Bukan Hanya Rokok, Ini 4 Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Agustus 2021
Bukan Hanya Rokok, Ini 4 Penyebab Sakit Jantung di Usia MudaBukan Hanya Rokok, Ini 4 Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda

“Sakit jantung bisa dialami oleh siapa saja, termasuk kelompok usia muda. Umumnya, kebiasaan merokok menjadi penyebab terbesar sakit jantung di usia muda. Namun, bukan hanya rokok, ada beberapa penyebab lainnya seseorang mengalami penyakit jantung di usia muda, seperti depresi, pola makan, gaya hidup, hingga kurang berolahraga.”

Halodoc, Jakarta – Saat ini, penyakit jantung lebih banyak diketahui menyerang kelompok usia lanjut hingga dewasa. Padahal, sakit jantung juga bisa dialami oleh kelompok usia muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American College of Cardiology, mengatakan bahwa kelompok usia sangat muda ( kurang dari 40 tahun) rentan mengalami sakit jantung. Lalu, apa yang menjadi penyebab sakit jantung di usia muda? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Baca juga: Anak Muda Bisa Alami Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

Mulai dari Depresi Hingga Pola Makan

Sakit jantung adalah kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada jantung. Jenis gangguannya pun bermacam-macam. Mulai dari gangguan pembuluh darah hingga irama jantung. Bukan hanya orang tua atau dewasa saja, sakit jantung juga bisa dialami oleh kelompok usia muda

Penelitian yang dilakukan American College of Cardiology membandingkan sakit jantung berupa serangan jantung yang dialami oleh kelompok usia muda (41-50 tahun) dan usia sangat muda (kurang dari 40 tahun) secara keseluruhan. Hasilnya, 1 dari 5 pengidap sakit jantung merupakan usia sangat muda.

Selama periode penelitian dari tahun 2000 – 2016, ditemukan sakit jantung pada kelompok usia sangat muda meningkat 2 persen selama 10 tahun terakhir.

Lalu, apa yang menjadi penyebab sakit jantung di usia muda? Rokok menjadi salah satu penyebab sakit jantung di usia muda. Kandungan rokok yang berbahaya bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung.

Baca juga: Waspada, Ini Jenis-Jenis Penyakit Jantung di Usia Muda

Namun bukan hanya rokok, berikut ini pemicu lain sakit jantung di usia muda, yaitu:

  1. Depresi

Depresi bukan hanya memengaruhi kondisi mental seseorang. Depresi yang diabaikan dan tidak diatasi dengan baik dapat memicu berbagai gangguan kesehatan tubuh, termasuk bagian jantung. Ketika kamu mengalami depresi, tubuh melepaskan hormon stres yang dapat menyebabkan penyempitan arteri pembuluh darah.

  1. Pola Makan

Pola makan yang kurang tepat juga bisa memicu sakit jantung di usia muda. Batasi pengonsumsian makanan cepat saji atau junk food untuk menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa untuk memperbanyak mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan, ayam tanpa lemak, sayur, hingga buah.

Perhatikan juga porsi makan yang kamu konsumsi setiap harinya. Sebaiknya konsumsi makanan dengan porsi yang sesuai dan tepat untuk menghindari kelebihan berat badan. Obesitas juga menjadi salah satu penyebab sakit jantung di usia muda.

  1. Kurang Melakukan Aktivitas

Olahraga menjadi salah satu cara mencegah gangguan pada jantung. Nah, jarang berolahraga atau aktivitas fisik bisa menjadi penyebab sakit jantung di usia muda. 

Tidak ada salahnya menyisihkan waktu setiap hari untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Bukan hanya mencegah sakit jantung di usia muda, kamu juga bisa merasakan manfaat lain dari olahraga, seperti menurunkan tingkat stres dan mencegah gangguan kesehatan tubuh lainnya.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang baik juga bisa memicu sakit jantung di usia muda. Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan, hingga makanan yang berlemak. Kebiasaan tersebut memicu berbagai penyakit yang dapat menyebabkan sakit jantung, seperti diabetes, kolesterol, hingga darah tinggi.

Baca juga: Masih Muda, Perlukah Melakukan Prosedur Cath Lab?

Jangan abaikan jika kamu mengalami nyeri dada dan napas yang menjadi lebih pendek dalam waktu beberapa hari. Segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab keluhan kesehatan yang kamu rasakan. 

Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
American College of Cardiology. Diakses pada 2021. Heart Attacks Increasingly Common in Young Adults.
American Heart Association. Diakses pada 2021. 5 Reasons You Could Develop Heart Disease Before 50.
CDC. Diakses pada 2021. Heart Disease: It Can Happen at Any Age.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Heart Disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan