08 December 2018

Ketahui 6 Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

Ketahui 6 Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Serangan jantung pada wanita ternyata tidak selalu memberi gejala yang sama dengan yang dirasakan laki-laki. Saat serangan jantung terjadi, nyatanya tidak hanya gejala klasik seperti nyeri dada yang mungkin dialami wanita. Malahan gejala, seperti nyeri dada yang kemudian turun ke satu lengan cenderung jarang dirasakan atau hanya terjadi secara samar-samar dan mungkin terabaikan.

Ada enam gejala serangan jantung yang sering terjadi pada wanita. Agar lebih waspada, sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala yang mungkin muncul sebagai tanda awal serangan jantung pada wanita. Apa saja?

1. Nyeri pada Dada

Salah satu gejala yang sangat khas dari serangan jantung adalah nyeri di dada. Namun, rasa sakit yang dialami oleh wanita biasanya akan berbeda dengan yang dialami laki-laki. Pada wanita, gejala serangan jantung mungkin akan menyebabkan nyeri, seperti ada sesuatu yang penuh dan sesak, hingga menyebabkan rasa seperti diremas. Nyeri ini bisa muncul di bagian mana saja, artinya tidak selalu muncul di sisi kiri dada.

2. Nyeri yang Mengganggu di Bagian Atas Tubuh

Rasa nyeri yang sangat mengganggu di bagian atas tubuh juga bisa menjadi gejala serangan jantung pada wanita. Biasanya, rasa sakit terasa pada bagian lengan, punggung, leher, bahkan rahang. Sayangnya tanda ini sering diabaikan, karena banyak orang yang selalu mengira bahwa tanda serangan jantung hanya seputar rasa nyeri di dada.

Sakit pada bagian tubuh ini bisa terjadi secara bertahap atau menyerang tiba-tiba. Gejala yang muncul pun bisa saja perlahan menghilang, tetapi di satu titik menjadi sangat intens terasa. Bahkan, bisa terjadi di malam hari dan membuat pengidapnya terbangun dari tidur.

3. Sesak Napas

Serangan jantung pada wanita pun bisa menyebabkan munculnya gejala kesulitan bernapas alias sesak napas tiba-tiba. Selain kesulitan bernapas, gejala serangan jantung yang satu ini juga biasanya dibarengi dengan tanda lain, seperti perasaan mual hingga muntah.

4. Keringat Dingin

Gejala serangan jantung yang cukup khas pada wanita adalah mengalami keringat dingin. Sayangnya, gejala ini sering diabaikan karena mirip dengan berkeringat yang terjadi saat sedang stres atau setelah berolahraga secara berlebihan. Maka dari itu, segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala yang tidak biasa, apalagi jika disertai dengan nyeri di bagian dada.

5. Mudah Merasa Lelah

Tanda seorang wanita berisiko mengalami serangan jantung adalah mudah merasa lelah, bahkan saat tidak melakukan aktivitas yang terlalu banyak. Meski sudah cukup beristirahat dan duduk dalam waktu yang lama, tetapi wanita dengan risiko serangan jantung biasanya masih akan selalu merasa kelelahan.

Terkadang, rasa lelah tersebut paling terasa di bagian dada yang menyebabkan pengidapnya tidak bisa melakukan aktivitas yang sangat sederhana, seperti berjalan kaki. Waspadai rasa lelah yang disertai dengan tanda lain, seperti tekanan pada dada dan keringat dingin serta sesak napas.

6. Sakit Perut

Dalam beberapa kasus, sakit perut juga bisa menjadi tanda serangan jantung, terutama bagi wanita. Biasanya, sakit perut yang terjadi adalah rasa seperti tertekan di perut bagian bawah dan terasa, seperti ada sesuatu yang besar duduk di atas perut.

Cari tahu lebih lanjut seputar gejala serangan jantung pada wanita dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips hidup sehat dan informasi seputar kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: