Ketahui 6 Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

3. Stres

Gangguan kecemasan atau stres yang berlebihan juga dapat membuat serangan panik, yang biasanya memiliki gejala yang mirip dengan serangan jantung. Hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau dipicu dengan kejadian traumatis dalam hidup. 

4. Pleuritis

Pleuritis adalah kondisi yang disebabkan oleh pembengkakan pleura di dekat paru-paru. Hal ini kerap disebabkan oleh infeksi virus. Rasa sakitnya biasanya akan kian terasa saat batuk dan menarik napas panjang.

5. Olahraga atau Aktivitas Fisik Berlebihan

Kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan, seperti olahraga, bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Rasa sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada kanan digerakkan.

6. Cedera

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di area dada, juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah dapat menyebabkan dada sebelah kanan sakit, terutama saat bernapas dan batuk. Selain itu, otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa mengalami cedera, karena batuk yang terlalu keras atau karena pergerakan, sehingga menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

Baca juga: Masuk Angin dan Serangan Jantung, Apa Bedanya?

Kapan Harus Memeriksakan Diri?

Karena dada memiliki berbagai organ vital bagi tubuh, jangan anggap remeh jika dada terasa sakit. Beberapa kondisi sakit dada sebelah kanan disertai gejala berikut harus diwaspadai dan segera cari bantuan medis:

  • Susah menelan.
  • Demam, menggigil. 
  • Batuk sambil mengeluarkan dahak kuning kehijauan.
  • Batuk darah.
  • Rasa sakit dada sebelah kanan yang parah, dan tidak kunjung membaik.

Jika mengalaminya, segera download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit. Sementara itu, kondisi yang perlu segera meminta pertolongan gawat darurat adalah jika sakit dada sebelah kanan disertai kondisi berikut:

  • Serangan mendadak berupa sesak dan tekanan yang berat pada tulang dada.
  • Setelah lama tidak berolahraga, mendadak dada terasa sakit disertai susah bernapas.
  • Nyeri dada menjalar ke tangan kiri, punggung, dan rahang.
  • Denyut jantung atau tekanan darah terlampau rendah.
  • Detak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih.

Penanganan yang cepat dan pencegahan sejak dini akan sangat membantu keberhasilan pengobatan dan pencegahan terhadap penyebab timbulnya sakit dada sebelah kanan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?
WebMD. Diakses pada 2020. What's Causing My Chest Pain?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Chest pain.