Catat, Ini Dokter Spesialis yang Bisa Mengobati Gonore

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Maret 2024

"Gonore yang tidak mendapatkan pengobatan tepat bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Segera hubungi dokter di Halodoc jika kamu atau orang terdekat mengalami gejalanya.”

Catat, Ini Dokter Spesialis yang Bisa Mengobati GonoreCatat, Ini Dokter Spesialis yang Bisa Mengobati Gonore

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Gonore atau yang juga dikenal sebagai kencing nanah atau penyakit kencing nanah, adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menginfeksi saluran reproduksi, termasuk uretra, serviks, rektum, dan tenggorokan. Gonore pun bisa menular melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.

Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi pada alat reproduksi, infertilitas, dan penyebaran infeksi ke bagian tubuh lainnya. Untuk itu, jika kamu mengalami gejalanya, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan tepat.

Gejala Gonore yang Berbahaya

Gejala gonore pada pria meliputi keluarnya cairan dari penis, rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, dan peradangan pada testis.

Sedangkan pada wanita, gejalanya mungkin tidak terlihat atau sangat ringan, tetapi bisa termasuk keluarnya cairan vagina, rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Gonore dapat menjadi berbahaya jika tidak diobati atau jika terjadi komplikasi. Maka dari itu, penting juga untuk tahu Obat Kencing Nanah agar Tidak Semakin Parah.

Beberapa gejala gonore yang berpotensi berbahaya atau menandakan adanya komplikasi termasuk:

  • Penyebaran infeksi: Gonore yang tidak diobati dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti sendi, kulit, jantung, otak, dan bahkan aliran darah. Ini dapat menyebabkan kondisi serius seperti arthritis gonokokal, endokarditis (peradangan pada lapisan dalam jantung), dan meningitis (peradangan pada lapisan pelindung otak dan sumsum tulang belakang).
  • Infeksi pada alat reproduksi: Pada wanita, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi pada rahim (endometritis), salpingitis (peradangan pada saluran tuba), dan infertilitas. Pada pria, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan epididimitis (peradangan pada tabung yang membawa sperma dari testis) dan prostatitis (peradangan pada prostat).
  • Komplikasi pada kehamilan: Wanita hamil yang terinfeksi gonore dapat mengalami komplikasi seperti persalinan prematur, kerusakan pada plasenta, dan penularan infeksi kepada bayi saat melahirkan.
  • Resistensi terhadap antibiotik: Gonore telah menunjukkan peningkatan resistensi terhadap antibiotik, yang dapat menyulitkan pengobatan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Jika kamu mengalami gejala gonore atau memiliki risiko terpapar gonore, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Semakin cepat gonore didiagnosis dan diobati, semakin kecil kemungkinan terjadinya komplikasi yang serius.

Rekomendasi Dokter Kulit dan Kelamin untuk Penanganan Gonore

Jika mengalami gejala gonore seperti di atas, kamu bisa menghubungi dokter kulit dan kelamin.

Mereka mampu mendiagnosis kondisi kamu secara akurat serta memberikan tips perawatan terbaik.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1.  dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E apabila mengidap kutu air. 

Ia adalah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2013 dan Universitas Hasanuddin tahun 2022. 

Saat ini, dr. Dyah Ayu berpraktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E bisa memberikan konsultasi melalui Halodoc terkait gonore maupun penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Setelah pemeriksaan, dokter mungkin akan memberikan resep obat. Nah, Ini Daftar Obat Gonore yang Bisa Didapatkan di Apotek.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Pilihan selanjutnya, yaitu dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E jika mengidap kutu air. 

Dokter ini alumni Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tahun 2011 dan Universitas Udayana tahun 2017. 

Saat ini, dr. Made Martina berpraktik di Denpasar, Bali, serta tergabung dalam PERDOSKI. 

Dengan pengalaman 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E siap memberikan konsultasi Halodoc terkait penyakit kulit dan kelamin, termasuk gonore. 

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Rekomendasi lainnya adalah dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2023. 

Saat ini, dr. Dina Febriani berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan terdaftar sebagai anggota PERDOSKI. 

Dengan pengalaman 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan konsultasi di Halodoc, terkait penyakit kulit dan kelamin, tidak terkecuali gonore.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E. Dokter ini alumni Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya tahun 2015 dan Universitas Sebelas Maret tahun 2022. 

Sekarang, dr. Frieda berpraktik di Bogor, Jawa Barat, serta terdaftar sebagai anggota PERDOSKI. 

Berbekal pengalaman 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan konsultasi di Halodoc terkait gonore maupun masalah kulit dan kelamin lainnya. 

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Rekomendasi dokter lain yang bisa kamu hubungi yaitu, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kelamin dan kulit, termasuk gonore atau kencing nanah.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin yang bisa kamu hubungi. Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gonorrhea.
CDC. Diakses pada 2024. Gonorrhea – CDC Fact Sheet.
Medical News Today. Diakses pada 2024. Gonorrhea: Symptoms, treatment, and causes.
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Gonorrhea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan