• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti jenis makanan yang dikonsumsi, gangguan kesehatan pada tubuh, atau kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi. Bau mulut, dalam bahasa medis dikenal sebagai halitosis. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Bau Mulut, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Tentunya, bau mulut membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Kondisi ini perlu segera diatasi agar tidak memiliki napas yang kurang sedap. Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Ini ulasannya.

Penyebab Terjadinya Bau Mulut

Sebelum mengatasi bau mulut, ketahui terlebih dahulu apa penyebab bau mulut. Tentunya hal ini akan lebih mudah membuat bau mulut yang dialami dapat teratasi. Melansir dari Medical News Today, faktor pemicu seseorang mengalami bau mulut adalah jenis makanan yang memiliki aroma tajam. Hal ini disebabkan aroma tajam yang berasal dari makanan masuk melalui aliran darah menuju ginjal hingga menyebabkan bau napas yang tidak sedap.

Selain itu, adanya bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut juga dapat menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap. Kuman atau bakteri yang menumpuk menyebabkan munculnya plak atau karang gigi. Umumnya, pertumbuhan bakteri dalam mulut dipicu oleh beberapa kondisi, seperti kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi, makanan yang tersisa pada gigi, dan kurang menjaga kebersihan kawat gigi atau gigi palsu.

Jangan ragu untuk hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol jika kamu alami bau mulut. Kandungan rokok dan alkohol yang tersisa dalam mulut dan gigi membuat napas menjadi tidak sedap. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit pneumonia, sinusitis, GERD, bronkitis, diabetes, gangguan hati, gangguan ginjal, sariawan hingga radang amandel. 

Baca juga: Karang Gigi Bisa Menjadi Penyebab Bau Mulut?

Hilangkan Bau Mulut dengan Cara Alami

Terlepas dari apa pun penyebabnya, lakukan beberapa cara sederhana menurunkan kondisi bau mulut yang dialami, yaitu:

1. Banyak Konsumsi Air Putih

Bau mulut dapat disebabkan oleh mulut yang kering. Cara yang dilakukan untuk membuat mulut lembap adalah mengonsumsi banyak air putih. Terpenuhinya asupan cairan tentu meningkatkan produksi air liur yang membuat bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang biak di dalam mulut.

2. Jaga Kebersihan Mulut

Selain mengonsumsi air putih, lakukan sikat gigi secara rutin untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Selain menyikat gigi, kamu perlu bersihkan lidah dengan sikat khusus atau bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jangan lupa untuk rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. 

3. Hindari Makanan yang Menjadi Pemicu Bau Mulut

Meskipun rasanya nikmat, ada beberapa makanan yang menjadi pemicu seseorang alami bau mulut atau halitosis. Jika kamu merasa terganggu dengan bau mulut yang dialami, hindari makanan yang menjadi pemicu bau mulut untuk sementara waktu. 

4. Berkumur dengan Garam atau Air Jahe

Kamu bisa mengatasi bau mulut yang kamu alami dengan larutan air garam atau campuran air dan jahe. Garam dan jahe memiliki kandungan antibakteri di dalamnya, sehingga sangat ampuh untuk mengusir bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika kamu memiliki bau mulut yang disebabkan oleh merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Selain menyebabkan bau mulut, merokok dapat menjadi salah satu pemicu berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Benarkah Infused Water Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Itulah cara sederhana dan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu memiliki masalah pada area mulut. Segera kunjungi dokter gigi terdekat ketika kamu mengalami masalah pada gigi maupun mulut agar mendapatkan penanganan terbaik.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Bad Breath
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bad Breath
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Bad Breath