Catat, Ini 10 Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 September 2022

“Pistachio merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi pistachio secara rutin dan dalam jumlah cukup terbukti mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan pencernaan.”

Catat, Ini 10 Manfaat Kacang Pistachio untuk KesehatanCatat, Ini 10 Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Pistachio (Pistacia vera) merupakan tanaman yang tergolong dalam keluarga mete yang berasal dari Asia Tengah dan Timur Tengah. Bagian yang sering dikonsumsi masyarakat adalah bijinya. 

Pistachio memiliki banyak manfaat berkat kandungan antioksidan, serat, dan sumber protein. Cara mengkonsumsinya pun juga beragam. Kamu dapat memakannya sebagai camilan, topping es krim, dan campuran salad.

Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

1. Kaya nutrisi

Pistachio memiliki banyak kandungan nutrisi. Dalam 1 ons kacang pistachio dapat ditemukan 159 kalori, 5,7 gram protein, 12,8 gram lemak, 7,7 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2,2 gram gula, 34,3 milligram magnesium, dan 289 milligram potassium.

Salah satu kandungan yang ada di pistachio adalah vitamin B6. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang pertumbuhan kognitif.

2. Rendah kalori

Teruntuk kamu yang sedang diet, konsumsi kacang pistachio bisa kamu masukkan dalam menu. Kacang pistachio memiliki kalori yang rendah dibandingkan kacang-kacangan atau biji-bijian lain sehingga kamu dapat mengkonsumsinya tanpa harus khawatir tentang jumlah kalori yang masuk.

3. Sumber antioksidan

Kacang pistachio memiliki kandungan antioksidan yang dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas, mengurangi risiko terkena kanker, serta meredakan peradangan.

4. Baik untuk mata

Pistachio kaya akan kandungan antioksidan, lutein, dan zeaxanthin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini juga dapat mengurangi katarak dan menghambat penurunan fungsi mata akibat umur.

Konsumsi kacang pistachio dan menjalankan pola hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit.

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Kacang biasanya memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan dengan menyalurkan makanan lewat usus dan menghindari konstipasi. Salah satu serat yang terkandung adalah probiotik yang berperan sebagai bakteri baik.

Bakteri baik dapat berperan untuk pencernaan serta menjaga kesehatan usus.

6. Sumber protein

Teruntuk kamu yang menjalankan pola hidup vegetarian, pistachio dapat menjadi salah satu alternatif untuk sumber protein. Kacang pistachio mengandung 6 gram protein dan asam amino yang dapat berperan sebagai sumber tenaga dan pembentukan otot.

Kacang ini juga dapat dijadikan sebagai menu diet sehingga cocok untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Pistachio memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kalori yang rendah.

7. Baik untuk jantung

Kandungan antioksidan dalam kacang ini mampu membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang merupakan faktor utama penyakit jantung.

Mengonsumsi kacang secara rutin pada umumnya juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang tidak memiliki diabetes.

8. Menjaga kadar gula darah

Pistachio memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Kacang ini kaya akan antioksidan, karotenoid, dan senyawa fenolik.

9. Mengurangi risiko kanker

Oleh karena kandungan seratnya yang tinggi, kacang ini baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

10. Lezat

Pistachio dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Beberapa orang memakannya langsung sebagai camilan, campuran salad, campuran dalam kue, hingga es krim. Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, tetap perlu diperhatikan ya agar tidak makan terlalu banyak.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Health Benefits of Pistachios.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Health benefits, nutritional value, and effects of pistachios.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan