Catat, Ini 5 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2022

“Kacang almond adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Ada banyak manfaat kacang almond yang bisa didapat, termasuk untuk menurunkan berat badan dan mencegah penyakit.”

Catat, Ini 5 Manfaat Kacang Almond bagi KesehatanCatat, Ini 5 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kacang almond dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa unik nan lezat. Namun di samping itu, jenis kacang yang satu ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Katanya, rutin mengonsumsi kacang ini bisa membantu menurunkan berat badan serta menurunkan risiko penyakit jantung. 

Jenis kacang yang satu ini dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi serta kandungan karbohidrat yang rendah. Kacang almond bisa dinikmati dengan cara dipanggang, dicampur dengan makanan manis atau diolah menjadi susu almond. Penasaran apa saja manfaat kacang almond untuk kesehatan lainnya? Cari tahu di artikel berikut! 

Beragam Manfaat Kacang Almond 

Manfaat sehat kacang almond didapat dari beragam nutrisi yang ada di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat, magnesium, fosfor, kalium, serta vitamin E. Kacang ini juga kaya akan kandungan lemak sehat dan antioksidan. Secara umum, berikut beberapa manfaat kacang almond yang bisa didapat: 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit 

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan, sehingga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit, terutama kanker. Ada penelitian yang menyebut bahwa mengonsumsi kacang ini bisa membantu mengurangi kadar radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu kanker. 

  1. Kolesterol lebih Terkontrol 

Orang yang rutin mengonsumsi kacang almond juga cenderung memiliki kolesterol yang lebih terkontrol. Hal ini berkat kandungan vitamin E yang ada di dalamnya. Vitamin E bisa melindungi sel darah dari kerusakan sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol. Selain itu, mengonsumsi jenis kacang ini juga disebut bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah. Sebab, kacang almond memiliki indeks glikemik yang rendah. 

  1. Mencegah Hipertensi 

Kacang almond kaya akan kandungan magnesium yang diketahui bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Itulah mengapa jenis makanan ini bisa membantu mencegah dan menurunkan risiko hipertensi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsi kacang almond tanpa menambahkannya dengan garam atau bahan lain. 

  1. Tubuh lebih Sehat 

Manfaat kacang almond juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jenis kacang ini bisa membantu meningkatkan lemak baik dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan  

Bagi yang sedang diet, kacang almond bisa dijadikan sebagai camilan pilihan. Kandungan serat yang tinggi bisa memberi efek kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa lebih ditekan. 

Untuk menjaga kesehatan tubuh, lengkapi juga dengan konsumsi multivitamin tambahan. Cek kebutuhan suplemen harian di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat atau produk kesehatan lainnya hanya dalam satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Verywell. Diakses pada 2022. Almond Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits of Almonds.
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Antioxidant, Vitamin E, Beta Carotene, & Cardiovascular Disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan