Catat, Ini 5 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 September 2023

“Memilih sabun cuci muka yang tepat dapat membantu mencegah dan menghilang bekas jerawat. Pastikan sabun tersebut tidak menyebabkan kulit wajah kering dan memicu produksi minyak berlebih.”

Catat, Ini 5 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Menghilangkan Bekas JerawatCatat, Ini 5 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta – Perubahan hormonal, konsumsi obat-obatan, diet tertentu, dan genetik dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka dapat menyebabkan bekas jerawat. 

Walaupun tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, penggunaan sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat bisa mengurangi kekusaman pada kulit wajah.

Apa saja sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat?

Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika jerawat menyebabkan perubahan warna kulit, gatal, dan pertumbuhan nanah, itu tandanya kamu harus segera ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Namun, bila kamu mau mencoba pengobatan sendiri dulu, kamu bisa mencoba rekomendasi sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat ini:

1. Emina Bright Stuff Face Wash 100 ml

Salah satu sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat yang direkomendasikan adalah Emina Bright Stuff. Produk ini bekerja mengangkat sel kulit mati.

Ekstra summer plum dan double brightening power-nya juga mampu membersihkan kulit lebih dalam dan mengatasi jerawat. 

Tahukah kamu kalau komedo putih pada wajah juga bisa memicu bekas jerawat. Bagaimana cara mencegahnya? Cek di 7 Cara Simpel Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah.

Rentang harga: Rp16.500 – Rp34.200.

Dapatkan Emina Bright Stuff Face Wash 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Asepso Sulphur 80 g

Sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat yang satu ini cukup efektif dalam menangani jerawat membandel.

Selain itu, Asepso juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan menghambat penyebaran kuman. 

Rentang harga: Rp3.800 – Rp13.200.

Dapatkan Asepso Sulphur 80 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Wardah C-Defense Energizing Creamy Wash 100 ml

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa mencoba produk ini. Tekstur Wardah C-Defense sangat creamy sehingga lembut saat diusapkan ke kulit wajah.

Selain itu, kombinasi antioksidan, hi-grade vitamin c & active moist complex-nya mampu mencerahkan kulit dan meringankan bekas jerawat.

Rentang harga: Rp18.900 – Rp48.000

Dapatkan Wardah C-Defense Energizing Creamy Wash 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc

4. Himalaya Purifying Neem Face Wash 50 ml

Beberapa produk terkadang membuat kulit kering, atau malah jadi berminyak karena dipakai rutin. Himalaya Purifying Neem Face aman dan nyaman untuk kamu gunakan sehari-hari.

Kandungan nimba dan kunyit di dalamnya mampu mengendalikan jerawat, sehingga kulit jadi lembut dan cerah.

Rentang harga: Rp12.200 – Rp30.500.

Dapatkan Himalaya Purifying Neem Face Wash 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Pond’s Anti Bacterial Facial Foam 100 g

Rekomendasi terakhir untuk sabun muka yang dapat menghilangkan bekas jerawat adalah Pond’s Anti Bacterial Facial Foam. Sabun cuci muka ini efektif membasmi jerawat kecil-kecil. 

Selain itu, sabun ini memiliki tekstur ringan, tidak membuat kulit kering, dan wanginya lembut. Kulit yang kusam pun dapat menjadi cerah.

Rentang harga: Rp27.500 – Rp45.500.

Dapatkan Pond’s Anti Bacterial Facial Foam 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Tips Mencegah Jerawat Membekas di Kulit Muka

Sebenarnya kamu tidak dapat sepenuhnya mencegah bekas jerawat di kulit. Namun ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya bekas jerawat: 

1. Segera Mengobati Jerawat saat Baru Tumbuh

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengobati jerawat sesegera mungkin. Khususnya dengan obat topikal yang terjual bebas. Namun, jika jerawat tak kunjung membaik, segeralah temui dokter spesialis kulit. 

Perawatan cepat membantu meminimalkan munculnya jerawat berlebih. Hal ini juga bermanfaat dalam mencegah jerawat berkembang menjadi bentuk yang lebih parah dan rentan akan bekas jerawat. 

2. Membersihkan Wajah secara teratur

Ini adalah langkah penting untuk mencegah jerawat dan bekasnya. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya.

3. Cermat dalam Memilih Skincare

Pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat, karena bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya bekas jerawat. Selain itu, pastikan untuk menggunakan pelembap yang sesuai untuk menjaga kelembapan kulit. 

Jika kamu punya kulit senstif, ada beberapa bahan skincare yang perlu kamu hindari. Simak informasinya dalam artikel: Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari.

4. Gunakan sunscreen

Sinar matahari dapat memperburuk bekas jerawat dan membuatnya semakin mencolok. Karena itu, pastikan untuk menggunakan sunscreen (tabir surya) dengan SPF minimal 30 setiap harinya.

5. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Asupan makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit memperbaiki diri dan meminimalkan risiko bekas jerawat. Selain itu, pastikan cukup minum air putih agar kulit tetap terhidrasi.

Itulah rekomendasi sabun cuci muka yang bisa kamu dan keluarga coba untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa temukan produk pembersih wajah lainnya di Toko Kesehatan Halodoc ✔️ melalui gambar di bawah ini.

pembersih wajah di toko kesehatan halodoc
Referensi:
Emina Cosmetics.com. Diakses pada 2023. Wajah Cerah Mempesona dengan Skincare Emina Bright Stuff.
Sutter Health.org. Diakses pada 2023. When to Visit a Dermatologist.
Healthline. Diakses pada 2023. The 15 Best Products to Get Rid of Acne Scars, According to Dermatologists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan